Perlengkapan Pencak Silat beserta gambarnya

Perlengkapan Pencak Silat beserta gambarnya
Seorang Pria dan Wanita Melakukan Seni Bela Diri Pencak Silat / @canva.com
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng.web.id, Perlengkapan pencak silat beserta gambarnya – Tahukah Anda bahwa pertandingan pencak silat memiliki banyak peraturan serta perlengkapan yang wajib ada dalam sebuah permainan.

Perlengakapan dan peralatan dalam pencak silat harus wajib ada dan lengkap supaya pertandingan bis aberjalan dengan baik dan lancar.

Seni beladiri memiliki cerita dalam sejarah pencak silat, bahkan nama olahraga pencak silat juga sudah diakui oleh dunia.

Oleh sebab itu, tidak heran jika peralatan dan perlengkapan pencak silat menjadi wajib sebagai alat perlindungan. Perlengkapan pencak silat memilki standar yang lumayan banyak dalam sekali melangsungkan laga.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar dalam pencak silat yang benar.

Nah pada artikel ini kami akan membahas tentang materi peralatan dan perlengkapan pencak silat berserta gambarnya.

Perlengakapan Pertandingan Pencak Silat

Perlengakapan atlet pencak silat dalam sebuah pertandingan atau laga yang berlangsung harus sesuai dengan standar IPSI.

Pada saat melakukan pertandingan, pihak penyelenggara serata para pesilat harus faham betul dengan kebutuhan yang harus dipersiapkan.

Adapun perlengkapan pertandingan pencak silat yaitu.

Lapangan Pencak Silat

Perlengkapan yang pertama dalam pencak silat adalah lapangan pencak silat.

Lapangan atau yang disebut dengan gelanggang dalam pencak silat, merupakan sarana dan prasarana yang memang harus ada dalam sebuah laga.

Ukuran lapangan pencak silat dalam pertandingan profesional adalah 10 x 10 meter. Dalam bagian lapangan, terdapat dua buah lingkaran yang memilki diamter ukuran masing masing 8 meter.

Sebelum pertandingan berlangsung, pesilat juga harus jeli dalam memeprhatikan permukaan gelanggang dan pastikan tidak licin, kerana berbahaya untuk keselamatan para atlet pencak silat.

Matras

Matras pencak silat adalah alas yang dipakai dalam perlombaan pencak silat yang terbuat darai bahan busa.

Alat perlengkapan pencak silat matras ini sangat diperlukan dalam pertandingan pencak silat.

Fungsi dari matras dalam pertandingan pencak silat, menjadi alat yang wajib ada dalam liga pencak silat.

  • Ukuran matras pencak silat adalah 10 x 10 meter, memilki warna dasar hijau terang dengan garis putih setebal 5 cm. Dan pada lapangan berdiameter 8 meter, dengan lingkran tengah berdiameter 3 meter.
  • Tebal matras pencak silat dalam pertandingan profesional adalah 5 cm.

Kegunaan nomor satu dari sebuah matras adalah pemanfaatan sebagai alas dalam pertandingan yang berguna untukmenopang segala gerakan dan posisi atlet kerika dalam laga atau pertandingan pencak silat.

Matras juga membantu pesilat dengan menjadi alas dalam menahan badab atlet ketika terjadi benturan ke bawah atau terjatuh karena serangan dari lawan.

Peluit

Peralatan yang satu ini ditujukan langsung kepada wasit dan para juru pertandingan pencak silat. Peluit dalam permainan pencak silat akan dibunyikan karena terjadi sebab atau akibat yang tidak sah atau melanggar.

Selain pluit alat yang sering pergunakan sebagai alat alternatif lainnya adalah bel atau gong.

Lampu Babak

Lampu babak merupakan perlengkapan pencal silat yang selanjutnya. Lampu babak berguna sebagai indikator penentu untuk para atlet yang sudah memenangkan pertandingan.

lampu babak yang dipakai, memiliki warna-warna tertentu yang memilik makna tersendiri. Warna-warna lampu tersebut adalah

  • Merah.
  • Biru.
  • Kuning.

Formulir Pendaftaran dan Alat Tuiis

Formulir pendafataran bagi setiap pemain wajib diisi bagi setiap atlet pencak silat yang akan bertanding.

Formulir pendaftaran dalam pencak silat diperlukan bagi juri dan wasit, untuk mengetahui identitas pemain pesilat.

Sedangkan alat tulis berguna sebagai alat bantu, terutama dalam melakukan pengisian formulir dan bebrapa tulisan untuk pemain.

Meja dan Kursi

Peralatan pencak silat yang selanjutnya adalah meja dan kursi untuk para juri. Meja yang dibutuhkan biasannya adalah meja kecil yang tersusun menjadi satu paket dengan kursi, untuk tempat penilaian poin dalam perlombaan pencak silat.

Timbangan

Timbangan dalam pencak silat digunakan sebagai alat bantu dalam mengetahui berata badan pemain pesilat. Tujuan utama dalam penimbangan adalah mengentahui secara pasti berapa berat badan pesilat yang akan mendartarkan diri sebagai calon pelomba.

Berat badan telah di atur sebagaimana yang telah tercantum sesuai dengan formulir pendaftaran.

Jadi dalam pendaftaran pencak silat penimbangan dilakukan sejak awal pendaftaran guna mengetahui kondisi berat badan si pendaftar perlombaan.

Seragam Pencak Silat

Seragam dalam pencak silat merupakan peralatan yang hukumnya wajib bagi setiap pesilat. Untuk pemaian yang tidak memakai seragam seperti dasarnya, maka bisa menjadi peluan untuk terkena pelanggaran berupa diskualifikasi.

Atlet pencak silat juga harus menegnakan sabuk sesuai dengan tingkatan yang diperoleh. Serata seragam yang terdiri atasa baju dan celana silat. Pada baju seragam pesilat memiliki badge IPSI di area dada bagian kiri.

Baca juga: Jenis gaya dalam panahan

Pelindung Tubuh (Body Protector)

Perlengkapan pencak silat yang selanjutnya adalah pelindung rubuh.

Perlengakapan ini pastinya sangat penting untuk pemain pesilat, karena peralatan ini selalu ada dalam pertandingan pencak silat.

Alat ini pada dasarnya menjadi pelindung yang harus ada bagi pemain pencak silat yang berguna untuk menghindari resiko terjadinya cidera.

kegunaan body protector, biasanya digunakan dalam sebuah perlombaan maupun ketika latihan pencak silat.

Berikut ini adalah perlengkapan pemian berupa body protector yang dipakai dalam pencak silat yang memiliki kegunan dalam perlindungan tubuh. Seperti :

  • Perlindungan tulang kering (kaki).
  • Perlindungan kemaluan.
  • Perlindungan pada bagian depan tubuh yang berbentuk seperti rompi pada bagian dada ke bawah.

Pelindung tubuh ini biasanya menjadi alat perlindungan yang wajib dipakai oleh setiap pemain pencak silat.

Papan Nilai

Papan nilai dalam pertandingan berisikan skor nilai yang ditujukan kepada masing-masing atlet pencak silat. Papan dalam pertandingan ini biasanya terbuat dari papan kayu, boleh juga dengan papan yang sudah modern seperti teknologi LED.

Pemakain papan kayu, perubahan angka atau poin dapat dilakukan dengan manual. Sedangkan dalam papan poin LED, angka bisa berganti secara otomatis atau bisa juga dikendalikan dengan jarak jauh.

Stopwatch

Stopwatch atau timer adalah alat untuk mengukur waktu yang kerap dipergunakan dalam olahraga. Peralatan ini dipakai dalam latihan maupun pertandingan dalam pencak silat yang beralngsung.

Dalalm sesi latihan stopwatch berguna dalam menghitung jumlah pertandingan dan pukulan seorang atlet dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan ketetapan yang berlaku.

Sedangkan dalam perlombaan atau turnamen pencak silat, stopwatch digunakan sebagai penghitung waktu dalam setiap sesi pertandingan.

Bendera

ukuran bendera wasit

Bendera yang disiapkan adalah bendera yang berukuran kecil berwarna kuning, biru dan merah serat memiliki tangkai kecil.

Pada masing-masing bendera memiliki ukuran yaitu 30×30 cm.

Bendera kuning akan dipergunakan oleh wasit.

Sedangkan untuk bendara merah dan biru dipergunakan untuk para dewan juri pertandingan.

Kain Lap dan Embar

Kain lap dan ember dalam pencak silat berfungsi sebagai alat untuk mengeringkan area berlangsungnya pertandingan.

Jika sewaktu-waktu area pertandingan menjadi licin, maka akan dilap dengan kain lap yang telah dipersiapkan oleh penyelenggara perlombaan pencak silat.

Manfaat Pencak SIlat Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah pelajari beberapa peralatan dan perlengkapan pencak silat, kita akan membahas sedikit tentang menfaat yang ada pada pencak silat untuk tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap olahraga memiliki manfaat tersendiri, sama halnya dengan pencak silat. Seni beladiri memiliki manfaat positif untuk kesehatan tubuh pemain pencak silat.

Berikut ini adalah beberapa macam-macam manfaat pencak silat dalam kesehatan tubuh:

  1. Kesehatan jasmani dan rohani.
  2. Kpercayaan diri meningkat.
  3. Sebagai pertahnan diri.
  4. Melatih jiwa sportif dan pemberani.
  5. Melatih sikap displin dan tanggung jawab.

Baca juga : Perlengkapan Bulu Tangkis Lengkap

Demikianlah sarana dan prasarana pencak silat yang harus diperhitungkan dalam sebuah pertandingan.

Semoga artikel tentang perlengkapan pencak silat bisa bermanfaat untuk Anda, dalam upaya berlatih dengan kesungguhan hati sesuai dengan ajaran seni beladiri bangsa Indnesia, dengan segi penerapan yang positif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *