Alat Pernapasan Manusia dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Alat Pernapasan Manusia
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Alat Pernapasan Manusia – Alat pernapasan pada manusia mempunyai fungsi yang sangat lengkap dan sangat tidak terbatas adanya. Karena pada dasarnya, udara memang sangat dibutuhkan bagi kehidupan yang ada di dunia. Coba saja bayangkan jika di dunia tidak ada yang namanya udara. Udara yang ada diluar ini diambil oleh alat pernafasan manusia dan fungsinya yang sangat baik untuk tubuh.

Di udara terdapat banyak sekali zat yang terkandung termasuk oksigen. Oksigen di hasilkan dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan hasil dari fotosintesis. Tumbuh-tumbuhan ini menyerap karbon dioksida dari udara dan melepaskan oksigen yang sangat di butuhkan oleh makhluk hidup yang lainnya.

Table of Contents

  1. Alat Pernapasan Manusia Fungsinya Tak Terbatas
  2. Alat Pernapasan pada Manusia
    1. Hidung
    2. Faring
    3. Laring
    4. Trakea
    5. Bronkus
    6. Bronkiolus
    7. Pulmo
    8. Alveolus
  3. Penutup

Alat Pernapasan Manusia Fungsinya Tak Terbatas

Oksigen sangatlah dibutuhkan oleh makhluk hidup khususnya manusia. Oksigen pada tubuh manusia berguna sebagai pemenuh kebutuhan dalam metabolisme tubuh. Manusia menghirup oksigen dan kemudian mengeluarkan karbon dioksida. Oksigen memang sudah tidak diragukan lagi fungsinya untuk tubuh. Coba saja Anda bayangkan jika pernapasan kita tidak mendapatkan oksigen yang baik, pastinya pernafasan Anda akan terganggu.

Alat Pernapasan pada Manusia

Alat pernapasan manusia dan fungsinya sangatlah penting bagi manusia karena dengan alat tersebut manusia bisa menghirup udara untuk di alirkan keseluruh tubuh. Nah, berikut ini 8 alat pernafasan yang digunakan oleh manusia:

Baca ini: Alat Pernapasan Hewan dan Fungsinya

Hidung

Hidung merupakan alat pernafasan yang paling jelas terlihat karena letaknya yang berada di tubuh bagian luar. Hidung merupakan alat pernapasan pertama yang di lalui oleh udara. Pada umumya, hidung normal mempunyai 2 lubang yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Sekilas lubang pada hidung mempunyai ukuran yang sama, ternyata keduanya mempunyai volume berbeda dalam pengambilan udara. rambut halus dan lendir yang terdapat di dalam hidung berguna untuk menyaring semua udara yang masuk agar tersaring dengan bersih.

Faring

Faring atau kata lain tenggorokan merupakan saluran pernapasan yang mempunyai pangkal pada laring. faring berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara sekaligus tempat keluar masuknya makanan dan minuman. Tenggorokan ini akan menutup pintu masuk makan dan sebaliknya agar tidak mengalami kesalahan ketika menghela maupun mengeluarkan udara. Di dalam faring ada pita suara yang berguna sebagai alat untuk mengeluarkan suara sebagai alat komunikasi.

Laring

Apa itu laring? Laring yaitu pangkal yang ada di tenggorokan dan berguna sebagai pencegah masuknya benda asing ke dalam sistem pernapasan manusia yang di kelilingi tulang rawan. Selain itu, laring berfungsi sebagai tempat menelan makanan yang masuk untuk di proses lebih lanjut.

Trakea

Trakea terbentuk dari tulang rawan yang berada di leher yang terhubung hingga ke bagian dada. Di dalam trakea terdapat selaput lender yang melapisi trakea yang berbentuk cincin dengan jumlah cincin hingga 20. Fungsi selaput lendir ini sebagai penahan kotoran dari udara yang ikut masuk melewati hidung agar tidak masuk ke paru-paru dalam keadaan yang kotor.

Cek ini juga: Respirasi Pada Manusia: pengertian, Organ, Proses, Macam dan Penyakit

Bronkus

Bronkus mempunyai dua bagian yang berada pada rongga paru-paru di bagian kanan dan pada paru-paru bagian kiri. Bronkus mempunyai tulang rawan dengan otot halus dan bronkiolus yatau cabang-cabang kecil. bronkus berfungsi sebagai media penghubung antara trakea dan paru-paru.

Bronkiolus

Di dalam bronkus terdapat cabang kecil dan halus yang disebut dengan bronkiolus. Semakin jauh cabang brokiolus akan menjadi semakin mengecil, halus dan dindingnya semakin tipis. bronkiolus sebagai bagian yang mengarahkan oksigen untuk masuk ke dalam paru-paru. Semua cabang yang ada pada bronkiolus berakhir pada bagian alveolus.

Pulmo

Pulmo atau peru-paru merupakan bagian yang sangat penting dalam system pernapasan manusia. Fungsi dari paru-paru sebagai penerima oksigen sekaligus memproses oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida dan uap air yang tidak di perlukan atau tidak berguna bagi tubuh. Setelah oksigen masuk kemudian paru-paru memprosesnya dan mengalirkannya melalui darah ke seluruh tubuh. Paru-paru berletak di bagian dada yang di lindungi oleh tulang rusuk.

Alveolus

Alveolus berfungsi sebagai pemisah antara oksigen dan karbondioksida yang terdapat di dalam darah, karena alveolus terletak di jantung. Alveolus juga berguna sebagai penyebar oksigen kemudian diolah paru-paru ke seluruh tubuh.

Baca juga: Alat Pernapasan Tumbuhan

Penutup

Demikianlah ulasan tentang alat pernapasan manusia dan fungsinya yang perlu diketahui. Semoga artikel ini menyadarkan kita bahwa alat pernafasan sangatlah penting dan kita sebagai manusia harus tetap menjaga setiap anggota tubuh agar tidak mudah terserang sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *