10 Manfaat Tempe Mentah Bagi Tubuh

10 Manfaat Tempe

Balaibahasajateng, 10 Manfaat Tempe Mentah Bagi Tubuh – Tempe adalah olahan asli Indonesia yang merupakan fermentasi dari kacang kedelai. Olahan tempe sangat terkenal di seluruh dunia karena terkenal akan kandungan nutrisinya setara dengan daging. Kandungan protein dan vitamin dalam tempe pun tak kalah banyak. Ini membuat tempe menjadi makanan ramah di kantong namun memberikan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh.

Tempe memiliki tekstur tawar ini tidak jarang dijadikan pengganti daging, terutama bagi mereka para vegetarian maupun yang tengah dalam program diet. Setidaknya, dalam 100 gram tempe mengandung 18 gram protein, niacin, riboflavin, tembaga, fosfor, kalsium, zat besi, potassium dan juga berbagai mineral serta vitamin lainnya.

Bagi masyarakat Indonesia, biasanya tempe diolah dengan cara digoreng. Meski kandungan gizi pada tempe akan berkurang saat proses memasak, namun gizi yang tersisa masih bisa dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tiap harinya. Ada sejumlah manfaat tempe untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui, seperti di bawah ini:

Table of Contents

  1. Menjaga Sistem Pencernaan
  2. Menurunkan Kadar Kolesterol
  3. Menguatkan Tulang dan Gigi
  4. Mengurangi Kram Otot
  5. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah
  6. Menurunkan Berat Badan
  7. Mengatasi Hipertensi
  8. Mengurangi Gejala PMS
  9. Membangun Jaringan Otot
  10. Mencegah Diabetes

Menjaga Sistem Pencernaan

Tempe adalah sumber makanan nabati fermentasi yang punya kandungan probiotik tinggi. Hal ini membuat tempe sangat baik untuk kesehatan usus karena dapat menjaga keseimbangan usus dan saluran pencernaan. Tak heran jika tempe merupakan solusi terbaik untuk diare sekaligus mampu membunuh bakteri berbahaya yang terdapat dalam usus.

Serat yang dikandung tempe ini sangatlah tinggi. Dalam seratnya terkandung isoflavin dan vitamin B3 tinggi. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menurunkan kadar kolesterol yang melebihi batas. Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi tempe secara rutin selama satu minggu akan berdampak baik untuk menurunkan kolesterol jahat dan secara signifikan dapat mengembalikan keseimbangan dan memperkecil resiko penyakit jantung.

Baca juga: 10 Manfaat Tahu untuk Menjaga Kesehatan

Menguatkan Tulang dan Gigi

Menurut penelitian dalam satu cangkir tempe, 16 persen jumlah kalsium harian telah terpenuhi sekaligus memberi asupan vitamin K yang cukup bagi tubuh kamu. Kombinasi keduanya berdampak baik bagi tubuh terutama untuk memperbaiki tulang yang rapuh, menjaga kesehatan tulang supaya tetap kuat sampai menjaga kesehatan gigi.

Mengurangi Kram Otot

Tempe juga mengandung kalium dan magnesium yang dapat mengurangi kram otot, lelah otot dan keteganan otot. Tak hanya itu, tempe pun akan memperbaiki sirkulasi serta membantu proses pemulihan otot lebih cepat, terutama usai berolahraga. Hal ini tentu saja dapat menyehatkan otot maupun saraf secara menyeluruh.

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Salah satu sumber zat besi terbaik adalah tempe sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Tempe pun dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam tubuh. Hanya dengan mengkonsumsi satu cangkir tempe, kamu sudah bisa memenuhi kebutuhan 25% kebutuhan harian zat besi. Hal ini membuat tempe menjadi makanan dengan sumber mineral sehat tertinggi di dunia.

Kandungan serat dan juga protein tinggi yang terdapat dalam tempe menjadi makanan yang cocok untuk menu diet kamu. Tempe dapat mengontrol pergerakan usus agar lebih teratur. Bisa juga membuang sisa limbah dan racun dalam tubuh. Ditambah, tempe juga mengandung deuretik alami, seperti misalnya manfaat magnesium dan juga potassium yang baik untuk menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh. Hasilnya, berat badan kamu akan turun cukup banyak.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Mengatasi Hipertensi

Tempe mengandung sodium dengan dosis rendah, di samping itu tempe juga mengandung zat besi dan magnesium cukup tinggi sehingga tempe sangat baik dalam mengurangi tekanan darah rendah dalam tubuh.

Mengurangi Gejala PMS

Isoflavin yang terkandung dalam tempe sangatlah kuat dan sudah terbukt secara efektif dapat mengurangi hot flashes, kembung, kram dan juga masuk angin yang merupakan gabungan dari gejala pra menstruasi. Seperti yang sudah diketahui, dosis magnesium dalam tempe sangatlah tinggi, ini membuat otot lebih rileks sekaligus dapat memperbaiki sirkulasi darah dan mencegah kram maupun nyeri menstruasi.

Membangun Jaringan Otot

Setidaknya dalam 1 cangkir tempe mengandung 31 gram protein nabati murni yang sering kali menjadi suplemen terbaik untuk memperbaiki dan juga membangun jaringan otot, tapi tidak mengandung kolesterol sama sekali. Hal ini membuat tempe sangat baik dikonsumsi sebagai pengganti daging guna mengembangkan jaringan otot pecinta olahraga.

Mencegah Diabetes

Mangan merupakan jenis mineral yang penting guna mengurangi risiko terkena diabetes sekaligus untuk menjaga kesehatan orang yang telah terkena diabetes. Tempe sangat baik dalam meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan proses penyerapan nutrisi, tapi tetap mampu membatasi asupan karbohidrat dan gula sehingga tidak akan terserap berlebihan ke dalam darah.

Baca juga: 7 Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Manfaat tempe sudah terbukti sangat banyak sehingga bisa menjadi lauk terbaik untuk pendamping makanan pokok. Tetapi, supaya nutrisi dalam tempe tetap utuh, sebaiknya kamu mengolah tempe dengan cara dikukus maupun dipanggang. Namun bila kamu ingin mengkonsumsinya secara mentah, maka perlu direndam di dalam air beberapa saat, kemudian baru dimakan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *