Manfaat Air Zam Zam yang perlu kamu tahu!

Manfaat Air Zam Zam
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Manfaat Air Zam Zam yang perlu kamu tahu! – Zam zam merupakan istilah yang berasal dari Bahasa arab, yang artinya melimpah ruah. Sesuai dengan namanya, zam zam tidak pernah mengalami kekeringan sejak 4000 tahun yang lalu. Air zam zam pun terkenal dengan keberkahan dan kesuciannya yang berasal dari Allah SWT. Tidak heran jika umat Islam ingin salami mencoba meminum air suci ini. Hal inilah yang membuat air zam zam menjadi oleh-oleh yang ditunggu-tunggu saat seseorang pulang umrah maupun haji.

Penelitian pun telah membuktikan manfaat air zam-zam. Ada sekitar 30 unsur dan air zam zam tak memiliki aroma, kuman, warna dan bakteri. Senyawa yang terdapat dalam air zam zam di antaranya, sodium, kalsium, potassium dan magnesium. Sekarang, air zam zam telah diekspor oleh pemerintah Arab Saudi untuk menyebarkan manfaat air ini.

Manfaat Air Zam Zam

  1. Meregenerasi Sel Kulit Mati
  2. Melancarkan Metabolisme Tubuh
  3. Mengobati Sejumlah Penyakit
  4. Sesuai dengan Niat Saat Minum Air Zam Zam
  5. Tambahan Energi Ibu Hamil
  6. Melancarkan Peredaran Darah
  7. Menutrisi Janin
  8. Memberi Rasa Bahagia
  9. Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Meregenerasi Sel Kulit Mati

Air zam zam sangat baik dalam meregenerasi sel-sel kulit mati yang kemudian diganti dengan sel sel kulit baru. Pergantian dari sel kulit ini bertujuan untuk mencerahkan kulit dan menjaga agar kulit selalu kenyal seperti bayi. Caranya, kamu tinggal membasuh wajah dengan air zam zam. Bila memungkinkan, kamu bisa bewudhu menggunakan air zam zam.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh terjadi untuk mengubah lemak menjadi tenaga dalam aktivitas sehari-hari. Proses pembakarannya itulah yang disebut dengan metabolisme tubuh. Bila metabolisme berjalan lancar maka pergerakan dan pencegahan timbunan lemak di sejumlah bagian tubuh utamanya lengan, paha dan perut pun akan teratasi. Penimbunan lemak di bagian tubuh ini dapat diakibatkan oleh metabolisme yang berjalan lambat. Minum air zam zam adalah salah satu cara dalam melancarkan metabolisme pada tubuh. Untuk lebih maksimal, kamu bisa mengimbanginya dengan berolahraga dan beraktifitas fisik secara rutin.

Mengobati Sejumlah Penyakit

Ada sebuah hadist shahih yang menyebutkan bahwa air zam zam sangat baik dalam mengobati sejumlah penyakit. Dengan niat karena Allah, kamu bisa mencoba untuk meminum air zam zam ini supaya mendapat kesembuhan dari penyakit yang diderita. Jangan lupa sertai juga dengan doa kepada Allah.

Baca juga: Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Sesuai dengan Niat Saat Minum Air Zam Zam

Air zam zam pun punya fungsi sebagai pengabul niat yang disampaikan lewat doa kepada Allah SWT. Bila kamu minum air zam zam dan memiliki niat yang baik maka perut akan terasa kenyang, dan dahaga pun akan hilang. Untuk itu, berniat baiklah saat meminum air zam zam.

Tambahan Energi Ibu Hamil

Seorang ibu hamil kadang kala mengalami keletihan dan kadang juga memiliki semangat yang tinggi. Saat mengalami keletihan, ibu hamil bisa mendapatkan tambahan energi dengan meminum air zam zam. Sebab air zam zam dipercaya mampu menjadi tambahan energy untuk ibu hamil supaya lebih bersemangat dalam melakukan semua aktivitasnya. Ibu hamil memang memerlukan energy dua kali lipat lantaran ada bayi yang tengah dikandungnya. Untuk itulah harus diimbangi dengan makanan dan minuman lainny yang sehat.

Baca juga: Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan, Ibu Hamil dan Kecantikan

Melancarkan Peredaran Darah

Air zam zam dapat membantu dalam melancarkan peredarakan darah di dalam tubuh. Peredaran darah ini bisa saja terganggu akibat dari endapan lemak di pembuluh darah. Biasanya endapan tersebut efek dari kebiasaan yang tidak sehat. Salah satu kebiasaannya adalah hobi makan makananan dengan kandungan lemak tinggi. Jika dibiarkan penyumbatan pembuluh darah ini dapat berakibat fatal bagi tubuh sebab bisa menyebabkan kematian. Tak hanya minum air zam zam, kamu juga bisa olahraga rutih dan menghentikan makan makanan dengan lemak tinggi untuk mencegahnya.

Janin yang dikandung oleh ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya, seperti vitamin, asam folat, protein dan karbohidrat. Semua nutrisi tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu. Inilah kenapa selama hamil, setiap ibu harus banyak makan makanan yang mengandung gizi. Nah, air zam zam merupakan salah satu minuman yang disarankan untuk dikonsumsi saat hamil karena sangat baik bagi janin. Sebab, air zam zam dapat menutrisi janin di dalam perut sehingga nutrisi yang dibutuhkan terpenuhi.

Memberi Rasa Bahagia

Rasa bahagia pun dapat muncul dengan cara meminum air zam zam. Sebab, air ini berfungsi untuk membersihkan hati sehingga air zam zam dapat menghindari kita dari penyakit hati seperti iri dan dengki.

Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Tulang dan gigi merupakan anggota tubuh yang secara teratur membutuhkan kalsium untuk tetap sehat. Di sini air zam zam mengandung kalsium yang dibutuhkan tersebut sehingga dapat mencegah pengeropeosan tulang dan gigi. Tak hanya air zam zam, kamu juga bisa menggantinya dengan susu yang tinggi kalsium.

Itulah sejumlah manfaat air zam zam yang sangat luar biasa. Dengan demikian, tak dapat disangkal bahwa manfaat air Zam Zam melampaui sekadar sekedar kebutuhan fisik, tetapi juga memiliki makna spiritual dan sejarah yang mendalam. Kekhasan air yang terkandung dalam sumur suci ini telah menginspirasi jutaan umat Muslim selama berabad-abad, menjadi simbol kesucian, penyembuhan, dan keberkahan.

Baca juga: 10 Manfaat Minum Air Putih setelah bangun tidur

Sebagai minuman yang penuh makna, air Zam Zam mengajarkan tentang keajaiban yang tersembunyi dalam karunia Allah SWT. Oleh karena itu, mari kita sambut air Zam Zam dengan hati yang tulus dan syukur, serta manfaatkan setiap tetesnya untuk kesehatan dan rohaniah kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *