Tanaman Andong: Persebaran, Kandungan, dan Manfaat

tanaman andong
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Tanaman Andong: Persebaran, Kandungan, dan ManfaatAndong atau hanjuang (Cordyline fruticosa) adalah tanaman berbunga hijau di keluarga Asparagus, Asparagaceae, yang dikenal dengan berbagai nama umum, termasuk palem kubis, tanaman keberuntungan, kelapa lily, tanaman Hawai, Pore Ti (Maori ).

Table of Contents

  1. Tempat Hidup Tanaman Andong
  2. Kandungan Tanaman Andong
  3. Manfaat Andong

Tempat Hidup Tanaman Andong

Sebelumnya dirawat di keluarga Agavaceae dan Laxmanniaceae (sekarang kedua subfamilies dari Asparagaceae dalam sistem APG III), itu adalah tanaman berkayu yang tumbuh hingga 4 m (13 kaki) tinggi, dengan daun 30–60 cm (12-24 inci) (jarang 75 cm atau 30 inci) panjang dan 5–10 sentimeter (2,0–3,9 inci) lebar di bagian atas batang berkayu. Ini menghasilkan 40-60-centimeter (16-24 inci) malai panjang beraroma bunga kekuning-kuningan kecil hingga merah yang matang menjadi buah beri merah.

Ini adalah asli ke Asia tenggara tropis, Papua New Guinea, Melanesia, Australia timur laut, Samudra Hindia, dan bagian dari Polinesia. Ini bukan asli ke Hawaii atau Selandia Baru tetapi diperkenalkan ke keduanya oleh pemukim Polinesia.

Spesies ini menyebar dari daerah asalnya di seluruh Polinesia sebagai tanaman budidaya. Rimpang starch, yang sangat manis ketika tanaman dewasa, dimakan sebagai makanan atau sebagai obat, dan daunnya digunakan untuk melapisi atap rumah, dan untuk membungkus dan menyimpan makanan. Tanaman atau akarnya disebut dalam sebagian besar bahasa Polinesia sebagai tī. Māori memberi peringkat manisnya tanaman di atas spesies Cordyline yang asli ke Selandia Baru.

Baca juga: Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Mangga

Kandungan Tanaman Andong

Tanaman andong mengandung saponin, tanin, flavonoid, polifenol, steroida, polisakarida, kalsium oksalat, dan zat besi. Rasa tanaman andong manis, tawar dan bersifat sejuk. Tanaman andong berkhasiat sebagai penyejuk darah, menghentikan pendarahan (hemostatis), dan menghancurkan darah beku pada memar.

Tumbuhan andong diketahui memiliki manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai jenis gangguan kesehatan. Kandungan kimia dari tumbuhan ini belum banyak diketahui.

Manfaat Andong

Tumbuhan ini telah banyak digunakan dan terbukti mampu mengatasi berbagai penyakit, antara lain menghentikan pendarahan, menyejukkan darah dan mengatasi bengkak karena memar (antiswelling).

Manfaat lainnya dari tumbuhan ini adalah untuk mengatasi kencing berdarah, mencegah keguguran, wasir berdarah, nyeri lambung, nyeri ulu hati, tuberkolosis (TBC), mengatasi terlambat haid.

Dari sekian banyaknya tanaman di Indonesia, ternyata memiliki khasiat dan manfaat yang berbeda-beda. Indonesia merupakan negara yang paling banyak dihuni oleh flora dan fauna yang berkembang dan menyebar ke seluruh bagian pulau di Indonesia.

Selain itu, daunnya juga digunakan untuk membuat barang-barang pakaian termasuk rok yang dipakai dalam pertunjukan tari. Rok hula Hawaii adalah rok padat dengan lapisan buram setidaknya 50 daun hijau dan bagian bawah (bagian atas daun) dicukur rata. Gaun tari Tonga, sisi, adalah celemek sekitar 20 daun, dipakai di atas tupenu, dan dihiasi dengan beberapa daun kuning atau merah (lihat gambar di Māʻulu ʻulu).

Baca juga : Tari Jaipong: Sejarah, Asal, Gerakan, Iringan dan Kostum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *