Berita  

Cara Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal untuk Pemula

budidaya lele dumbo
penampakan Ikan Lele di kolam /sumber foto: @gettyimages
Berikan Bintang

JATENG, Cara ternak dan Budidaya Ikan Lele Dumbo di Kolam Terpal – Sudah tidak asing lagi bukan dengan hewan yang satu ini?

Lele, yang biasanya di jual di pasaran atau sering sekali menjadi salah satu lauk untuk penyetan bahkan terkenal juga dengan sebutan pecel lele.

Walaupun memiliki tubuh yang licin ketika dipegang karena lendir tapi ternyata masyarakat sangat antusias untuk menjadikan lauk sehari – hari.

Hal ini menjadikan sebagian masyarakat tertarik untuk membudidayakan ikan lele ini mengingat pembudidayaannya tidak memerlukan biaya yang sangat besar dan harganya juga sangat menggiurkan ketika di jual saat panen.

Salah satu jenis lele yang dibudidayakan adalah lele dumbo yang mana lele ini merupakan hasil persilangan antara lele lokal Afrika dan lele lokal Taiwan.

Baca juga: Penyakit Ikan Lele? Pakai Ramuan Obat Tradisional ini saja

Lele yang merupakan hewan air tawar ini dapat dibudidayakan menggunakan kolam terpal, kolam tanah bahkan di drum plastik. Kali ini saya akan berbagi cara ternak ikan lele dumbo menggunakan kolam terpal:

Pembuatan kolam terpal

Siapkan lahan untuk pembuatan kolam terpal, bersihkan dari segala hal yang dapat mengganggu seperti rumput misalnya.

Misalnya anda menggunakan tiang dari besi, maka pilihlah ukuran besi yang sesuai dengan terpal, tancapkan besi pada setiap sudut kola dan pastikan memiliki tata letak yang rapi jika terdapat beberapa kolam terpal pada satu tempat.

Pasang dinding yang terbuat dari kerangka kawat anyam pada plastik terpal dan pada bagian tepi terpal dilubangi menggunakan ring logam kemudian masukkan tali untuk mengikat terpal pada besi atau pada kawat anyam.

Pasang pipa yang terbuat dari paralon atau PVC sebagai alat pembuangan.

Bersihkan kolam menggunakan sabun guna menghilangkan lem atau bahan kimia lain yang dapat merusak ikan lele. Kolam bilas hingga bersih dan dikeringkan selama 1 hari. Isi kolam dengan air yang tingginya sekitar 70 – 80 cm dan diamkan selama sekitar 1 minggu untuk pembentukan lumut dan pertumbuhan fitoplankton.

Penebaran benih lele

Anda bisa mendapatkan benih lele dumbo ini dengan membelinya dan pastikan ketika membeli sesuai dengan kebutuhan kolam anda.

Pastikan benih lele yang anda pilih adalah benih lele dumbo yang sehat, tidak cacat, abnormal dan ditandai dengan gerakan lele yang lincah, tak ada luka maupun cacat tubuh, bebas dari penyakit. Sebaiknya benih lele dumbo pada kolam memiliki kepadatan 200 – 400 ekor per meter persegi.

Pemeliharaan

– Saluran air

Ketika kondisi cuaca sedang hujan dengan intensitas tinggi membuat tanggul pada dinding kolam rusak, sehingga sebagian lele akan menghilang, untuk itu perlu dibuatkan saluran air yang terbuat dari pipa paralon atau batang bambu sebagai saluran air.

– Sortasi

Sortasi terhadap ikan lele dumbo sangat diperlukan, karena bisa jadi lele dumbo tersebut mengalami serangan penyakit atau hama akibatnya lele menjadi stress dan akhirnya mati.

Biasanya kondisi tersebut karena kualitas air yang buruk , daya tahan tubuh lele yang lemah dan patogen yang ada sangat ganas.

Baca dulu: Cara Meningkatkan Bobot Ikan Lele

– Pemberian pakan

Anda bisa memberi lele dumbo ini dengan pakan dari pellet dan pastikan kualitas pellet bagus yaitu pakan yang mengandung banyak nutrisi dan dapat meningkatkan pertumbuhan serta hasil produksi. Sebaiknya beri pakan yang cukup ketika mendekati masa panen ketika pagi dan sore.

Panen

Lele dumbo siap panen ketika berusia 3 – 3,5 bulan dan memiliki bobot sekitar 100-150 gram per ekor atau sesuai dengan kebutuhan pasar. Kalau tengkulak menyebut sekilo 8-10 ekor.

Nah itulah sedikit pengetahuan tentang budidaya ikan lele dumbo di kolam terpal yang patut anda contoh. Semoga artikel ini memberikan wawasan baru tentang dunia perikanan ya sob. sampai jumpa lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.