Sakit Mata: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya

Sakit Mata: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Balaibahasajateng, Sakit Mata: Penyebab, Gejala dan Pengobatannya – Sakit mata itu berjuta rasanya, tapi nggak ada indah-indahnya. Mulai dari nyeri, gatal, sampai sakit kepala ada semua ketika indera penglihatan mengalami gangguan. Sebagai orang awam, Sobat mungkin hanya mengetahui satu hal saja ketika hal ini terjadi, yaitu rasa tidak nyaman yang timbul pada bola mata dan harus segera diberi obat tetes mata. Padahal pengertian sakit mata itu sangat luas dan untuk setiap gejalanya memerlukan pengobatan yang berbeda pula.

Namun pada umumnya, sakit mata yang diketahui oleh masyarakat adalah ketika mata berubah menjadi merah. Dalam bahasa medisnya, hal tersebut dinamakan konjungtivitis. Lebih lengkap, konjungtivitis adalah sakit mata yang disebabkan oleh peradangan atau infeksi pada selaput mata. Menurut dr. Florence Meilani Manurung, Sp.M, dari Jakarta Eye Center, gejala ini adalah sebuah peradangan pada konjungtiva, selaput bening yang menutupi permukaan mata yang berwarna putih dan area yang berada di bawah kelopak mata.

Table of Contents

  1. Konjungtivitis Viral
  2. Konjungtivitis Bakteri
  3. Konjungtivitis Alergi
  4. Konjungtivitis Iritasi

Ada empat macam konjungtivitis yang patut diketahui oleh Sobat :

Konjungtivitis Viral

Sakit mata ini disebabkan oleh virus dan sangat menular. Namun konjungtivitis viral ini tidak terlalu berbahaya karena akan sembuh sendiri dalam beberapa hari, tanpa harus kontrol medis secara ketat. Gejala dari konjungtivitis viral ini adalah air mata yang keluar berlebihan, serta terasa encer dan bening.

Konjungtivitis Bakteri

Sesuai namanya, penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri dan bila dibiarkan bisa merusak kesehatan mata untuk selamanya. Konjungtivitis Bakteri ini akan menghasilkan kotoran yang tebal dan berwarna kuning kehijauan. Biasanya orang Indonesia menyebutnya sebagai belekan. Penyakit ini mudah menular sehingga yang terkena penyakit ini harus sadar diri, menghindari dari kejaran publik selama beberapa hari sambil melakukan pengobatan pada dokter mata.

Baca juga: Penyebab Mata Sembab Usai Menangis

Konjungtivitis Alergi

Pernah merasakan mata tidak nyaman ketika berdekatan dengan sesuatu? Mungkin Sobat mengalami konjungtivitis alergi. Gangguan ini disebabkan oleh reaksi tubuh karena ada alergen di dekatnya, seperti serbuk sari, debu, atau bulu-bulu binatang. Beruntung, penyakit ini tidak menular namun bisa cukup mengganggu ketika gangguan mata disertai dengan bersin-bersin dan hidung meler.

Konjungtivitis Iritasi

Ini yang paling sering terjadi dengan Sobat, konjungtivitis iritasi, yang disebabkan oleh benda asing yang masuk ke mata. Misalnya terpaan debu, asap rokok maupun material-material yang tak terlihat lainnya. Karena orang-orang Indonesia sekarang sangat sibuk, iritasi mata pun harus segera diatasi secepatnya. Gunakan saja Original, tetes mata yang ampuh mengatasi iritasi mata secara cepat. Teteskan 1-2 tetes obat tetes mata ini pada bagian mata yang terkena iritasi saja. Terapkan sebanyak 2-3 kali sehari, Jika tidak ada perubahan kondisi hingga 3 hari, segera periksakan ke dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Baca juga: Belajar Gaya Hidup Vegan Untuk Mata Sehat

Tetes mata Original tidak hanya membantu memulihkan kondisi mata dari iritasi, tapi juga membasuh serta mengeluarkan kotoran yang mengganggu penglihatan. Bawa selalu tetes mata Original di tas atau saku baju karena konjungtivitis iritasi ini bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *