Pengertian dan Jenis Konflik

pengertian konflik
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Pengertian dan Jenis Konflik – Manusia adalah makhluk sosial, Yang salah satu sifat utama dari makhluk sosial tersebut adalah untuk berinteraksi dengan sesama maupun orang lain, namun dalam berinteraksi dengan orang lain atau individu lain tentunya tidak semua pendapat ataupun tingkah laku orang lain sama dengan apa yang kita harapkan, dan pada saat terjadi dua pendapat atau tindakan yang berbeda, maka muncullah yang dinamakan dengan konflik.

Pengertian Konflik

Pengertian konflik sendiri dalam kamus besar bahasa Indonesia, konflik dapat diartikan langsung menjadi bertentangan, atau berbeda pendapat, berselisih paham, atau bisa juga tidak sejalan.

Sedangkan menurut para ahli yang dikemukakan oleh Robbins, konflik adalah suatu proses dimana suatu pihak merasa dirugikan dan pihak tersebut telah memberikan efek negatif kepada pihak lainnya.

Sumber penyebab dari konflik ini sudah bisa kita ketahui, bahwa berasal dari perbedaan pandangan atau pendapat, bahkan bisa juga timbul dari adanya egoisme, diskriminasi, serta kebencian.

Baca Juga : Mobilitas Sosial : Pengertian, Bentuk, Faktor dan Saluran

Jenis-Jenis Konflik

  • Konflik Intrapersonal

Konflik interpersonal adalah konflik yang terjadi pada diri sendiri atau individu seseorang, konflik ini ditimbulkan dari adanya faktor-faktor pemikiran individu itu sendiri seperti sikap, emosi, serta kepentingan individu itu sendiri. pada umumnya konflik ini terjadi dari adanya dua keinginan atau lebih yang tidak bisa terpenuhi.

  • Konflik Interpersonal

Konflikinterpersonal adalah sebuah konflik di mana adanya pertentangan antara satu individu dengan individu lainnya, konflik ini biasanya dipengaruhi dari adanya perbedaan pemikiran diantara masing-masing individu tersebut. Perbedaan tersebut bisa dikarenakan perbedaan pendapat, tujuan, ataupun keinginan.

  • Konflik Intragroup

Konflik intragroup sendiri adalah konflik yang disebabkan oleh individu-individu dalam kelompok itu sendiri. sebab dari terjadinya konflik ini bisa dikarenakan dari adanya ketidakcocokan atau kesalahpahaman diantara kelompok-kelompok tersebut.

  • Konflik Intergroup

Konflikintergroup adalah konflik yang terjadi karena adanya persaingan atau perbedaan dari kelompok-kelompok tersebut. konflik ini dapat terjadi karena adanya perbedaan antara pekerja dan manajemen perusahaan atau pun antara unit kerja yang satu dengan yang lainnya.

  • Konflik Interorganisasi

Konflik interorganisasi adalah sebuah konflik yang terjadi di antara dua organisasi atau bisa juga lebih, organisasi yang dimaksud disini organisasi kampus, perusahaan, bahkan partai politik sekalipun.

Lihat Juga: Proses Interaksi Sosial Asosiatif

Itu saja untuk artikel kita kali ini semoga dapat membantu jangan lupa share, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *