Berita  

Cara membuat Indukan Lele Unggul, Ini Syaratnya

induk lele
Catfish / @gettyimages
Berikan Bintang

Jateng, Cara membuat Indukan Lele Unggul, Ini Syaratnya – Dalam berbisnis ikan lele, kesuksesan berasal dari kualitas dan keunggulan bibit yang dipilih sebagai indukan.

Sebab, semakin baik indukan lele yang dipilih maka lele yang akan dihasilkan akan memiliki kualitas dan unggul.

Selain itu, kita juga dapat mengecilkan resiko kerugian yang akan ditanggung. Ketika akan melakukan pembenihan ikan lele, tidaklah membutuhkan kolam yang besar tetapi hanya membutuhkan kolam lele yang relatif kecil saja.

Sehingga, kita tidaklah direpotkan untuk membuat kolam dengan ukuran relatif besar. Selain dilakukan di dalam kolam beton, pembenihan ikan lele juga dapat dilakukan dengan kolam tanah atau kolam terpal.

Saat akan menekuni usaha budidaya lele, terdapat satu faktor penting ketika akan mengawali pembenihan lele yaitu pemilihan induk lele.

Baca juga: Cara Merawat Larva Lele yang baru menetas agar Tidak Mati

Karena ketika pemilihan, terdapat beberapa hal yang diperhatikan agar kita dapat mendapatkan indukan lele yang berkualitas dan unggul.

Untuk dapat memilih indukan lele yang berkualitas dan unggul, kita dapat mengikuti cara-cara yang sudah dipersiapkan di bawah ini.

Syarat Indukan Lele Unggul dan Baik

Berikut beberapa syarat induk Lele yang baik agar pemijahan berhasil:

  1. Pilihlah lele betina yang sudah berusia antara 7 bulan – 8 bulan.
  2. Pilihlah lele jantan yang sudah berusia antara 11 bulan – 12 bulan.
  3. Pastikan kedua lele tersebut memiliki berat badan antara 700 gram – 2000 gram.
  4. Pastikan memiliki badan simetris.
  5. Pastikan tidak ada kecacatan atau kekurangan bentuk fisik.
  6. Usahakan agar memilih lele jantan dan betina yang lincah dalam berenang di air.
  7. Sebaiknya pilih calon indukan lele yang diambil dan dibesarkan di dalam kolam sejak kecil, agar mudah beradaptasi ketika dipindah ke antara satu kolam ke kolam lainnya saat dilakukan pemijahan.
  8. Indukan lele jantan; Memiliki warna lebih gelap, kulit agak halus dari lele betina, perut lebih ramping, dan gerakannya lebih lincah dari pada lele betina. Alat kelamin berbentuk memanjang kearah belakang, berwarna kemerah-merahan, dan terlihat jelas di belakang anus. Jika pada bagian perut di urut secara manual kearah ekor, maka akan mengeluarkan spermatozoa berupa cairan kental berwarna putih.
  9. Indukan lele betina; memiliki warna dan kepala yang lebih besar jika dibandingkan dengan indukan lele jantan. Tulang kepala agak pendek dan cembung, serta perut lebih gembung hingga gerakannya agak sedikit lambat. Alat kelaminnya berwarna kemerahan, berbentuk oval, dan terlihat jelas di belakang anus. Jika pada bagian perut di urut secara manual kearah ekor, maka akan mengeluarkan ovum berbentuk cairan kuning.

Baca juga: Penjelasan Klasifikasi Protozoa dan Ciri-cirinya

Cara membuat Indukan Lele Unggul dengan Perawatan Ini

Terdapat tiga langkah penting yang harus kita lakukan untuk perawatan induk lele. Ketiga langkah tersebut yaitu:

  1. Usahakan memberikan makanan dengan protein tinggi seperti belatung, bekicot, pelet, dan pakan ikan buatan lainnya. Jangan berikan ulat sutra sebagai pakan induk lele, sebab ulat sutra memiliki kandungan lemak sangat tinggi. Pilih Pakan pelet dengan kadar protein minimal 30%
  2. Ketika ada calon induk lele yang sakit, pisahkan dari induk lele lainnya dan segera obati di kolam yang terpisah. Lakukan pengecekan secara rutin hingga indukan kembali sehat.
  3. Atur siklus air bersih yang masuk dan air yang kotor secara teratur. Ini meminimalisir indukan sakit karena air adalah kunci utama ikan sehat.

Nah begitulah syarat induk lele yang baik supaya berhasil memijah. Jika ada saran dan kritik kirimkan melalui kolom komentar dan hubungi kontak kami. Semoga artikel ini bermanfaat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.