Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya

Berikan Bintang

Balaibahasajateng, Jenis Alat Musik Berdasarkan Cara Memainkannya – Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa alat musik juga bisa dibedakan berdasarkan bagaimana cara memainkan alat musik tersebut. Kategori pertama kalau dilihat bagaimana cara memainkannya, ada alat musik tiup. Alat musik tiup menghasilkan suara jika kolom udara di dalamnya digetarkan. Tinggi rendahnya nada dari alat musik jenis ini ditentukan oleh frekuensi gelombang yang dihasilkan sesuai dengan panjang kolom udara dan bentuk instrumen. Sementara, timbre alat musik tiup dipengaruhi bahan dasar dan konstruksinya. Contoh alat musik ini, yaitu suling dan terompet.

Kemudian yang kedua adalah jenis alat musik pukul. Alat musik pukul menghasilkan suara jika dipukul atau ditabuh. Alat musik pukul terbagi menjadi dua macam, yaitu bernada dan tidak bernada. Bahan-bahan dan bentuk instrumen akan menentukan suara yang dihasilkan. Contoh alat musik pukul, yaitu kolintang (bernada), drum (tidak bernada), dan bongo (tidak bernada).

Jenis alat musik ketiga berdasarkan cara memainkannya adalah alat musik gesek. Alat musik gesek ini menghasilkan suara jika dawai digesek. Tinggi rendahnya nada pada alat musik gesek bergantung pada panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik gesek yaitu, biola.

Dan terakhir jenis alat musik yang berdasarkan bagaimana cara memainkannya adalah alat musik petik. Sesuai dengan namanya, alat musik petik ini menghasilkan suara jika dawai dipetik. Tinggi rendahnya suara yang dihasilkan bergantung pada panjang pendeknya dawai. Contoh alat musik petik, yaitu gitar.

Table of Contents

  1. Alat Musik Tekan
  2. Alat Musik Elektronik
  3. Single Band

Alat Musik Tekan

Sebenarnya, jenis alat musik ini tidak termasuk kategori mana pun. Akan tetapi, cara memainkannya dengan cara ditekan, menjadi bagian dari sistem penghasil bunyi yang diinginkan. Alat musik tekan mempunyai tiga jenis, yaitu menekan untuk memukul, menekan untuk meniup, dan menekan untuk mengaktifkan sistem elektronik.

Alat musik ini contohnya:

  • piano akustik (chordofon pukul),
  • organ akustik (aerofon),
  • accordion,
  • dan alat musik elektronik yang memakai keyboard (papan kunci).

Alat Musik Elektronik

Alat musik jenis ini menghasilkan suara tiruan dari alat musik aslinya (akustik). Synthesizer termasuk perangkat alat musik elektronik yang menggunakan papan kunci (keyboard). Sementara, alat musik elektrik dipakai untuk alat musik yang dilengkapi dengan komponen elektronik. Cara memainkan alat musik ini sama dengan alat musik akustik.

Baca juga: Fungsi Seni Musik

Alat-alat musik elektronik ini baru bisa dimainkan apabila ada sumber tenaga yang berasal dari listrik (elektronik). Tanpa bantuan sumber tenaga dari listrik ini maka alat musik elektronik tidak akan bisa menghasilkan suara atau nada sesuai dengan yang dikehendaki. Karena itulah alat musik ini dinamakan alat musik elektronik karena terdapat rangkaian elektronik yang diciptakan untuk meniru bunyi aslinya dan bisa berfungsi manakala ada sejumlah tenaga listrik untuk membantu mengaktifkannya.

Contoh alat musik ini antara lain;

  • gitar elektrik,
  • bass elektrik,
  • dan drum elektrik.

Single Band

Perkembangan teknologi digital yang pesat menyebabkan lahirnya perangkat musik dengan kegunaan yang efisien dan efektif, seperti alat musik single band. Alat musik ini sangat praktis digunakan karena dapat dimainkan oleh satu orang. Di dalam alat musik ini terdapat irama, beragam suara, dan fasilitas simple recording. Ada dua merek yang menguasai pasar jenis alat musik ini, yaitu Yamaha dan Roland.

Seperti layaknya sebuah band, alat ini mampu menghasilkan berbagai suara dari alat musik yang berbeda dan bisa dimainkan oleh satu orang. Di dalamnya terdapat fasilitas merekam sejumlah alat musik dan apabila tombolnya diaktifkan maka ia secara langsung mengikuti nada-nada yang dimainkan oleh operator atau pemainnya.

Di masyarakat kita alat musik single band ini lebih dikenal dengan nama orgen tunggal. Pemainnya memang tunggal atau seorang, tapi mampu menghadirkan suara atau nada seperti layaknya sebuah band yang dimainkan oleh beberapa orang dengan satu alat musik.

Baca juga: Sebutkan Contoh Alat Musik Ritmis, Berikut ini 10 Jenis yang perlu kamu tahu

Dewasa ini, single band menjadi primadona bagi orang-orang yang menginginkan hiburan praktis.

Nah itulah jenis alat musik berdasarkan cara memainkannya, Semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *