Bagian-bagian Gitar dan Fungsinya

Bagian-bagian Gitar dan Fungsinya
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Bagian-bagian Gitar dan Fungsinya – Kebanyakan orang yang ingin mempelajari tentang musik, tentu akan mempelajari salah satu alat musik tertentu. Dan yang banyak dijadikan pilihan adalah alat musik gitar, namun sebelum itu Anda perlu tahu bagian bagian gitar. Karena memang setiap bagiannya memiliki fungsi tertentu yang berbeda. Jika Anda bisa mengerti bagian bagiannya dengan baik, maka akan semakin mudah dalam memainkannya. Berikut ini 13 bagian gitar yang perlu kamu tahu untuk lebih mudah belajar gitar.

Table of Contents

1. Kepala (Headstock)

headstock

Pada bagian headstock memang tersedia dalam berbagai model, sedangkan fungsinya adalah untuk tempat logo merk atau pembuat gitar, dudukan nut, dan juga tempat untuk memasang tuner. Untuk gitar akustik, kepalanya ada di paling atas dan terbuat dari kayu terdapat nut dan tuner.

2. Nut

Bantalan kecil yang merupakan tempat untuk menyangga senar gitar dinamakan nut. Dengan adanya ini bisa membuat senar mengeluarkan bunyi yang nyaring ketika dipetik.

3. Tuner

Bagian ini terletak di headstock dan fungsinya adalah untuk menjaga suara atau nada gitar. Sehingga tidak mengalami perubahan ketika dimainkan, selain itu tuner juga berfungsi untuk menyetem gitar.

4. Fret

Bagian bagian gitar yang selanjutnya adalah fret, ini tidak terdapat pada tubuh gitar tetapi merupakan aksesoris. Biasanya fret terbuat dari bahan metal atau stainless steel. Fungsi aksesoris fret adalah untuk menentukan nada yang keluar dari senar gitar.

5. Leher (Neck)

Setelah bagian atas gitar, Anda perlu tahu juga bagian leher gitar yang memiliki peran penting. Biasanya orang memegang leher atau neck gitar dengan menggunakan tangan kiri.  Terdapat rod atau besi panjang pada leher gitar, fungsinya adalah untuk menjaga leher gitar agar tidak melengkung.

6. Penghubung

Seperti namanya, part gitar yang satu ini fungsinya adalah untuk menghubungkan. Apa yang dihubungkan oleh penghubung? Bagian-bagian gitar yang dihubungkan adalah leher atau neck dengan badan atau body guitar. Penghubung ini berupa kayu solid yang kuat, sehingga tidak mudah pecah.

7. Badan (Body)

Bagian badan atau body memang memiliki beragam bentuk dan model, ini tergantung dengan pembuat gitarnya. Tentu saja badan ini diibaratkan seperti part inti gitar. Dimana memang berbagai bagian lain tertanam pada part body ini mulai dari bridge, tone control, dan banyak lagi.

8. Bridge

Dalam mengencangkan senar gitar tentu perlu pengait supaya bisa kencang. Pengait senar gitar yang berada di badan atau body ini disebut dengan bridge. Biasanya part gitar yang satu ini terbuat dari plastik biasa, tulang, ataupun metal stainless steel tergantung dengan tipe dan harga gitar.

9. Soundboard

Part yang satu ini memang sangat penting dalam menentukan kenyaringan suara gitar, terlebih lagi untuk gitar akustik. Karena soundboard adalah bagian menggembung seperti tabung yang didalamnya terdapat ruang untuk meresonansi suara yang dihasilkan senar. Sehingga suara yang dihasilkan menjadi lebih nyaring dan keras. Tanpa adanya soundboard maka bunyi senar gitar tidak bisa nyaring, kecuali untuk jenis gitar listrik.

10. Lubang Suara

Apabila hanya ada soundboard tanpa ada lubang memang bunyi senar tidak akan beresonansi sehingga suaranya tidak jadi nyaring. Makanya untuk akses masuknya suara senar ke soundboard, perlu ada lubang suara. Sehingga bunyi yang dihasilkan oleh senar akan masuk ke soundboard dengan melewati lubang ini. Baru setelah itulah bunyi baru resonansi di soundboard sehingga menjadi nyaring.

11. Senar (String)

Senar adalah bagian krusial pada gitar, karena ini merupakan sumber suaranya. Untuk jenis senar memang ada banyak dan dengan hasil suara yang berbeda setiap jenisnya. Pada gitar akustik ada enam buah senar dengan nada berbeda-beda pada setiap senarnya. Nada yang dihasilkan oleh senar-senar gitar akustik masing-masing ada E, A, D, G, B, E yang menjadi standard tuning.

Baca juga: Sebutkan Contoh Alat Musik Ritmis

12. Saddle

Jika pada bagian kepala gitar terdapat nut yang menjadi bantalan senar dan menjaga suaranya tetap nyaring. Di part badan atau body juga terdapat bantalan yang sama dengan fungsi yang sama pula yaitu saddle. Letak bantalan saddle ini ada di bridge.

13. Fingerboard atau Fretboard

Seperti namanya, fingerboard ada fretboard adalah tempat untuk menekan senar dan memasang fret. Tentu saja hal ini dilakukan untuk membuat gitar bisa menghasilkan bunyi dengan nada tertentu. Letak fingerboard atau fretboard ini ada di neck atau leher gitar. Sedangkan nada yang dihasilkan akan beragam, tergantung dimana dan senar apa yang Anda tekan. Untuk hal ini Anda bisa mempelajari mengenai kunci gitar supaya bisa memainkannya.

Baca juga: 5 Alat Musik Kordofon: Pengertian, Jenis dan Contoh

Mengenali dan memahami bagian-bagian gitar beserta fungsinya memang tidaklah sulit. Karena memang gitar adalah alat musik yang simpel dan tidak ribet, bahkan cara memainkannya tergolong mudah. Banyak juga orang yang mengatakan bahwa alat musik yang paling mudah dan paling dasar adalah gitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *