Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele Bagi Manusia

Manfaat Ikan Lele
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Lele Bagi Tubuh – Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ikan satu ini memiliki cita rasa yang gurih, daging yang empuk dan enak. Sehingga banyak disukai oleh orang-orang. Di Indonesia sendiri sudah banyak warung-warung kecil hingga restoran besar yang menyediakan berbagai macam menu ikan lele. Selain memiliki rasa yang enak, ikan lele ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini saya akan kasih info yang menarik mengenai kandungan dan manfaat ikan lele.

Table of Contents

Kandungan Gizi Ikan Lele

Dibalik rasanya yang lezat ikan lele memiliki segudang kandungan gizi yang sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi tubuh. Ikan lele memiliki kandungan sumber protein yang sangat banyak. Selain itu, ikan lele juga memiliki kansungan gizi seperti vitamin B dan zat besi. Kita bisa memperoleh manfaatnya tersebut dengan cara mengkonsumsinya dengan cara rutin.

Manfaat Ikan Lele

Bermanfaat Sebagai Sumber Protein

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mengandung sumber protein hewani yang tinggi yaitu sekitar 20%. Keistimewaan sumbeer protein ini tidak hanya untuk menambah kadar protein dalam tubuh, tetapi juga dapat dijadikan sebagai pelengkap mutu protein dalam makanan yang kita makan. Selain protein yang tinggi, ikan lele juga mengandung leusin, metionin dan minyak esensial serta asam amino dengan kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging atau pun susu. Dalam sebuah penelitian menyatakan bahwa, ikan air tawar mengandung metionin dan kadar sitin yang cukup tinggi. Perlu anda ketahui bahwa sitin ini berfungsi untuk membantu dalam proses pertumbuhan anak, dan juga dapat dijadikan sebagai kerangka untuk niasin saat proses penyembuhan penyakit herpes.

Bermanfaat Akan Rendah Lemak

Kandungan lemak yang terkandung pada ikan lele terbilang sangat rendah dan bersifat sederhana yaitu netral atau trigliserida. Daging ikan lele yang rendah akan lemak ini terdapat pada bagian perut atau bagian tubuh paling bawah dan pada bagian hati ikan lele tersebut. Pada ikan lele ini juga terdapat kandungan lemak yang bersifat komplek, dengan demikian maka secara tidak langsung kolestrol akan ikut tertekan.

Baca juga: Cara membuat Indukan Lele Unggul, Ini Syaratnya

Bermafaat Akan Kandungan Omega 3

Kandungan omega 3 yang terkandung pada ikan lele ini berfungsi untuk membantu dalam proses perkembangan otak janin, dan ini snagat baik untuk ibu hamil. Selain itu, kandungan omega 3 ini sangat berfungsi untuk perkembangan saraf serta penglihatan bayi.

Bermanfaat Sebagai Sumber Protein Pendek

Mengkonsumsi daging ikan lele sangat mudah untuk di cerna dalam tubuh, sehingga dengan mengkonsumsi ikan lele ini sangat aman bagi sistem pencernaan tubuh. Nah, bagi anda yang ingin makan dengan makanan yang mudah untuk di cerna, maka mengkonsumsi daging ikan lele adalah solusinya.

Bermanfaat Kaya Akan Kandungan Fosfor

Sebanyak 100 gram daging ikan lele mengandung kandungan fosfor mencapi 168 mg, dan lebih tinggi jika di bandingkan dengan 100 mg telur. Kandungan fosfor ini berfungsi untuk memberi energi dan kekuatan pada metabolisme pati dan lemak, membantu dalam penyerapan kalsium, membantu dalam sistesis, serta menjadi penunjang bagi kesehatan gigi dan gusi. Fosfor ini ternyata juga sangat di buutuhkan untu ibu hamil, sehingga janin dalam kandungan berfungsi sebagai pembentukan janin dan tulang.

Bermanfaat Untuk Mempercepat Proses Dalam Penyembuhan Luka

Dengan megkonsumsi ikan lele secara tidak langsung dapat menyebuhkan bekas luka yang terdapat pada tubuh kita atau saat pasca operasi. Anda bisa mengkonsumsi ikan lele ini secara rutin dan teratur saat pasca operasi namun jangan terlalu berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping.

Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Manfaat mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dalam tubuh anda.

Bermanfaat Untuk Kesehatan Otak Dan Jantung

Dalam menjaga kesehatan otak dan jantung ini sangatlah penting bagi kita baik untuk anak maupun orang tua. Untuk menjaga kesehatan otak dan jantung ini maka di sarankan untuk mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur, sehingga cara kerja otak dan jantung akan berjalan dengan baik.

Bermanfaat Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Masalah kesehatan pada tekanan darah yang naik turun ini di sebut hipertensi. Anda bisa mengoptimalkan dan menurunkannnya dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teraur. Karena salah satu manfaat mengkonsumsia ikan lele ini yaitu dapat menurunkan tekanan darah yang tidak stabil, sehingga tekanan darah anda akan terjaga dan stabil dengan baik.

Bermanfaat Untuk Membantu Kesehatan Kardiovaskuler

Salah satu penyakit yang bebahaya yang dapat mengancam kesehatan tubuh yaitu penyakit kardiovaskuler. Maka penting sekali bagi anda untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar terhindar dari masalah kardiovaskuler dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dan teratur.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal untuk Pemula

Demikian itulah kandungan dan manfaat ikan lele yang bisa kamu ketahui. Semoga bisa bermanfaat bagi kamu dan pembaca semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *