Dampak Buruk Mengucek Mata Saat Iritasi

Dampak Buruk Mengucek Mata Saat Iritasi

Balaibahasajateng, Dampak Buruk Mengucek Mata Saat Iritasi – Siapa yang paling hobi mengucek mata ketika sedang terasa gatal? Pasti banyak sekali Sobat yang suka mengucek mata secara sengaja maupun tidak sengaja. Sensasi yang diberikan memang rasanya luar biasa, semacam perih-perih sedap begitu. Namun ternyata di balik kesenangan tersebut, ada sesuatu yang dapat membahayakan kesehatan mata Sobat. Salah satunya bisa menyebabkan iritasi mata.

Di sisi lain, bicara tentang mata gatal atau iritasi, gangguan ini bisa terjadi kapan saja. Terlebih lagi rasa gatal yang disebabkan oleh iritasi cukup mengganggu. Namun, entah kenapa banyak orang yang suka menguceknya.

Baca juga: Sakit Mata: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Menurut dr. Vonna Riasari, Sp.M, spesialis mata di Siloam Hospitals Jambi, iritasi mata terjadi saat ada benda asing yang menempel pada mata. Reaksi untuk menolak benda asing tersebut adalah mata mengeluarkan air dan rasa mengganjal pada bola mata.

Biasanya hal ini terjadi saat berada di jalanan, terutama bagi para pengendara motor. Di mana debu dan partikel halus bertebaran oleh angin yang dihasilkan kendaraan. Kalau sedang sial, salah satu debu tersebut bisa mampir ke mata dan menyebabkan iritasi.

Supaya tidak terulang lagi, ketahui dampak buruk mengucek mata saat sedang iritasi.

Table of Contents

  1. Menekan Mata
  2. Semakin Memperburuk Penglihatan
  3. Glaukoma dan Kerusakan Saraf
  4. Keratoconus
  5. Pembengkakan Kornea
  6. Infeksi Mata
  7. Penipisan Kornea Mata
  8. Lingkaran Hitam
  9. Bintitan

Menekan Mata

Saat mengucek, tangan bisa memberikan tekanan yang berlebihan pada mata. Bahkan menurut penelitian Profesor Charles McMonnies dari UNSW School of Optometry and Vision Science, dalam jurnalnya yang berjudul Optometry and Vision Science, mengucek mata bisa memberikan efek tekanan 10 kali dari tingkatan normal.

Semakin Memperburuk Penglihatan

Tidak ada untungnya mengucek mata. Bukannya sembuh, malah memperburuk penglihatan dengan gangguan miopia. Gangguan ini terjadi karena mata kesulitan untuk memfokuskan cahaya yang masuk ke retina yang berfungsi untuk melihat. Bila mengucek mata sering dilakukan secara terus-menerus, tekanan yang dihasilkan tangan ke mata bisa semakin melemahkan retina.

Glaukoma dan Kerusakan Saraf

Glaukoma adalah gangguan penglihatan yang menyerang secara berangsur. Lama kelamaan, daya penglihatan pun berkurang hingga akhirnya berujung pada kebutaan. Salah satu penyebabnya adalah tekanan pada bola mata yang terlalu kuat, yang bisa terjadi saat Sobat sedang mengucek mata. Selain glaukoma, peningkatan tekanan pada mata yang terlalu sering bisa mengganggu aliran darah di belakang mata. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Lihat Juga: Penyebab Mata Sembab Usai Menangis

Keratoconus

Keratoconus terjadi ketika kornea mata melemah dan terdorong ke depan sehingga mengalami perubahan bentuk. Dengan bentuk yang mengerucut seperti bola rugby, tentu saja mata akan mengalami gangguan dan perubahan kemampuan melihat.

Pembengkakan Kornea

Bangun tidur mata terasa gatal? Jangan dikucek karena bisa menyebabkan pembengkakan kornea. Kadar oksigen yang rendah di pagi hari bisa menyebabkan mata kelebihan cairan. Selain itu, mengucek mata juga bisa mengakibatkan luka yang menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada kornea.

Infeksi Mata

Mata iritasi berarti sedang mengalami gangguan. Kondisi yang sudah sakit ini bisa diperparah oleh kucekan tangan ke mata. Bila diteruskan, terutama dengan menggunakan tangan yang masih belum dicuci bersih, maka bisa menimbulkan infeksi pada mata.

Penipisan Kornea Mata

Menggosok atau mengucek mata juga bisa menyebabkan penipisan kornea. Bila hal ini terus berulang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada penglihatan yang bisa bersifat permanen.

Lingkaran Hitam

Mengucek mata juga bisa mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata. Akibatnya, muncullah lingkaran hitam di sekitar mata dan membuat Sobat seperti orang yang kurang istirahat.

Bintitan

Meski tergolong gangguan ringan dan bisa disembuhkan, bintitan ini bikin sebal tujuh turunan karena sensasi rasa sakit dan jadi tidak percaya diri untuk menampakkan diri ke orang lain. Bintitan terjadi karena ada bakteri yang masuk ke mata dan menimbulkan alergi. Daripada memunculkan bintitan, lebih baik hindari mengucek mata saja.

Baca juga: Inovasi VIO Optical Clinic Untuk Penglihatan Yang Lebih Baik

Setelah membaca dampak-dampak buruk tersebut, masihkah ada yang tetap berminat dengan hobi mengucek mata? Sebelum terjadi hal-hal buruk sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *