Polusi Air: Pengertian dan Penyebabnya

polusi air adalah
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng.web.id, Polusi Air: Pengertian dan Penyebabnya – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari jenis dan macam yang bisa menjadi sumber polusi air.

Tetapi sebelum mempelajari jenis dan macamnya, kita akan mempelajari pengertian dari polusi air terlebih dahulu.

Mari tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas satu per satu.

Pengertian Polusi Air

Polusi air atau lebih kita kenal dengan istilah pencemaran air adalah suatu perubahan kondisi pada suatu tempat penampungan air seperti sungai, danau, laut, rawa dan air tanah yang diakibatkan oleh ulah tangan manusia.

Baca Artikel Lainnya : Pengertian Polusi Tanah dan Dampaknya Bagi Lingkungan

Meskipun fenomena alam seperti gunung meletus, badai, tanah longsor, dan gempa bumi juga dapat mengakibatkan terjadinya perubahan kondisi air yang sangat signifikan.

Tetapi, fenomena alam tidak termasuk menjadi sumber polusi air. Air dapat dikatakan tercemar, jika terkontaminasi oleh antropogenik dan tidak dapat mendukung kehidupan mahkluk hidup yang ada di sekitarnya.

Jenis dan Macam Sumber Polusi Air

Mungkin bagi sebagian masyarakat berpendapat jika mendapatkan air yang bersih adalah hal yang mudah, sedangkan tidak sedikit masyarakat yang berada di tempat yang tandus dan kering berpendapat jika mendapatkan air yang bersih merupakan hal yang sulit bahkan langka.

Polusi air atau pencemaran air merupakan masalah yang sangat serius dan dialami oleh jutaan orang yang tersebar diberbagai penjuru dunia serta memiliki efek yang merugikan bagi kehidupan.

Sebenarnya air merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak terbatas, karena volume dan ukurannya tidak akan bertambah dan berkurang.

Akan tetapi, untuk mendapatkan air yang bersih merupakan hal yang sangat sulit.

Air dapat dikatakan terkontaminasi atau mengalami polusi air jika kontaminasi memasuki badan air, sedangkan kontaminasi adalah setiap zat yang dapat membahayakan kehidupan manusia dan mahkluk hidup lainnya.

Umumnya kontaminasi terjadi karena ulah tangan manusia seperti permukaan air sungai terkontaminasi oleh hujan asam, limpasan pestisida pertanian, dan limbah pembuangan industri.

Selain air sungai, air tanah juga banyak terkontaminasi karena ulah manusia karena adanya kebocoran tangki limbah dan pembuangan sisa bahan rumah tangga.

Sumber utama polusi air dapat dibedakan menjadi dua kategori yaitu polusi air point source dan polusi air non point, berikut penjelasan dari kedua kategori polusi air.

baca juga: Hutan Wisata Adalah.. Pengertian dan Definisi

1). Polusi Air Point Source

Polusi air point source merupakan pencemaran air yang berasal dari satu lokasi saja. Misalnya limbah yang berasal dari pabrik, kemudian dialirkan ke tangki penampungan limbah yang ada di bawah tanah.

Tetapi saat berada di tangki penampungan, limbah tersebut mampu keluar karena adanya retakan dan mengontaminasi tanah serta air disekitarnya.

2). Polusi Air Non Point

Polusi air non point merupakan kontaminasi air yang tidak berasal dari satu lokasi saja.

Dengan begitu, dapat dikatakan jika polusi air non point terjadi karena adanya penumpukan kontaminasi-kontaminasi kecil yanjg terkumpul di area yang sangat luas.

Misalnya sisa aliran pupuk anorganik yang mengalir dari beberapa lahan pertanian, kemudian mengalir ke sungai atau meresap ke tanah dan bercampur dengan air tanah.

Demikian penjelasan kami tentang polusi air dan apa saja yang bisa menyebabkannya. Semoga artikle ini bermanfaat untuk sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *