Perbedaan Pertalite, Pertamax 92, Pertamax Turbo dan Premium

perbedaan Pertamax 92, Pertamax Turbo dan Premium
Jenis jenis BBM. Images by Borneo24.com

Perbedaan Pertalite, Pertamax 92, Pertamax Turbo dan Premium. Hasil perbandingan memakai jenis BBM berbeda. Solusi bahan bakar terbaik.

Balaibahasajateng.web.id – Saat ini Pertamina terus melakukan inovasi dalam menghadirkan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. Perlahan premium mulai ditinggalkan oleh masyarakat dengan strategi yang dilakukan pemerintah lewat Pertamina.

Dari sekian banyak SPBU yang ada di Kota saya tinggal. Setiap SPBU saat ini hanya memiliki satu selang jenis Premium. Alhasil semua pengecer beralih ke Pertalite untuk di dagangkan.

Memang Pertalite adalah Jenis BBM baru namun kualitasnya lebih bagus daripada Premium yang lebih dulu ada. Nah, untuk mengetahui bagaimana perbedaan antara Pertalite, Premium, Pertamax 92 dan Pertamax turbo masi simak beberapa poin untuk perbandingan.

(Update terbaru: Pertalite sudah tidak boleh dibeli dengan derigen untuk dijual ulang, alhasil penjual BBM pinggir jalan beralih menjual pertamax 92)

Baca juga: Mengenal Gerak Pada Tumbuhan Beserta Contohnya

Berikut ini Poin-poin yang membedakan antara Pertalite, Premium, Pertamax 92 dan Pertamax turbo

  1. Warna cairan / Warna BBM

Setiap BBM mempunyai warna berbeda. Jika Premium mempunyai warna kuning cerah maka Pertalite memiliki warna hijau terang. Sedangkan Pertamax berwarna biru dan Pertamax turbo berwarna merah. Perbedaan warna ini juga akibat dari unsur yang ada didalam BBM.

  1. Nilai oktan

Bilangan oktan atau research octane number (RON) adalah nilai yang menunjukan bagaimana tingkat kompresi bbm terhadap mesin. Jadi semakin tinggi nilai Oktan makan semakin bagus BBM tersebut untuk Mesin.

Dari Nilai itu dihasilkan RON 88 untuk Premium, RON 90 untuk Pertalite dan RON 92 untuk Pertamax 92. sedangkan RON 98 untuk Pertamax turbo.

  1. Harga

Untuk soal harga memang menyesuaikan denga harga minyak dunia. Jika Premium saat ini hanya dijual 6.450 maka pertalite 6.760. Sedangkan Jenis Pertamax 92 dijual menyesuaikan harga minyak 9.000 dan pertamax turbo 9.850. harga ini sewaktu-waktu bisa berubah dengan kebijakan yang ada di Pemerintah.

Baca juga: Pengertian Dana Pensiun dan Tujuannya

Tabel perbandingan BBM

Nama BBM / PerbandinganWarnaOktanHarga
PremiumKuning Cerah88Hilang
PertaliteHijau Terang90Rp 10.000
Pertamax 92Biru92Rp 14.500
Pertamax TurboMerah98Rp 16.500

Baca juga: Perbedaan Pupuk Organik Dan Pupuk Anorganik

Nah untuk mengetahui BBM mana yang cocok untuk Mesin motor atau Mobil anda tinggal sesuaikan dengan kapasitas. Jika memaksa menggunakan Premium maka kompresi yang dihasilkan tidak sebagaus menggunkan Pertalite namun lebih bagus lagi jika menggunakan Pertamax.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *