20 Cabang Olahraga Atletik berserta Pengertian dan Sejarahnya

mengapa atletik disebut induk dari semua cabang olahraga
4.5/5 - (2 votes)

Balaibahasajateng.web.id, 20 Cabang Olahraga Atletik beserta sejarah dan pengertiannya – Terkadang, kita merasa sulit untuk memulai olahraga. Apalagi jika kita tidak tahu jenis olahraga apa yang cocok untuk kita. Namun, cabang olahraga atletik dapat menjadi pilihan yang tepat. Atletik adalah cabang olahraga yang melibatkan gerakan-gerakan alami manusia seperti lari, lompat, lempar, dan jalan. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang cabang olahraga atletik, pengertian, dan sejarahnya.

Table of Contents

Pengertian Olahraga Atletik

Istilah atletik berasal itu sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu athlon yang berarti kontes atau perlombaan.

Nah, pengertian olahraga atletik secara umum adalah gabungan dari beberapa macam-macam olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, jalan, lompat dan lempar.

Pendapat lain juga mngatakan bahwa pengertian atletik adalah jenis olahraga fisik yang memakai lapangan atau lintasan, seperti lari, jalan, lompat tinggi dan lempar lembing.

Bisa disimpulkan bahwa pengertian atletik ini merupakan segala permainan yang menggunakan tenaga fisik manusia sebagai pemain.

Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Sebagian para ahli berpendapat mengenai pengertian olahraga atletik ini, berikut ini pendapat para ahli tersebut:

  • Muhajir

Pengertian atletik menurut Muhajir adalah cabang olahraga yang tumbuh dan berkembang bebareangan dengan kegiatan manusia yang alami, contoh: jalan, lari, melempar dan melompat.

  • Eri Peritama

Menurut Eri Peritama, pengertian olahraga atletik adalah kegiatan olahraga yang dilakukan di lapangan atau lintasan permainan (treck and field sport).

  • Sukirno

Pendapat selanjutnya mengenai definisi olahraga atletik adalah Sukiro. Menurut beliau atletik adalah Induk atau pusat dari semua cabang olahraga dan merupakan olahraga yang paling tua (mother of sport).

  • Mochamad Djumidar A. Widya

Definisi atletik menurut Mochamad Djumidar A. Widya adalah salah satu unsur pendidikan yan berkaitan dengan kesehatan jasmani dan rohani.

  • Eddy Purnomo 

Pengertian atletik menurut Eddy Purnomo adalah suatu kegiatan atau aktifitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan dasar yang harmonis dan dinamis, yaitu: berjalan, berlari, melompat dan melempar.

Itulah pengertian olahraga atletik menurut para ahli yang sengaja kami ringkas dalam artikel ini untuk memabantu dalam menyelesaikan tugas atau makalah Anda.

Baca juga: Teknik dasar Sepak takraw

Sejarah Olahraga Atletik

Dalam sejarah olahraga atletik dunia, dikatakan bahwa kegiatan permainan atletik berawal dari Yunani, yang terjadi sekitar pada tahun 776 SM.

Pada waktu itu permainan dalam kategori lari atau stade menjadi satu-satunya olahraga yang diperlombakan dikala itu.

The Roman Games berasal dari akar Yunani murni, perlombaan yang diselenggarakan oleh Roman Games adalah perlombaan melempar dan berlari. Masyarakat lain menggemari perlombaan atlit, seperti bangsa lain yang digemari juga oleh bangsa Roma.

Pada abad ke-19 baru olahraga atletik miliki induk organisasi formal di masa tersebut bersamaan dengan olahraga reguler yang sudag diajarkan di sekolah-sekolah wilayah Eropa.

Pada perkembangannya, olahraga atletik mulai untuk diperlombakan pada event olimpiade di tahun 1896, yan diikuti oleh beberapa negara lain.

Sejarah Atletik Indonesia

Sejarah singkat olahraga aletik di Indonesia tercatat pada tahun 1930-an. Pada pemerintahan Hindia Belanda, olahraga atletik menjadi mata pembelajaran yan wajib ada, dan diajarkan di sekolah.

Jadi olahraga atletik pada masa itu menjadi olahraga yang asing bagi pribumi, karena belum tersebar ke beberapa wilayah Indonesia. Karena permainan ini hanya diajarkan sebagai mata pelajaran sekolah saja.

Meski demikian, bersamaan dengan perkembangan yang ada di masa-masa yang terus maju, olahraga atletik mulai berkembang di berbagai wilayah. Penyebarannya hanya melalui informasi yang simpang siur, sehingga olahraga atletik, mulai dikenal oleh beberapa kalangan di tanah air.

Ketika masa kolonial Belanda, petinggi bangsa Belanda telah membentuk suatu organisasi yang bernama Netherland Indische Athletiek Unie. Mempunyai peran dan tugas khusus dalam menyelenggarakan pertandingan atletik.

Pada tahun 1930-an, tepatnya di kota Medan sebetulnya telah terdapat suatu badan yang bernama Sumatera Athletiek Bond. Ini menjadi peran penting dalam mengadakan kompetisi atletik di sekolah Mulo, HBS serta sekolah-sekolah swasta lain.

Harun Al Rasyid salah satu atlet profesional yang berhasil menang dalam kancah perlombaan lari pendek dengan durasi 10,8 detik. Meski sejarah mengenai olahraga atletik di Indonesia pernah vakum, karena dibekukan olah Jepang.

Dalam sejarah atletik Indonesia berhasil membentuk induk organisasi Persatuan Olahraga Republik Indonesia pada tahun 1946. Gerakan ini memiliki tujuan dalam menghidupkan kembali olahraga yang mati terutama olahraga atletik Indonesia.

Itulah sejarah olahraga atletik di dunia dan Indonesia yang kami bahasa secara lengkap.

Baca juga : Jenis Gaya Renang

Macam Macam Cabang Olahraga Atletik Beserta Gambarnya

Setelah kita membahas mengenai sejarah singkat olahraga atletik, materi selanjutnya adalah jenis-jenis olahraga atletik. Nah mulai dari sini mari kita cari tahu jenis-jenis olahraga atletik.

Olahraga atletik ini memiliki banyak cabang, salah satunya adalah olahraga lompat jauh, lempar cakram dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah nama cabang olahraga atletik, yaitu

  1. Lompat jauh
  2. Lompat tinggi
  3. Lompat galah
  4. Tolak peluru
  5. Lempar cakram
  6. Lempar lembing
  7. Lari jarak jauh
  8. Lari jarak pendek
  9. Lari estafet
  10. Jalan cepet
  11. Lempar martil
  12. Panahan
  13. Renang

Berikut ini penjelasannya, mengenai macam-macam olahraga atletik beserta gambarnya.

1. Lompat Jauh

gambar lompat jauh
Lompat jauh

Macam-macam cabang olahraga atletik yang pertama adalah lompat jauh.

Pengertian lompat jauh adalah salah satu jenis olahraga atletik yang memakai kecepatan, kekuatan dan ketangkasan. Seorang atlit lompat jauh harus melompat dan melayang diudara yang kemudian mendarat jauh-jauh di atas bak pasir.

Ada 3 gaya dalam lompat jauh yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Gaya jongkok atau ortodok.
  2. Gaya menggantung atau schnepper.
  3. Gaya berjalan di udara atau walking in the air.

Jumper biasanya mengambil ancang-ancang sejauh 30 meter atau 100 kaki dari garis lompat. Diawali dengan laro kecil atau joging yang kemudian lari dengan kecepatan, sesuai dengan batas kemampuan untuk bersiap melakukan tolakan.

Setelah jumper mendarat maka akan dilakukan pengukuran berapa jauh atau meter yang diperoleh katika mendarat tersebut.

Baca juga: Materi Lompat jauh

2. Lompat Tinggi

lompat tinggi

Cabang olahraga atletik yang ke 2 adalah lompat tinggi.

Pengertian lompat tinggi adalah salah satu cabang olaharaga atletik yang mengandalkan kekuatan otot pada perut dan kaki, dimana atlet harus melompat tinggi melewati mistar.

Terdapat 4 jenis gaya dalam lompat tinggi yaitu gaya gunting, guling sisi, guling straddle dan flop.

Sesuai dengan namanya pada cabang olahraga lompat tinggi, seorang atlet harus bisa melompat tinggi dan bisa mendarat dengan sempurna.

Baca Lengkapnya:

3. Lompat Galah

gambar lompat galah
Lompat Galah

Nama cabang olaharag atletik yang ke 3 dalam materi pembahasan ini adalah lompat galah.

Pengertian lompat galah adalah sebuah lomba trek dan lapangan dengan memakai galah atau tongkat panjang dan fleksibel sebagai alat untuk melompati sebuah pembatas.

Tujuan dari lompat galah adalah melewati mistar pembatas yang tinggi, dengan cara melompatinya dengan tongkat atau galah.

Jadi antara lompat jauh dan lompat tinggi, cabang olahraga atletik lompat galah berbeda, perbedaannya karena setiap atlet harus menggunakan alat bantu beupa galah untuk melompat.

4. Tolak Peluru

Macam-macam cabang olahraga atletik berikutnya adalah tolak peluru.

Pengertian tolak peluru adalah suatu gerakan dengan menolak atau mendorong  suatu peluru atau bola yang berbentuk bulat, dengan berat tertentu dan terbuat dari logam serta dilakukan dari bahu satu tangan untuk kemudian mencapai hjarak tertentu.

Tolak peluru juga memiliki ukuran dan berat sesuai dengan penggunaan kelas yang diperlombakan.

Dalam tolak peliri juga dibagi menjadi 2 gaya yaitu:

  1. Tolak peluru gaya sampingatai ortodoks.
  2. Tolak peluru gaya belakang atau o’brein.

Tujuan dari olahraga tolak peluru sendiri untuk menolak peluru sejauh mungkin dengan teknik yang sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

5. Lempar Cakram

Lempar cakram dalam bahasa Inggris dibut dengan discus throw.

Pengertian tolak peluru adalah salah satu cabangdari olahraga atletik yang memakai cakram untuk dilempar.

Cakram dalam olahraga ini terbuat dari bahan dasar kayu yang berbentuk piringan dan berbentuk piringan besi.

Sebelum melakukan lemparan para atlet juga akan melakukan gerakan berputar sebanyak 2 kali sebelum melempar cakram.

Baca Materi Lempar cakram

6. Lempar Lembing

Lempar lembing adalah olahraga yang dilakukan dengan melempar lembing dalam jarak tertentu.

Dalam melempar lembing, seorang atlet harus mencapai jarak maksimum, sehingga atlet harus menyeimbangkan mulai dari kecepatan, teknik beserta kekuatan.

Lempar lembig termasuk kedalam salah satu cabang olahraga atletik yang populer. Tujuan dari olahraga lempar lembing untuk bisa melempar lembing sejauh mungkin dengan tata cara yang benar.

Baca Materi lempar Lembing

7. Lempar Martil

Lontar atau lempar martil adalah salah satu cabang olahraga lempar dalam atletik dalam ajang kompetisi memerlukan kekuatan melontarkan martil untuk mendapatkan jarak yang jauh.

Berbeda dengan olahraga yang lainya oleharag martil ini memiliki bobot yang lebih berat dibandingkan dengan olahraga lempar yang lainnya.

8. Panahan

gambar panahan
Atlet Panahan

Panahan dalam bahasa Inggris disebut dengan archry.

Pengertian panahan adalah suatu kegiatan yang menggunakan busur dan panah untuk menembakkan anak panah.

Olahraga ini memerlukan teknik, ketepatan, dan ketenangan, untuk mengarahkan busur ke papan target sebelum menembak menjadi aspek yang paling penting dalam menentukan pemenang dala pertandingan olahraga panahan.

Cek Materi panahan

9. Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh adalah cabang lari yang memiliki panjang lintasan terjauh, mulai dari 3000 meter hungga 10000 meter. Dalam pengertian lain lari jarak jauh adalah memindahkan diri dengan berjalan atau berlari dengan jarak tempuh tertentu.

Dalam istilah sekarang lari jarak jauh juga bisa disebut dengan lari marathon.

10. Lari Jarak Pendek

Lari jarak pendak atau sprin adala salah satu jenis lari yang dapat dilakukan dengan kekuatan serta kecepatan penuh mualai dari garis start sampai finish dengan kekuatan otot kaki untuk berlalri.

Terdapat tiga lintasan yang dilombakan dalam lari jarak pendek yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.

Untuk mendapatkan kemenagan seorang atlet lari jarak pendek membutuhkan reaksi yang cepat, mulai dari lari yang efisien dan ketepatan kektika start.

Baca juga : Teknik dasar sepak bola

11. Lari Estafet

Lari estafet adalah kompetisi balap dengan anggota tim secara bergiliran menyelesaikan bagian dari arena lintasan dengan serangkaian kegiatan lari.

Pada olahraga atletik cabang lari estafet start yang digunakan adalah regu atau tim berlari yang terdapat 4 orang atlet dalam lintasan balap. Pada nomor lari sambung memiliki tugas untuk menyambungkat tongkat ke pada nomor pelari berikutnya.

12. Jalan Cepet

Untuk macam-macam cabang olahraga atletik yang terakhir adalah jalan cepat.

Jalan cepat juga diperlombakan dalam cabang atletik ini. Meskipun terdengar remeh namun, teknik dalam melakukan jalan cepat tidak semudah yang kita dengar.

Atlet jalan cepat tidak boleh melepas atau terputus dari area tanah lintasan, jadi setiap langkah selanjutnya barulah kaki sebelah boleh diangkat setelah satu kaki menempel pada permukaan tanah atau lintasan.

Demikian ringkasan materi tentang olahraga atletik yang kami ringkas dalam artikel kami mulai dari pengertian sejarah dan macam-macam cabang olahraganya.

Semoga artikel ini dapat memebantu Anda, dalam memenuhi informasi dalam dunia olahraga, terutama dalam cabang olahraga atletik.

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *