Contoh kata Pengantar: Makalah, Skripsi, Laporan, Proposal, Tugas Akhir, PKL, Buku Ada Disini

contoh kata pengantar makalah
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Contoh kata Pengantar: Makalah, Skripsi, Laporan, Proposal, Tugas Akhir, PKL, Buku Ada Disini – Dalam dunia literasi, pendidikan, bisnis, bahkan organisasi berbagai tingkat masyarakat, keberadaan sebuah laporan, proposal, makalah, dan tugas dalam bentuk karya tulis atau ilmiah merupakan hal yang sangat penting.

Manfaatnya adalah sebagai bahan pengenalan, evaluasi, bahkan bisa untuk media promosi.

Suatu makalah, entah itu proposal atau laporan suatu kegiatan tertentu memiliki berbagai susunan di dalamnya yang harus sesuai dengan kaidah kepenulisan yang benar.

Seperti cover, kata pengantar, isi, pembahasan, dan sampai penutup.

Untuk membuat kata pengantar yang baik dalam makalah bentuk apapun, Anda perlu melihat contoh kata pengantar yang baik dan benar.

Hal tersebut bertujuan untuk mendukung isi makalah lebih baik dan layak dibaca serta dipertimbangkan oleh pihak-pihak yang berwenang.

Table of Contents

  1. Struktur Kata Pengantar
  2. Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar
    1. Contoh Kata Pengantar Makalah
    2. Contoh Kata Pengantar Laporan
    3. Contoh Kata Pengantar Skripsi
    4. Contoh Kata Pengantar Proposal
    5. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah
    6. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL
    7. Contoh Kata Pengantar Singkat
    8. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian
    9. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha
    10. Contoh Kata Pengantar Buku
    11. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum
    12. Contoh Kata Pengantar Makalah Agama
    13. Contoh Kata Pengantar Makalah PKN
    14. Contoh Kata Pengantar Tugas Akhir
    15. Contoh Kata Pengantar Laporan Magang
    16. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan
  3. Cara Membuat Kata Pengantar

Struktur Kata Pengantar

Berikut ini adalah struktur kata pengantar yang baik dan benar:

1. Bagian Pembuka

Bagian ini berisi ucapan syukur kepada Tuhan atau Allah, dan dilanjutkan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang diurutkan sesuai pihak paling tinggi jabatannya ke yang paling rendah.

2. Bagian Isi

Memaparkan secara singkat tentang isi makalah atau apa yang perlu disampaikan, bisa digabung juga dalam ucapan terima kasih pada pihak-pihak tertentu.

3. Bagian Penutup

Permohonan maaf jika ada kekurangan dalam proses pembuatan makalah atau dalam kegiatan yang dilaporkan, diikuti tempat penyusunan dan tanggal, bulan serta tahun pembuatan makalah.

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar Makalah

Berikut adalah contoh kata pengantar makalah bahasa indonesia dan bimbingan konseling.

1. Makalah Tugas Kuliah Berkelompok

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, tim penulis dapat menyelesaikan Makalah berjudul “Pengaruh Gadget dan Televisi pada Kecerdasan Motorik Balita di Wilayah Kabupaten Sukoharjo” dengan dengan lancar. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat lulus mata kuliah Bimbingan Konseling Pra Sekolah. Tim penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan makalah ini:

  1. Bapak Arip Budhi Hermawan, S.Pd., M.Hum., selaku dosen pengampu mata kuliah Bimbingan Konseling Pra Sekolah.
  2. Rekan-rekan satu tim penyusunan makalah di Kelompok 5.
  3. Semua rekan sekelas Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Sebelas Maret, dan pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Tim penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu tim penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Surakarta,  Juni  2023

Tim Penulis

Baca juga: Contoh Penutup Makalah beserta latar belakang dan Saran

2. Tugas Makalah Kuliah Individu

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan Makalah berjudul “Filosofi Kopi” dengan dengan lancar. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat lulus mata kuliah Pengantar Pendidikan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan makalah ini:

  1. Ibu Arum Wulandari, M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah Pengantar Pendidikan.
  2. Semua rekan sekelas Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sebelas Maret, dan pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Surakarta,  Mei  2023

Faqih Ilham Robbani

Contoh Kata Pengantar Laporan

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan pertanggungjawaban dan laporan program kerja.

1. Laporan Pertanggungjawaban

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban Departemen Sumber Daya Manusia Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya dengan dengan lancar. Laporan Pertanggungjawaban ini disusun untuk memenuhi salah satu kewajiban tiap departemen dalam Eksekutif Mahasiswa di akhir masa kepengurusan. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan laporan ini, yaitu:

  1. Arief Budi Laksono, selaku Presiden Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya.
  2. Fadrian Kwartady, selaku Sekretaris Jenderal Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya.
  3. Semua staf Departemen Sumber Daya Manusia, rekan-rekan Pengurus Harian Eksekutif Mahasiswa Universitas Brawijaya, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan laporan ini. Semoga Laporan Pertanggungjawaban ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Juli  2023

Penulis

2. Laporan Program Kerja

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan Laporan Program Kerja Departemen Kaderisasi Unit Aktivitas Kerohanian Islam (UAKI) Universitas Brawijaya dengan dengan lancar. Laporan Program Kerja ini disusun untuk memenuhi salah satu kewajiban tiap departemen dalam UAKI di awal masa kepengurusan, untuk memperkenalkan beberapa program kerjanya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan laporan ini:

  1. Borhan Wisnu M., selaku Ketua Umum UAKI Universitas Brawijaya.
  2. Fitri Novita Sari, selaku Sekretaris Umum UAKI Universitas Brawijaya.
  3. Semua staf Departemen Kaderisasi, rekan-rekan Pengurus Harian UAKI Universitas Brawijaya, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan laporan ini demi terlaksananya program kerja yang baik dan bermanfaat ke depannya. Semoga Laporan Program Kerja ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Juni 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk skripsi.

1. Skripsi 1

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada kehadirat Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul Pengaruh Pemberian Jus Brokoli Pada Tikus Putih Strain Wistar Diabetes Mellitus 2. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknologi Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan:

  1. Widya Dwi Rukmi Putri, S.TP., M.P., selaku Kepala Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dan Pembimbing Skripsi yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan skripsi dari awal hingga akhir.
  2. Yulian W. Utami, S.Kep., M.Kep., Ns. Setyoadi, S.Kep., M.Kep., dan Ns. Laily Y, S.Kep., M.Kep., selaku Pembimbing Proyek Penelitian Skripsi atas bimbingan dan masukannya.
  3. Ir. Tri Dewanti, M.Kes., dan Fithri Choirun Nisa, S.TP., M.P., selaku dosen penguji skripsi atas masukan serta saran perbaikannya.
  4. Ibu Ferida dan Pak Memed selaku pengelola Laboratorium Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya atas bantuannya selama penulis menjalani penelitian skripsi.
  5. Semua staf dan tenaga kependidikan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, rekan-rekan satu angkatan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan 2008, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Skripsi ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar skripsi ini dapat selesai dengan maksimal. Semoga Skripsi ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  April  2023

Penulis

Baca juga: Judul Skripsi Pemasaran yang Bisa Dijadikan Referensi

2. Skripsi 2

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada kehadirat Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan Skripsi dengan judul Pengaruh Pemberian Jus Brokoli Blanching pada Tikus Putih (Rattus norvegicus) Strain Wistar Model Diabetes Mellitus 2. Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknologi Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan, yaitu:

  1. Ir. Elok Zubaidah, M.P., selaku Ketua Jurusan Teknologi Hasil Pertanian dan Dosen Pembimbing Akademik atas bimbingannya kepada penulis selama menempuh pendidikan S1 Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Brawijaya.
  2. Widya Dwi Rukmi Putri, S.TP., M.P., selaku Kepala Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dan Pembimbing Skripsi yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan skripsi dari awal hingga akhir.
  3. Ir. Tri Dewanti, M.Kes., dan Fithri Choirun Nisa, S.TP., M.P., selaku dosen penguji skripsi atas masukan serta saran perbaikannya.
  4. Kedua orangtua dan kakak penulis atas segala dukungannya baik materi maupun non materi.
  5. Semua staf dan tenaga kependidikan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, rekan-rekan satu angkatan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan 2008, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Skripsi ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar skripsi ini dapat selesai dengan maksimal. Semoga Skripsi ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang, April  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk proposal tesis dan proposal skripsi.

1. Proposal Tesis

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan proposal Tesis dengan judul Hubungan Durasi Tidur, dan Asupan Protein pada Ibu Hamil Anemia dengan Berat Badan Lahir Bayi. Proposal Tesis ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Magister Ilmu Gizi pada Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan:

  1. Dr. Ravik Karsidi, MS, selaku Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta
  2. Dr.M.Furqon Hidayatullah, M.Pd, selaku Direktur Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
  3. Dra. Diffah Hanim, M.Si, selaku Kepala Program Studi Ilmu Gizi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta
  4. Eti Poncorini Pamungkasari, dr.,M.Pd, selaku Pembimbing Utama yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan serta dorongan kepada penulis
  5. Suminah, M.Si, selaku Pembimbing Pendamping, yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan serta dorongan kepada penulis
  6. Dono Indarto, dr., M.Biotech.St., Ph.D., AIFM, selaku Penguji Proposal Tesis, yang telah memberikan masukan serta saran untuk perbaikan proposal tesis penulis

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Proposal Tesis ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar tesis ini dapat selesai dengan maksimal. Semoga Proposal Tesis ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Surakarta,  Desember  2022

Penulis

2. Proposal Skripsi

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada kehadirat Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan proposal Skripsi dengan judul Pengaruh Pemberian Jus Brokoli Pada Tikus Putih Strain Wistar Diabetes Mellitus 2. Proposal Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Sarjana Teknologi Pertanian pada Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan:

  1. Widya Dwi Rukmi Putri, S.TP., M.P., selaku Kepala Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya dan Pembimbing Skripsi yang telah membimbing dan mengarahkan penulis dalam penyusunan skripsi.
  2. Yulian W. Utami, S.Kep., M.Kep., Ns. Setyoadi, S.Kep., M.Kep., dan Ns. Laily Y, S.Kep., M.Kep., selaku Pembimbing Proyek Penelitian Skripsi atas bimbingan dan masukannya.
  3. Semua staf dan tenaga kependidikan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya, rekan-rekan satu angkatan Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan 2008, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Proposal Skripsi ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar skripsi ini dapat selesai dengan maksimal. Semoga Proposal Skripsi ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Mei  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Berikut ini adalah contoh kata pengantar karya tulis ilmiah.

KATA PENGANTAR

Puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena karunia dan hidayah-Nya, kami dapat menyelesaikan karya tulis ini tepat pada waktunya. Karya tulis ini disusun sebagai langkah awal dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tahun 2009.

Tulisan ini membahas penanganan limbah kulit markisa yang terabaikan dan menimbulkan pencemaran lingkungan. Limbah kulit markisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan bioetanol yang merupakan bahan bakar alternatif ramah lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya kajian lebih mendalam yang dituangkan dalam sebuah karya tulis ilmiah berjudul “Penyelamatan Lingkungan Industri dengan Pemanfaatan Limbah Kulit Markisa untuk Bioetanol sebagai Bahan Bakar Ramah Lingkungan”.

Selama penulisan karya tulis ini berlangsung, tidak lepas dari bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini kami ucapan terimakasih, kepada:

  1. Ir. Imam Santoso, MP. selaku Pembantu Dekan III Fakultas Teknologi Pertanian,
  2. Nur Hidayat, MP. selaku Dosen Pendamping yang telah menyediakan waktu untuk kelompok kami.
  3. Semua pihak atas dukungan, bantuan, serta kerja samanya hingga terselesaikannya karya tulis ini.

Demi kesempurnaan dalam penulisan karya tulis ini, kami mengharap kritik dan saran yang bersifat membangun. Serta kami berharap pula, karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Malang, 23 Desember 2022

Tim Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan Praktik Kerja Lapang (PKL).

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa Allah SWT, karena atas rahmat-Nya kami dapat melaksanakan kegiatan praktikum serta dapat menyelesaikan laporannya tepat waktu. Laporan praktek kerja lapangan ini disusun berdasakan apa yang telah kami lakukan di Puskesmas Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak, oleh sebab itu kami ingin mengungkapkan rasa terima kasih kepada :

  1. Ibu Diffah Hanim, Dra., Msi selaku Kepala Program Studi Ilmu Gizi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
  2. Ibu Hj. Iin Delfi Indraswati,M.Kes selaku Kepala Puskesmas Juwiring sudah mengijinkan kami untuk melaksanakan kegiatan Praktikum di Puskesmas Juwiring dan juga telah banyak memberikan arahan dan masukan kepada kami dalam melaksanakan kegiatan praktikum juga penyelesaian laporan ini.
  3. Ibu Sri Sugiyanti, SKM selaku Kepala Bagian Gizi di Puskesmas Juwiring yang sudah banyak memberikan bimbingan dan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga kegiatan praktikum kami dapat terlaksana dengan baik dan lancar.
  4. Tak lupa kami juga ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak terkait lainnya yang sudah membantu baik itu untuk pelaksanaan kegiatan praktikum maupun dalam penyelesaian laporan.

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan ini, apabila nantinya terdapat kekeliruan dalam penulisan laporan kerja praktek lapangan ini,maka kami sangat mengharapkan kritik dan sarannya. Akhir kata semoga laporan kerja praktek lapangan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kita semua.

Surakarta, 25 November 2022

Tim Penyusun

Contoh Kata Pengantar Singkat

Berikut adalah contoh kata pengantar yang singkat untuk mengikuti suatu lomba.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan naskah berjudul Cinta dan Duka di Batas Kota Hujan. Naskah ini disusun untuk diajukan dalam Lomba Menulis Cerpen Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan naskah ini.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan naskah ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga naskah ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Maret  2023

Nazhira Atqiya Rassyadani

Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk proposal izin melakukan penelitian.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Proposal Penelitian Bioteknologi Pangan dengan lancar. Proposal penelitian ini disusun untuk mengajukan penelitian bioteknologi pangan di Laboratorium Bioteknologi Universitas Brawijaya. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan proposal ini.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal penelitian ini, sehingga penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan ke depannya. Semoga proposal ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Mei  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk proposal pengajuan dana hibah usaha.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Proposal Usaha Mikro Toko Soffie ini dengan lancar. Proposal usaha ini disusun untuk mengajukan pendanaan hibah usaha mikro pada Dinas Koperasi Kabupaten Ngawi. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan proposal ini.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan proposal usaha ini, sehingga penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan ke depannya. Semoga proposal usaha ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Ngawi,  Mei  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Buku

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk buku.

KATA PENGANTAR

           Puji syukur tak lupa kami panjatkan kepada Sang Maha Cinta, Allah SWT, yang dengan segala cintaNya telah memberikan kami kemudahan untuk menyelesaikan tulisan tentang pengalaman dan perjalanan hidup yang berharga bagi kami. Kami sadar bahwa hidup kami tak pernah lepas dari campur tangan Allah yang selalu ada untuk mengawasi dan melihat apa yang kami lakukan selama hidup yang telah Dia anugerahkan kepada kami ini. Apakah kami gunakan umur kami untuk kebaikan ataukah sebaliknya.

            Kami hanyalah 5 muslimah yang berada dalam usia dewasa dan bukan lagi anak-anak. Kami sadar bahwa kami yang adalah seorang Istri sekaligus Ibu ini memiliki waktu yang tak lagi sebanyak dulu saat kami masih lajang untuk menyempatkan diri menulis. Namun kami bersama, membulatkan tekad, dengan tujuan untuk bisa membagi inspirasi perjalanan berharga dalam hidup kami kepada para pembaca agar bermanfaat dan mampu diambil hikmah terbaiknya. Tujuan utama itulah yang membuat kami semangat dan akhirnya buku ini mampu dicetak juga dan berada di tangan pembaca.

            Kami ber-5, Ida Alkhonsa, Kalila Tan, Sofi Sugito, Iiz Arbet, Annisa, dan Intan, memohon maaf apabila dalam tulisan kami ada kurangnya, semoga pembaca puas dan bisa mengambil inspirasi terbaik darinya.

Agustus 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan praktikum mahasiswa.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktikum Farmakologi di Laboratorium Farmakologi Universitas Brawijaya. Laporan praktikum ini disusun untuk memenuhi syarat lulus Mata Kuliah Farmakologi 1. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan laporan  ini:

  1. Ibu Hidayah Sunar P., S.Farm., Apt., selaku dosen pengampu mata kuliah Farmakologi.
  2. Ibu Ferida selaku Laboran Laboratotium Farmakologi Universitas Brawijaya.
  3. Rekan-rekan satu Kelompok 5 dan seluruh rekan satu angkatan Jurusan Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan praktikum ini, sehingga penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga laporan ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Malang,  Mei  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk tugas makalah agama SMA.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Allah SWT, penulis dapat menyelesaikan Makalah Agama berjudul “Kisah Perang Uhud”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat lulus Mata Pelajaran Agama Islam Kelas XI. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan makalah ini:

  1. Bapak Ahmad Basroni, S.Pd.I., selaku Guru Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Ponorogo.
  2. Semua rekan sekelas di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Ponorogo.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah agama ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Ponorogo,  Juni  2023

Penulis

Baca juga: Contoh Kata dan Kalimat Stilistika Lengkap

Contoh Kata Pengantar Makalah PKN

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk tugas makalah PKN SMA.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Makalah PKN berjudul “Toleransi Antar Umat Beragama di Indonesia”. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran PKN Kelas X. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan makalah ini:

  1. Bapak Suwandi, S.Pd., M.Pd., selaku Guru PKN Kelas X SMAN 1 Ngawi.
  2. Semua rekan sekelas di Kelas X SMAN 1 Ngawi.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan makalah PKN ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Ngawi,  Juni  2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Tugas Akhir

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk tugas akhir berupa tesis.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Tesis dengan judul Hubungan Durasi Tidur, dan Asupan Protein pada Ibu Hamil Anemia dengan Kejadian Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR). Tesis ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Magister Ilmu Gizi pada Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan bimbingan:

  1. Dra. Diffah Hanim, M.Si, selaku Kepala Program Studi Ilmu Gizi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Eti Poncorini Pamungkasari, dr.,M.Pd.., dan Dr. Suminah, M.Si., selaku Pembimbing Tesis yang telah memberikan bimbingan dan banyak masukan serta dorongan kepada penulis.
  3. Dono Indarto, dr., M.Biotech.St., Ph.D., , selaku Penguji Tesis, yang telah memberikan masukan serta saran untuk perbaikan proposal tesis penulis.
  4. Arsam Marsani, SE., selaku Kepala TU Puskesmas Mojolaban atas izinnya kepada penulis untuk melakukan penelitian di wilayah Puskesmas Mojolaban.
  5. Agus Kristiyanto, selaku Kepala Puskesmas Grogol atas izinnya kepada penulis untuk melakukan penelitian di wilayah Puskesmas Grogol.
  6. Puji Hastuti, selaku Kepala Puskesmas Baki atas izinnya kepada penulis untuk melakukan penelitian di wilayah Puskesmas Baki.
  7. Semua staf dan tenaga kependidikan Program Studi Ilmu Gizi Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta, rekan-rekan satu angkatan Program Studi Ilmu Gizi 2016, serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan namanya satu persatu.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan Tesis ini, untuk itu penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan agar tesis ini dapat selesai dengan maksimal. Semoga Proposal Tesis ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Surakarta,  Januari 2023

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan magang.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan Magang di Puskesmas Masaran 1 Sragen sebagai syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktik Gizi Masyarakat.

Laporan Magang ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, untuk itu penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd. selaku direktur Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta;
  2. Diffah Hanim, Dra., MSi, selaku Ketua Prodi Ilmu Gizi Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah memberikan izin untuk melaksanakan Magang di Puskesmas Kota Sragen;
  3. Eko Windu Nugroho, M.Kes selaku pembimbing lapangan dan kepala Puskesmas Masaran 1 Sragen;
  4. Ibu Siswi Handayani, AMG selaku Ahli Gizi Puskesmas Kota Sragen yang telah banyak membantu dan memberi masukan dalam pelaksanaan Magang di wilayah kerja Puskesmas Masaran 1 Sragen;
  5. Semua pihak yang telah memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung hingga terselesaikan penulisan laporan ini.

Kami menyadari bahwa penyusunan Laporan Magang ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan dan perbaikan selanjutnya.

Surakarta, Oktober 2022

Penulis

Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan

Berikut adalah contoh kata pengantar untuk laporan kegiatan masyarakat.

KATA PENGANTAR

Puji syukur pada Tuhan YME, penulis dapat menyelesaikan Laporan Kegiatan HUT RI ke-73 di Desa Grudo Kabupaten Ngawi. Laporan Kegiatan ini disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban kegiatan yang telah terlaksana dan pelaporan keuangan yang telah dikeluarkan selama persiapan dan berlangsungnya kegiatan sampai. Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan saran atas penyusunan laporan ini:

  1. Bapak Triono, S.T., selaku Kepala Desa Grudo Kabupaten Ngawi.
  2. Bapak-Bapak Ketua RW dan RT di Wilayah Desa Grudo Kabupaten Ngawi.
  3. Warga Desa Grudo Kabupaten Ngawi.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyusunan laporan kegiatan ini, sehingga penulis mengharapkan saran dan masukan untuk perbaikan ke depannya. Semoga laporan kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagi penulis maupun para pembaca.

Ngawi,  September  2022

Penulis

Baca juga: Contoh Kata dan Kalimat Homonim

Cara Membuat Kata Pengantar

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kata pengantar yang baik dan benar:

1. Awali Dengan Ucapan Syukur

Indonesia adalah negara beragama, maka untuk mengawali kata pengantar, Anda sebaiknya mengucapkan syukur terlebih dahulu kepada Tuhan.

2. Menuliskan Gambaran Isi Makalah

Setelah mengucap syukur, pada baris berikutnya Anda perlu menuliskan gambaran isi makalah yang Anda buat.

Anda bisa menambahkan judul untuk makalah berupa tugas yang memiliki judul, tugas akhir, atau laporan dan proposal yang memiliki judul tertentu.

Hal tersebut bisa memberikan informasi yang lebih spesifik untuk pembaca.

3. Sampaikan Terima Kasih Kepada Pihak-pihak Yang Telah Membantu

Anda bisa menuliskan langsung “Terima kasih penulis ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu” jika Anda tak bisa menuliskannya satu per satu dalam kata pengantar, karena bisa membuat kata pengantar terlalu panjang.

Namun jika kata pengantar memerlukan ucapan terima kasih kepada pihak tertentu dengan jabatan yang penting, Anda bisa menuliskannya satu per satu dalam kata pengantar.

4. Tutup Dengan Permohonan Maaf dan Harapan

Sebelum menutup kata pengantar, Anda perlu menuliskan permintaan maaf atas kekurangan isi makalah Anda.

Dilanjutkan dengan permohonan supaya isi makalah dapat memberikan manfaat baik bagi penulis maupun pembaca, bahkan bisa juga beberapa pihak yang berkaitan dengan isi makalah Anda.

5. Tulis Tempat dan Tanggal, Serta Nama Penulis di Bagian Paling Bawah

Tempat dan tanggal dimana makalah dibuat sangat penting juga ditulis di akhir kata pengantar.

Jangan lupa untuk menuliskan nama penulis, atau bisa saja dengan hanya kata “Penulis” atau “Tim Penulis” jika makalah dibuat berkelompok.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *