Cara Mengobati Iritasi Mata Saat Beraktivitas di Luar Rumah

Cara Mengobati Iritasi Mata
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Cara Mengobati Iritasi Mata Saat Beraktivitas di Luar Rumah – Iritasi mata bisa bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Bisa di rumah sendiri, di kantor, di kamar mandi saat sedang mandi, hingga ketika beraktivitas di luar rmuah. Begitu pandangan terasa kurang nyaman dan terasa sakit, saat itulah iritasi mata terjadi.

Menurut dr. Vonna Riasari, Sp.M, spesialis mata yang berpraktek di Siloam Hospitals, Jambi, sakit mata akibat iritasi terjadi saat mata terpapar benda asing. Gejala yang timbul menyertai gangguan ini adalah mata berair, terkadang sedikit kental, dan disertai dengan rasa mengganjal pada mata. Makanya, lindungi mata dengan baik, terutama saat mengendarai motor. Partikel-partikel atau debu yang diterbngkan air bisa saja mampir ke bola mata.

Namun bila terjadi iritasi mata saat beraktivitas di luar rumah, berikut adalah tujuh cara mengobatinya.

Table of Contents

Cuci Mata

Bila iritasi mata disebabkan oleh kandungan klor pada air di kolam renang, segera lakukan upaya mencuci mata dengan air sebanyak-banyaknya. Setelah mata terasa lebih enteng, jangan ulangi untuk mencebur di kolam yang sama, atau gunakan kacamata renang untuk mencegah air kolam masuk kembali ke mata.

Larutan Garam

Dalam keadaan darurat, campuran air dan garam bisa menjadi obat tepat untuk meredakan iritasi mata. Gunakan larutan garam untuk membasuh mata.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Mata Hemat Biaya

Jangan Digosok

Sebisa mungkin, jauhkan keinginan untuk menggosok mata dengan menggunakan tangan. Ada beberapa alasan untuk hal ini. Pertama, tangan masih kotor sehingga bisa memindahkan serta menyebarkan bakteri dan kuman ke mata. Kedua, untuk kasus kelilipan, gosokan tangan bisa membuat serpihan debu tersebut melukai bagian terluar bola mata.

Berkedip

Kedipan membuat indera penglihatan memroduksi air mata. Supaya kotoran yang mampir ke dalam kelopak mata cepat keluar, coba untuk berkedip secara cepat. Air mata yang diproduksi akan membantu membasuh bagian dalam kelopak sekaligus melindungi dari dampak iritasi yang lebih parah.

Minta Bantuan Teman

Mintalah tolong kepada teman untuk melihat, apakah ada serpihan debu yang masuk ke dalam kelopak atau menempel di bola mata. Bila ada, pakai cotton bud atau tisu bersih untuk mengambilnya sesegera mungkin.

Pejamkan Mata

Coba pejamkan mata sejenak, seperti layaknya akan tidur. Coba lakukan serileks mungkin dan hiraukan rasa tidak nyaman pada penglihatan. Tahan posisi ini selama beberapa detik kemudian buka mata. Bagaimana hasilnya?

Demikianlah cara mengobati iritasi mata saat beraktivitas di luar rumah. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mata dengan priksa langsung ke VIO Optical clinik untuk penglihatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *