Opini  

Begini Perbedaan Hutan dan Kawasan Hutan

pengertian hutan
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Perbedaan hutan dan kawasan hutan – Secara umum, hutan dan kawasan hutan sering dianggap sama oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, menurut ahli kehutanan Indonesia menjelaskan kedua istilah diatas memiliki perbedaan.

Pemisahan antara hutan dan kawasan hutan sangatlah membingungkan. Seharusnya hutan berada di kawasan hutan, sedangkan kawasan hutan tersusun atas beberapa jenis atau macam hutan dan memiliki wilayah yang luas.

Namun, pemisahan kedua istilah tersebut hanya ada di Asia saja. Sedangkan di Eropa dan Amerika bagian utara, tidak membedakan antara hutan dan kawasan hutan.

Menurut penjelasan tentang ilmu kehutanan di Indonesia, hutan dan kawasan hutan memang berbeda seperti yang dijelaskan dalam Undang-Undang No 41 Tahun 1999 tentang kehutanan.

Menjelaskan jika “Hutan merupakan suatu kesatuan ekosistem berbentuk hamparan lahan yang tersusun atas sumber daya alam hayati yang didominasi oleh pohon-pohonan dalam kesatuan alam lingkungannya, antara satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan”.  Kata kunci penjelasan tersebut ialah pepohonan dan kesatuan ekosistem.

Selain itu, menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1967 tentang kehutanan yang lama menyebutkan jika  minimal suatu wilayah agar bisa disebut sebagai hutan adalah 0,25 atau seperempat hektar.

Dengan begitu, pohon yang berjajar di sepanjang jalan tidak dapat disebut sebagai hutan.

Sedangkan 10 hektar bahkan lebih kelapa sawit tidak dapat disebut sebagai hutan, karena kelapa sawit bukanlah pohon atau tumbuhan berkayu.

Dikarenakan, hutan tersusun atas pohon atau tumbuhan berkayu atau memiliki dikotil dengan diameter batang minimal 20 cm.

Penjelasan dan Definisi Hutan

Hutan adalah suatu kawasan yang memiliki berbagai macam tumbuhan hijau antara lain pohon, semak, paku-pakuan, jamur, rumput, dan masih banyak lagi serta terdapat di wilayah yang cukup luas. Hutan berfungsi sebagai paru-paru bumi, habitat makhluk hidup, hingga melestarikan tanah.

Selain itu, hutan merupakan bentuk kehidupan yang tersebar di berbagai belahan bumi. Menurut ahli kehutanan, menjelaskan hutan sebagai  “Suatu komunitas biologi yang didominasi oleh tumbuhan pepohonan keras.

Sedangkan jika dilihat dari Undang-Undang Kehutanan Indonesia menjelaskan jika hutan adalah suatu area perkembangan dan pertumbuhan pohon secara menyeluruh merupakan persekutuan hidup alam hayati dengan alam lingkungan disekitarnya.

Penjelasan dan Definisi Kawasan Hutan

Menurut (Pasal 1 Angka 4 Undang-Undang No 5 Tahun 1967) menjelaskan jika kawasan hutan merupakan wilayah-wilayah tertentu yang ditetapkan oleh Menteri untuk dipertahankan sebagai hutan tetap.

Pasal 4 Undang-Undang No 5 Tahun 1967 menjelaskan jika kawasan hutan ialah wilayah yang sudah berhutan atau tidak berhutan yang telah ditetapkan untuk dijadikan hutan.

Pasal 1 Angka 3 Undang-Undang No 41 Tahun 1999 menjelaskan jika kawasan hutan merupakan suatu area tertentu yang ditetapkan dan ditunjuk oleh pemerintah agar dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap, dan (Pasal 1 Angka 7 Undang-Undang No 17 Tahun 2006) menjelaskan jika kawasan hutan adalah suatu area yang ditunjuk dan ditetapkan oleh pemerintah untuk dilestarikan keberadaanya sebagai hutan tetap.

Perbedaan Hutan dan Kawasan Hutan

Berikut adalah tabel perbedaan antara hutan dan kawasan hutan:

PerbedaanHutanKawasan Hutan
DefinisiKumpulan pohon yang terdapat di suatu area tertentuArea yang diatur oleh negara untuk mempertahankan fungsi ekologisnya
UkuranBervariasi, bisa berupa hutan kecil atau hutan yang sangat luasUmumnya memiliki ukuran yang lebih besar daripada hutan
KepemilikanBisa dimiliki oleh perorangan, perusahaan, atau negaraSelalu dimiliki oleh negara
FungsiBisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti kehutanan, pertanian, atau industriBerfungsi sebagai ekosistem alami untuk menjaga keseimbangan lingkungan
PerlindunganTidak selalu diatur oleh negara dan tidak selalu dilindungi secara hukumDilindungi oleh negara dan memiliki aturan serta sanksi hukum jika ada yang melanggar
KeberlanjutanTidak selalu dijaga secara berkelanjutanDijaga secara berkelanjutan untuk keberlangsungan fungsi ekologisnya
Keanekaragaman hayatiBervariasi, tergantung pada jenis pohon yang ada di dalamnyaBiasanya memiliki keanekaragaman hayati yang lebih tinggi karena menjaga berbagai jenis flora dan fauna
PeranBerperan sebagai sumber daya alam yang penting untuk manusiaBerperan sebagai tempat hidup bagi berbagai jenis makhluk hidup serta menjaga kestabilan lingkungan

Tabel di atas menunjukkan perbedaan mendasar antara hutan dan kawasan hutan. Penting bagi kita untuk memahami perbedaan tersebut agar dapat menjaga dan melestarikan kawasan hutan dan hutan dengan baik.

Baca juga: Perhutanan Sosial Pengertian, Ciri, Tujuan dan Lembaga

Penutup

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa kawasan hutan dan hutan memiliki pengertian yang berbeda namun saling terkait. Kawasan hutan merupakan area yang diatur oleh negara untuk mempertahankan fungsi ekologisnya, sedangkan hutan adalah kumpulan pohon yang terdapat di kawasan hutan atau di luar kawasan hutan.

Peran kawasan hutan dan hutan sangatlah penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan keberlangsungan hidup manusia. Diperlukan upaya yang berkelanjutan untuk mempertahankan dan melestarikan kawasan hutan dan hutan agar dapat terus memberikan manfaat bagi kehidupan di bumi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *