Cara Mengobati Sakit Mata Bengkak di Rumah

Cara Mengobati Sakit Mata Bengkak

Balaibahasajateng, 5 Cara Mengobati Sakit Mata Bengkak di Rumah – Terbangun di pagi hari dengan kondisi mata bengkak yang terasa sakit mungkin ibarat mimpi buruk. Tidak hanya mengganggu penampilan, rasa nyeri yang timbul juga membuat aktivitas sehari-hari jadi ikut tersendat.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab mata bengkak, mulai dari alergi, masuknya benda asing ke dalam mata, sampai penggunaan lensa kontak jangka panjang. Saat mengalami kondisi ini, kira-kira obat praktis apa yang bisa dilakukan untuk merawat mata bengkak di rumah, ya?

Table of Contents

  1. Membersihkan Mata
  2. Kompres Mata Dengan Mentimun
  3. Menggunakan Obat Tetes Mata
  4. Kompres Dengan Handuk Basah
  5. Istirahatkan Diri di Rumah

Membersihkan Mata

Mata bengkak yang disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam organ tersebut bisa diatasi dengan cara membersihkan mata. Gunakan cairan pembersih mata dan tuangkan ke dalam cup khusus. Arahkan cup tersebut di area mata. Saat cairannya mulai menempel di mata, biarkan organ tersebut terbuka agar bisa membersihkan secara maksimal.

Kompres Mata Dengan Mentimun

Bahan alami juga bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi mata bengkak. Ada beberapa bahan yang dikenal ampuh untuk mengatasi masalah tersebut, misalnya saja irisan mentimun. Kandungan enzim dan astringent di dalamnya sangat baik untuk meringankan gejala peradangan dan sakit yang timbul di area mata. 

Caranya cukup mudah. Iris mentimun lalu masukkan ke dalam lemari es selama 10 menit. Setelah itu, gunakan bahan tersebut untuk mengompres mata. Sensasi dingin yang muncul juga bisa membantu mata terlihat lebih segar.

Menggunakan Obat Tetes Mata

Mata bengkak seringnya juga disertai gejala sakit yang cukup mengganggu. Kondisi ini biasanya terjadi karena masuknya benda asing ke dalam mata, misalnya saja debu, produk make up, atau sabun saat sedang mandi. Nah, menggunakan obat tetes mata bisa jadi alternatif yang tepat, lho. Pilih obat mata yang memiliki kandungan untuk meredakan gejala iritasi yang disebabkan benda asing masuk ke dalam mata.

Baca juga: Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Aplikasikan 1-2 tetes mata Original yang bekerja ampuh untuk mengatasi mata bengkak akibat masuknya benda asing ke dalam area tersebut. Hal yang perlu diingat, cukup gunakan tetes mata Original di area mata yang terasa sakit saja. Cara ini untuk mencegah perpindahan virus di area mata yang sehat. Gunakan obat mata ini secara rutin 2-3 kali sehari hingga gejalanya mereda.

Kompres Dengan Handuk Basah

Meringankan gejala mata bengkak juga bisa dilakukan dengan mengompres mata menggunakan handuk basah. Rendam handuk bersih dalam air es atau masukkan handuk basah ke dalam lemari es selama beberapa menit. Gunakan untuk mengompres mata bengkak yang dialami. Trik ini bisa meringankan rasa sakit yang timbul sekaligus melakukan relaksasi di area tersebut. Sensasi dinginnya bisa menjadi obat untuk meredakan gejala pembengkakan yang terjadi.

Istirahatkan Diri di Rumah

Apapun obat yang dipilih untuk mengatasi mata bengkak ini, dukung juga untuk beristirahat di rumah. Hal ini bisa membantu agar perawatannya lebih maksimal. Aktivitas di luar rumah rentan membuat debu masuk ke dalam mata. Kondisi tersebut malah membuat mata bengkak bisa semakin parah.

Baca juga: Awas Asap Rokok Dapat Berdampak Pada Kesehatan Mata, Lho!

Mata bengkak adalah salah satu masalah kesehatan umum yang bisa dialami siapa saja. Jadi, mencari tahu obat paling ampuh yang bisa diterapkan di rumah sangat penting untuk meringankan rasa sakit di area tersebut.

Semoga informasi di atas berguna, Sobat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *