Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional FIFA

ukuran lapangan sepak bola
4.6/5 - (13 votes)

Balaibahasajateng.web.id, Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional. Berapa ukuran panjang dan lebar ? Ini Jawaban untuk ukuran lapangan sepak bola menurut FIFA.

Lapangan sepak bola adalah permukaan tanah lapang yang digunakan untuk bermain sepak bola dengan ukuran tertentu yang berupa rumput asli maupun rumput sintetis. Wilayah yang merupakan permainan yaitu dimana garis berada, jika keluar maka permainan akan berhenti dan dilanjutkan dengan lemparan ke dalam untuk lawan. Dan lapangan merupakan salah satu aturan dalam sepak bola yang juga telah diatur sedemikian rupa.

Ukuran lapangan sepak bola memang menjadi salah satu yang paling ingin diketahui oleh banyak kalangan. Terutama pelajar, pecinta sepak bola dan juga pemain sepak bola itu sendiri. Untuk pelajar biasanya mencari luas lapangan sepak bola dalam kaitannya dengan tugas sekolah. Dan untuk pemain bola sebagai dasar pengetahuan lebih luas tentang sepak bola. Namun untuk di tingkat desa, aturan ini belum begitu menjadi acuan dalam mpembuatan lapangan bola karena lahan yang ada cukup jadi ketentuan.

Baca juga:

Menurut FiFA, luas lapangan sepak bola yang sering dipakai adalah 105×68 m atau bisa dikatakan 7140 meter persegi. Ini adalah ukuran yang biasa dipakai dalam lapangan sepak bola Internasional.

Sedangkan bagian lingkaran tengah pada lapangan sepak bola berukuran 9.15 meter (ukuran jari-jari).

Sementara untuk luas daerah Pinalti berukuran 16,5 meter, yang jika melakukan pertahanan didaerah tersebut dan melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi tendangan pinalti.

Berikut ini detail ukuran Lapangan Sepak Bola :

  • Ukuran Panjang lapangan : 90 – 120 meter.
  • Ukuran Lebar lapangan : 45 – 90 meter.
  • ukuran Jari-jari lingkar tengah : 9,15 meter.
  • Luas Kotak Pinalti : 40,32 meter x 16,5 meter.
  • Jarak titik pinalti : 11 meter.
  • Luas daerah gawang : 18,32 meter x 5,5 meter.
Nama UkuranUkuran dalam meter
Panjang90-120 meter
Lebar45-90 meter
Jari-jari Lingkar Tengah9.15 meter
Luas Kotak Pinalti40.32 x 16.5 meter
Jarak Titik Pinalti11 meter
Luas daerah Gawang18.32 x 5.5 meter

Standar Ukuran Lapangan Sepak Bola Internasional sudah baku untuk dijadikan patokan lapangan sepak bola. Ketentuan lain dari panjang dan lebar lapangan selalu diperbaharui dengan kesepakatan oleh anggota IFAB. Dan untuk lebih lanjut, adanya lapangan termasuk dalam aturan sepak bola atau yang disebut Laws of the Game. 

Nah untuk lebih detail lagi silahkan bisa baca tentang teknik sepak bola atau ukuran gawang sepak bola dimana ulasan akan lebih detail. see you…

Respon (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *