Tari Kupu Kupu: Sejarah, Asal, Properti, Gerakan dan Makna

tari kupu kupu berasal dari
Tari Kupu Kupu / IMG: tradisiunggul.pmb.brin.go.id

Balaibahasajateng.web.id, Tari Kupu Kupu: Sejarah, Asal, properti, Gerakan dan Makna – Pulau Bali yang lebih sering kita kenal pulau dewata ini adalah pulau yang paling banyak diminati, baik dari wisatawan lokal ataupun dari mancanegara. Selain terkenal dengan berbagai keindahan pantainya, ternyata juga terkenal dengan berbagai keseniannya dalam bidang tari-tarian.

Salah satunya yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini ya sobat, yaitu tari kupu kupu yang berasal dari Bali. Tarian ini termasuk jenis tari kreasi baru yang dihasilkan oleh seniman Bali yang bernama I Wayan Beratha sekitar tahun 1960.

Pada kesempatan ini akan saya berikan sedikit informasi tentang tarian ini, mulai dari pengertian, sejarah, makna atau filosofi, gerakan, iringan, properti dan setting panggung. Langsung saja yuk sobat kita masuk ke pembahasan utama.

Table of Contents

  1. Pengertian Tari Kupu Kupu
  2. Makna Dan Filosofi Tari Kupu Kupu
  3. Gerakan Tari Kupu Kupu
  4. Iringan Tari Kupu Kupu
  5. Properti Tari Kupu Kupu
  6. Tata Rias Dan Pakaian Tari Kupu Kupu
  7. Setting Panggung Tari Kupu Kupu
  8. Penutup

Pengertian Tari Kupu Kupu

Tari kupu kupu adalah tarian tradisional jenis kreasi baru yang lebih banyak digunakan untuk hiburan. Biasanya tarian akan dibawakan oleh lima atau lebih para penari wanita.

Tidak jauh dari namanya, tarian ini terinspirasi dari dari kupu-kupu yang berwarna tua atau tarum yang sedang terbang dan hinggap dari satu bunga ke bunga lain. Gerakan tarian ini juga sangat gemulai dengan komposisi gerak yang dinamis dan menawan, menjadikan tarian ini sedikit berbeda dengan nuansa tari Bali lainnya.

Tarian kupu-kupu ini termasuk jenis tarian yang cukup mudah untuk dipelajari disetiap gerakannya. Jadi tidak heran jika banyak anak kecil tingkat sekolah dasar yang sudah banyak menguasai gerakan tarian ini, serta menjadi bentuk pengenalan budaya.

Makna Dan Filosofi Tari Kupu Kupu

Tari kupu kupu ini menurut penciptanya, yaitu I Wayan Beratha memiliki filosofi berupa tarian yang menggambarkan eksotisme, kedamaian, dan juga keindahan yang ada di pulau Bali. Gerakan tarian kupu-kupu ini jika sobat lihat, maka sekilas akan nampak seperti kupu-kupu yang sedang terbang, sesuai dengan nama yang digunakan.

Pakaian yang digunakan oleh para penari terlihat warna-warni sehingga akan menambah kesan yang harmonis.

Baca Juga: Properti Tari Zapin

Gerakan Tari Kupu Kupu

Gerakan yang ada didalam tarian kupu-kupu lebih di dominasi dengan geraknya semua bagian tubuh. Akan tetapi, bagian tubuh yang sering bergerak adalah bagian kaki dan tangan yang terus mengikuti irama iringan musik.

Gerakan yang paling menarik dalam tarian ini adalah ketika sang penari mulai menggerakkan selendang naik turun seperti gerakan kupu-kupu. Warna-warni selendang yang digunakan akan menciptakan suasana yang cerah dan meriah. Ditambah lagi jika semua gerakan para penari terlihat kompak, maka akan menambah kesan keelokan dari tarian kupu-kupu tersebut.

Berikut istilah gerakan yang terdapat di dalam tarian kupu-kupu:

  • Ngagem.
  • Ngegol.
  • Nyledet.
  • Nyeliyer.
  • Ngeseh.
  • Ngaed.
  • Ileg-ileg
  • Cegut.

Iringan Tari Kupu Kupu

Tari kupu kupu ini biasanya akan diiringi dengan alat musik gamelan Bali. Jika dilihat, gerakan tarian kupu-kupu ini dapat membuat sejuk hati, sebab suara dari gamelan orkestra yang sangat padu padan dengan gerakan yang sesuai irama.

Alat musik tersebut akan dimainkan oleh kelompok orang, dimana alat tersebut menjadi pengiring dalam gerakan tarian. Untuk jumlah dari para pengiring musik tergantung dari jumlah alat musiknya.

Irama yang dikeluarkan alat musik tersebut akan dipadukan dengan suara penyanyi atau sinden, sehingga membuat musik tersebut lebih hidup.

Baca Juga: Tari Payung Berasal dari

Properti Tari Kupu Kupu

Properti tari kupu kupu

Bagian yang paling penting dalam tarian adalah adanya properti, begitu juga pada jenis tarian ini. Properti yang digunakan dalam tarian ini berupa selendang yang diikat di bagian pinggang para penari, sehingga selendang tersebut di ibaratkan seperti sayap kupu-kupu.

Semakin cepatnya perkembangan zaman, tarian ini telah mempunyai banyak versi yang bermunculan. Pembaruan biasanya terdapat pada gending yang dinyanyikan, gending yang digunakan biasanya menyesuaikan bahasa setempat.

Tata Rias Dan Pakaian Tari Kupu Kupu

Agar tarian lebih sama dengan aslinya, maka pakaian yang digunakan dibuat semirip mungkin dengan aslinya. Untuk pakaian atas yang digunakan adalah kemben, dan untuk bahwannya berupa kain batik.

Sedangkan untuk hiasan tambahan dibagian kepala para penari menggunakan mahkota berwarna emas dan terdapat antena, sehingga terlihat sama seperti bentuk kupu-kupu. Warna pakaian yang digunakan tidak terdapat patokannya, biasanya warna yang digunakan cenderung cerah agar lebih menyerupai dengan karakter aslinya yaitu warna kupu-kupu.

Setting Panggung Tari Kupu Kupu

Tari kupu kupu biasanya dibawakan oleh para penari pria ataupun wanita. Akan tetapi, di dalam tarian kupu-kupu ini dapat membuat sejuk hati, sebab adanya suara dari gamelan orkestra yang sangat padu-padan dengan gerakan dan irama.

Ketika para penarinya laki-laki, semua yang ikut di dalam panggung tersebut juga laki-laki semua, begitupun sebaliknya. Dalam segi jumlah, seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa rata-rata adalah berjumlah ganjil, minimal jumlah penari dibawakan oleh 3 orang, namun yang sering dijumpai adalah berjumlah 5 orang.

Baca Juga: Gerakan Tari seudati

Penutup

Nah, mungkin hanya itu saja informasi yang dapat saya bagikan untuk sobat semua tentang tari kupu kupu. Semoga dengan sedikit informasi ini dapat membantu dan menambah pengetahuan sobat.

Jika terdapat kesalahan dalam penulisan atau terdapat informasi yang kurang jelas, mohon dimaklumi ya sobat, sebab itu datangnya dari keterbatasan ilmu yang saya miliki. Cukup sekian dan salam dari penulis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *