Plasma Darah: Pengertian, Fungsi dan Kandungan

gambar plasma darah
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Plasma Darah: Pengertian, Fungsi dan Kandungan – Plasma darah merupakan salah satu komponen darah yang berbentuk cairan dan memiliki warna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, di mana sel darah ditutup. Dari seluruh volume atau isi darah di dalam tubuh, plasma darah menyumbang sekitar 55% dari volume darah tersebut.

Nah untuk lebih lengkap kali ini kami akan membahas komponen, fungsi dan kandungan yang ada di plasma darah. Langsung saja berikut ini.

Daftar Isi

  1. Komponen Plasma Darah
  2. Fungsi Plasma Darah
  3. Kandungan Plasma Darah
  4. Penutup

Komponen Plasma Darah

Menurut jurnal “Plasma and Blood Volume Expanders: Pharmacology and Clinical Application” oleh John W. Rickard (2016), Plasma darah adalah bagian dari darah yang tersusun oleh cairan bening, kuning kehijauan yang terdiri dari air, elektrolit, protein, hormon, dan zat-zat penting lainnya.

Plasma darah merupakan medium transportasi yang penting dalam tubuh, membawa nutrisi, hormon, dan zat-zat penting lainnya ke sel-sel tubuh, serta membantu dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Plasma darah tersusun atas 90% air dan sisanya adalah zat-zat seperti larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, hormone, ion mineral, dan karbohidrat. Selain sebagai penyumbang volume darah yang paling besar, plasma darah juga berfungsi medium pada proses ekskresi.

Zat-zat yang terkandung di dalam plasma darah seperti sari makanan, hormon, enzim, antibody, mineral, hingga zat-zat sisa akan diserap oleh usus halus dalam tubuh manusia.

Mineral-mineral yang terkandung di dalam plasma darah berupa garam mineral dan berfungsi untuk mengatur tekanan osmotik hingga tekanan darah. Sedangkan protein yang terdapat pada plasma darah dinamakan dengan protein darah yang terdiri atas albumin, globulin, dan fibrinogen.

Albumin berfungsi untuk mengatur tekanan darah, sedangkan globulin atau dikenal juga dengan imunoglobin berfungsi untuk membentuk benang-benang fibrin yang digunakan dalam pembekuan darah saat bagian tubuh terluka.

Apabila kita mengendapkan larutan protein yang terkandung dalam plasma darah dengan suatu alat pemutar yang disebut dengan sentrifuge, maka akan tertinggal suatu cairan yang berwarna kuning jernih yang dinamakan dengan serum.

Larutan kuning jernih inilah yang mengandung antibodi dan bertugas untuk suatu zat atau benda-benda asing hingga kuman-kuman yang masuk ke dalam tubuh kita.

Zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh disebut dengan antigen, sedangkan antibodi adalah yang bertugas untuk menggumpalkan suatu antigen yang dinamakan dengan presipitin, yang dapat menawarkan racun disebut antioksin, dan yang mampu menguraikan antigen disebut dengan lisin.

Baca juga: Sel Darah Putih (Leukosit) : Pengertian, Fungsi dan Ciri ciri

Fungsi Plasma Darah

Plasma darah memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita, berikut beberapa fungsi plasma darah secara umum;

  • Sebagai alat untuk mengangkut air dan juga menyebarkannya ke seluruh bagian tubuh.
  • Sebagai alat untuk mengangkut hasil oksidasi, agar dapat di keluarkan dari tubuh melalui alat ekskresi.
  • Sebagai alat untuk pengangkut suatu getah hormone dari kelenjar getah buntu tubuh.
  • Sebagai alat yang akan mengankut oksigen, kemudian disebarkan ke seluruh tubuh.
  • Untuk menjaga temperature atau suhu tubuh.
  • Untuk mengatur dan menjaga peredaran serta keseimbangan asam basa di dalam tubuh.
  • Sebagai alat untuk mengankut sari makanan.
  • Untuk menjaga dan mencegah terjadinya infeksi terhadap sel darah putih.

Kandungan Plasma Darah

Plasma darah memiliki beberapa unsur di dalamnya, berikut beberapa kandungan-kandungan yang terdapat pada plasma darah;

  • Mengandung mineral dan juga suatu zat-zat makanan seperti glukosa, gliserin, kolesterol, garam mineral, asam amino, asam lema, dan lain sebagainya.
  • Zat-zat yang diproduksi dari sel-sel tersebut antara lain antibodi, enzim, dan hormone.
  • Protein yang terdapat pada kandungan plasma darah tersebut antara lain albumin fibrinogen, protrombin, gammaglobulin, dan tromboplastin.
  • Terdapat asam urat dan urea.
  • Terdapat juga oksigen, karbon dioksida, hingga nitrogen.

Baca Artikel Lainnya : Gambar Jaringan Hewan Dan Fungsinya

Penutup

Plasma darah merupakan komponen penting dari darah yang memiliki fungsi vital dalam tubuh manusia. Selain membantu dalam transportasi nutrisi, hormon, dan zat-zat penting lainnya, plasma darah juga berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Plasma darah dapat digunakan dalam pengobatan untuk menyembuhkan penyakit autoimun, infeksi, dan kanker. Namun, untuk mendapatkan plasma darah yang berkualitas, dibutuhkan bantuan dari para donor darah. Oleh karena itu, mari kita terus edukasi diri dan lingkungan sekitar mengenai pentingnya donasi darah dan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk hidup lebih sehat dan bahagia.

Donor darah secara rutin juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita sendiri, seperti meningkatkan produksi sel darah merah dan menurunkan risiko penyakit jantung. Yuk, ayo menjadi seorang donor darah dan bersama-sama kita jaga kesehatan diri dan sesama.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang pengertian, fungsi, dan kandungan plasma darah. Semoga pembahasan diatas dapat menambah ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *