Biasa disebut Jintan Hitam, Inilah Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan pria dan Wanita

Manfaat Habbatussauda Jintan Hitam
Berikan Bintang

Balaibahasajateng, Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan pria dan Wanita – Siapa yang tidak pernah mendengar nama Habbatussauda? Hampir semua orang pernah melihat atau sebatas mendengarnya. Habbatussauda juga dimaknai dengan jintan hitam yang merupakan formula alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Konon, formula ini sudah digunakan untuk pengobatan sejak jaman Nabi. Bahkan, ada riwayat yang menyatakan bahwa mengkonsumsi habbatussauda menjadi salah satu bentuk amalan sunnah. Bahkan, konon Nabi Muhammad berkata bahwa jintan hitam atau habbatussauda bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit kecuali kematian.

Semakin kesini, ditambah dengan perkembangan teknologi dan canggihnya penelitian, habbatussauda terbukti memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh umat. Bahkan, cara untuk mendapatkan formula ini juga sangatlah mudah. Di toko-toko sudah bisa didapatkan baik dalam bentuk kapsul atau lainnya.

Biji Jinten hitam merupakan salah satu rempah yang banyak digunakan sebagai obat. Seperti namanya biji jinten memiliki warna hidam dengan bentuk seperti bulan sabit. Jinten hitam juga merupakan tumbuhan yang bersifat penyebuhan alami yang kuat. Bahkan ramuan jinren hitam sudah ada di Negara-negara timur tengah, india dan awalnya dari Mesir. Umumnya jinten hitam digunakan sebagai bumbu pada berbagai jenis masakan di dunia.

Minyak Biji Jinten Hitam (juga sering disebut Black Coriander Oil atau hanya Black Oil) berasal dari tanaman Nigella Sativa yang berasal dari Asia. Studi terbaru mengenai minyak biji yang sangat kuat ini mungkin bermanfaat dalam memerangi serangga super seperti MRSA atau h.pylori dan pada pasien kanker.

Senyawa aktifnya meliputi nigellone dan thymoquinone kristal – diyakini sebagai bahan yang terutama bertanggung jawab atas khasiat obat ampuh minyak, bersama dengan, asam miristat, asam palmitat, asam stearat, asam palmitoleat, asam oleat, asam linoleat, asam arakidonat, protein dan vitamin B1. , B2, B3, kalsium, folat, besi, tembaga, seng dan fosfor.

Table of Contents

  1. Atasi Alergi dan Asma
  2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  3. Atasi Rambut Rontok
  4. Mencegah Penyakit Kanker
  5. Membantu Menjaga Kesehatan Liver
  6. Membantu Menyembuhkan Diabetes
  7. Membantu Meringankan Sakit Gigi
  8. Membantu Menyembuhkan Epilepsi
  9. Sebagai Obat Peradangan
  10. Baik Untuk Kesehatan Jantung
  11. Meningkatkan Kecerdasan Dan Mencegah Alzheimer
  12. Menyembuhkan Ambeien

Habbatussauda memiliki beragam kandungan yang sangat ampuh untuk kesehatan Anda. Berikut ini adalah ulasan tentang manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan…

Atasi Alergi dan Asma

Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi habbatussauda adalah mengatasi alergi dan asma. Jintan hitam memang memiliki kandungan yang ampuh atasi penyakit asma dan juga alergi. Kandungan yang dimaksud adalah histamine yang bisa meningkatkan sistem imun manusia.

Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ketahanan tubuh Anda akan meningkat jika mengkonsumsi habbatussauda secara rutin dan teratur. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. G Reimuller, Jerman menyatakan bahwa jintan hitam memiliki kandungan yang menghasilkan sel T. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh akan meningkat secara stabil.

Atasi Rambut Rontok

Jika Anda mengeluhkan rambut rontok, maka salah satu solusinya adalah habbatussauda. Kandungan yang ada di dalamnya ampuh di dalam memperkuat rambut hingga akarnya. Cara pemakaiannya sangat simple dan mudah. Cukup dengan mencampurkan minyak habbatussauda dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian oleskan pada kulit kepada, diamkan beberapa menit, dan cuci hingga bersih.

Mencegah Penyakit Kanker

Beberapa penelitian ilmiah telah dilakukan mengenai minyak jinten hitam yang terkait dengan berbagai jenis kanker, termasuk kanker usus besar, kanker paru-paru, sel tumor otak dan banyak lagi.

Satu studi 2012 dari National University of Singapore, menemukan bahwa “efek anti tumor thymoquinone juga telah diteliti pada model tikus xenograft tumor untuk kanker usus besar, prostat, pankreas dan paru-paru. Ketika obat kemoterapi konvensional dan thymoquinone digabungkan, maka dari gabungan itu dapat memberikan efek terapeutik yang lebih besar dan mengurangi toksisitas yang kedua. ”

Baca juga: Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Studi sel juga menemukan bahwa minyak jinten hitam dibandingkan dengan agen kemoterapi populer dalam penindasan pertumbuhan kanker usus besar, namun dengan profil keamanan yang jauh lebih tinggi.

Pada tahun 2014, para periset dari Arab Saudi melaporkan bahwa minyak tersebut mampu secara signifikan mengurangi populasi sel kanker yang hidup dan mengubah morfologi seluler. Mereka menemukan bahwa konsentrasi minyak yang lebih tinggi yang digunakan untuk mengobati sel kanker, tingkat kematian sel yang lebih tinggi, dan akhirnya menyimpulkan bahwa data tersebut menunjukkan bahwa minyak jinten hitam secara signifikan mengurangi kelangsungan hidup sel kanker paru-paru manusia.

Beberapa ahli kesehatan juga merekomendasikan penggunaan minyak jinten hitam untuk perlindungan alami terhadap bahaya radiasi, yang digunakan bersamaan dengan perawatan konvensional.

Membantu Menjaga Kesehatan Liver

Selain beberapa manfaat yang telah disebutkan di atas, habbatussauda ternyata juga ampuh di dalam menjaga kesehatan liver. Hal ini sudah berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh seorang peneliti bahwa manfaat habbatussauda tidak hanya menjaga kesehatan liver, meliputi penyakit atau kerusakan. Karena itu, penting untuk mengkonsumsi habbatussauda untuk menjaga kesehatan liver atau hati Anda.

Membantu Menyembuhkan Diabetes

Masih berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa habbatussauda mempunyai peran yang amat penting di dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Jintan hitam mampu meningkatkan konsentrasi insulin dan juga menurunkan konsentrasi glukosa. Inilah mengapa jintan hitam ampuh untuk atasi diabetes. Bahkan, yang lebih menarik adalah ia aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Baca juga: Adab dan Doa Menjenguk Orang Sakit

Membantu Meringankan Sakit Gigi

Sakit gigi adalah jenis penyakit yang sangat menyiksa. Untuk itu dibutuhkan formula yang ampuh dan cepat untuk mengatasinya. Nah, salah satunya adalah jintan hitam. Hal itu disebabkan karena jintan hitam mengandung anti bakteri yang bisa menyembuhkan sakit gigi, termasuk gigi berlubang.

Membantu Menyembuhkan Epilepsi

Epilepsi atau yang selama ini dimaknai kejang-kejang ternyata juga bisa disembuhkan dengan menggunakan habbatussauda. Jintan hitam sendiri memiliki kandungan senyawa yang mampu mengurangi frekuensi kejang-kejang pada seseorang. Terlebih jika formula ini diberikan kepada anak-anak yang terkena epilepsi. Dengan catatan Anda perlu melakukannya secara rutin dan teratur agar hasil yang didapakan menjadi lebih maksimal.

Sebagai Obat Peradangan

Habbatussauda juga bermanfaat sebagai formula anti radang. Hal itu disebabkan karena kandungan thymoquinone yang terkandung di dalamnya. Senyawa tersebut juga dikenal sebagai senjata dengan sifat anti kanker dan juga anti oksidan yang tinggi. Sehingga, berbagai penyakit radang yang menghampiri Anda bisa diatasi dengan mudah hanya dengan konsumsi jintan hitam secara rutin dan teratur.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Selain yang telah disebutkan di atas, habbatussauda ternyata juga ampuh di dalam menjaga kesehatan jantung. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa jantung menjadi komponen tubuh yang sangat penting. Hal itu disebabkan kandungan di dalam ampuh dalam mengurangi kolesterol yang jahat pada darah. Dengan demikian, risiko penyakit jantung juga akan terkurangi secara siknifikan.

Vitalitas terbaik tidak berarti apa-apa jika Kamu tidak mempertahankan kesehatan hati. Jinten hitam bermanfaat bagi jantung. Asam lemak omega-6 & -9 kaya tak jenuh dan asam fitosterol membantu memperkuat dan meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah, mengurangi kerapuhan kapiler dan permeabilitas, mencegah pembentukan trombus, dan menurunkan tekanan arteri.

Ini juga membantu penurunan kolesterol darah-mencegah pembentukan plak aterosklerotik yang berbahaya, sekaligus mencegah perkembangan unsur peradangan pada keseluruhan sistem kardiovaskular. Selain itu, jinten hitam telah digunakan untuk mengobati takikardia, bradikardia, hipotensi, hipertensi, serta penyakit jantung alternatif.

Meningkatkan Kecerdasan Dan Mencegah Alzheimer

Kandungan yang ada di dalam habbatussauda adalah asam linolenat (Omega 3) dan asam linoleat (omega 6). Kedua kandungan itu merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan kecerdasan, daya ingat, dan relativitas sel otak, sehingga tidak cepat pikun. Selain itu, habbatussauda juga mampu memperbaiki peredaran darah ke otak. Jadi habbatussauda baik untuk diberikan pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan lansia.

Menyembuhkan Ambeien

Penyakit ambeien bisa menjadi salah satu penyakit yang sering kambuh dan menggangu kegiatan sehari-hari, terutama bagi Kamu yang mempunyai banyak pekerjaan dengan posisi duduk. Obatilah ambeien dengan biji jintan hitam.

Baca juga: 9 Manfaat Biji Nangka Rebus untuk Kesehatan

Itu tadi uraian mengenai manfaat habbatussauda untuk kesehatan tubuh yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk berbagai keluhan Anda. Mengkonsumsi formula herbal alami ini bisa membuat Anda semakin sehat dan segar sepanjang hari tanpa takut risiko efek samping dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *