Biografi Abdul Haris Nasution: Kisah Inspiratif Seorang Jenderal Indonesia yang Cemerlang!

biografi ah nasution
Abdul Haris Nasution / sumber diskominfo.bandaacehkota.go.id

Balaibahasajateng, Biografi Abdul Haris Nasution, Jenderal Besar Indonesia – Abdul Haris Nasution lahir pada tanggal 3 Desember 1918 di desa Hutapungkut, kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Abdul Haris Nasution merupakan jenderal Indonesia yang menjabat sebagai kepala staf tentara Indonesia sebanyak dua kali.

Berikut ini kami akan sampaikan tentang biografi Jendral AH nasution secara eng. Yuk langsung saja.

Biografi Abdul Haris Nasution

Nama LengkapAbdul Haris Nasution
Tanggal Lahir3 Desember 1918
Tempat LahirMusi Rawas, Sumatera Selatan
IstriJohanna Sunarti
AnakHendrianti Saharah dan Ade Irma Suryani
PendidikanSekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama di Bengkulu, lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas di Padang, Sumatera Barat. Ia kemudian belajar di Akademi Militer di Magelang dan melanjutkan pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat di Bandung.
Karier MiliterBergabung dengan tentara Jepang pada masa pendudukan Jepang di Indonesia. Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, ia bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat dan terlibat dalam perang melawan Belanda. Pada tahun 1947, Nasution diangkat sebagai panglima Komando Operasi Teritorial di Sumatera Selatan. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat pada tahun 1949 hingga 1952. Pada tahun 1953, ia menjadi Menteri Pertahanan dan Keamanan dan kemudian menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat kembali dari tahun 1955 hingga 1962.
Kontribusi PentingBerperan penting dalam memodernisasi dan meningkatkan kualitas Tentara Nasional Indonesia. Terlibat dalam perang melawan gerakan separatis di Sulawesi Selatan dan perjuangan mempertahankan Irian Barat.
Posisi Jabatan PentingKepala Staf Angkatan Darat, Menteri Pertahanan dan Keamanan, Duta Besar Indonesia untuk Uni Soviet, Menteri Koordinator Bidang Keamanan dan Politik
Upaya Kudeta G30S/PKIMengalami musibah ketika terjadi upaya kudeta G30S/PKI pada tahun 1965, dimana ia menjadi salah satu target dari para pemberontak. Ia berhasil selamat dari serangan tersebut dan kemudian pergi ke luar negeri untuk sementara waktu.
Meninggal Dunia6 September 2000 di Jakarta pada usia 81 tahun.
PenghargaanNasution dianugerahi berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri, termasuk Bintang Mahaputera Utama, Bintang Gerilya, dan Legion of Merit dari Amerika Serikat.

Abdul Haris Nasution juga seorang jenderal yang berhasil meloloskan diri dari percobaan pembunuhan saat terjadinya gerakan G30SPKI pada tahun 1965. Abdul Haris Nasution berasal dari keluarga batak muslim. Abdul Haris Nasution merupakan anak ke dua dan anak laki – laki pertama dalam keluarganya.

Ayah Abdul Haris Nasution merupakan seorang pedagang tekstil, karet dan kopi serta merupakan salah satu anggota organisasi Sarekat Islam. Ayahnya sangat religious sehingga menginginkan anaknya belajar di sekolah keagamaan sedangkan ibunya menginginkannya sekolah kedokteran di Batavia. Namun, setelah lulus sekolah di tahun 1932, Abdul Haris Nasution mendapatkan beasiswa untuk belajar mengajar di Bukittinggi.

Di tahun 1935, Abdul Haris Nasution pindah ke Bandung untuk menlanjutkan pendidikan. Keinginannya menjadi guru lama – lama menghilang karena ketertariaknnya di politik semakin meningkat.

Abdul Haris Nasution secara rahasia membeli buku – buku yang ditulis oleh seorang nasionalis Indonesia Soekarno dan membacanya bersama temannya. Setelah lulus pada tahun 1937, Abdul Haris Nasution kembali ke Sumatera dan mengajar di Bengkulu tinggal dekat dengan kediaman Soekarno yang hisup di penjara.

Baca juga: Biografi Jendral Sudirman Sang Panglima Termuda Pertama

Abdul Haris Nasution kadang – kadang berbicara dengan Soekarno dan mendengarnya member pidato. Setahun setelah Abdul Haris Nasution pindah ke Tanjung praja dekat Palembang.

Di tahun 1940, colonial belanda mendirikan sebuah pasukan yang diisi oleh orang orang pribumi. Abdul Haris Nasution mendaftar untuk bergabung karena ini satu – satunya cara untuk mendapatkan pelatihan militer. Bersama dengan beberapa orang Indonesia, Abdul Haris Nasution dikirim ke Akademi Militer di Bandung untuk pelatihan.

Di bulan September 1940 Abdul Haris Nasution dipromosikan menjadi kopral kemudian tiga bulan setelahnya menjadi sersan. Abdul Haris Nasution kemudian menjadi tentara di KNIL. Di tahun 1942, Abdul Haris Nasution di Surabaya untuk mempertahankan pelabuhan disana karena penyerbuan tentara Jepang.

Abdul Haris Nasution kemudian dapat kembali ke Bandung dan pergi untuk bersembunyi karena Abdul Haris Nasution takut tertangkap oleh tentara Jepang. Abdul Haris Nasution kemudian membantu tentara PETA yang dibentuk oleh belanda untuk membawa pesan tetapi tidak benar – benar menjadi anggota.

Meskipun asisten, Abdul Haris Nasution memberinya kekuasaan, Seoharto melihat Abdul Haris Nasution sebagai seorang saingan dan mulai untuk mnyingkirkan Abdul Haris Nasution dari kekuasaan. Di tahun 1969, Abdul Haris Nasution dihalangi dari berbicara di Seskoad dan akademi militer.

Di tahun 1971, Abdul Haris Nasution tiba – tiba berhenti dari militer ketika berumur 53 tahun dua tahun sebelum tahun pensiunnya ketika berumur 55 tahun. Abdul Haris Nasution menjadi ketua MPR akibat pemilihan pada tahun 1971.

Kemudian pada tahun 1972 akhirnya dibuang dari MPR dan digantikan oleh Idham Chalid yang menggantikannya sebagai ketua MPR. Abdul Haris Nasution secara drastic jatuh dan mendapatkan julukan Gelandangan Politik.

Pada tanggal 5 Oktober 1997, pada saat ulang tahun ABRI, Abdul Haris Nasution diberikan pangkat kehormatan sebagai Jenderal Besar, pangkat ini sama dengan Soeharto dan Soedirman. Abdul Haris Nasution meninggal pada tanggal 5 September 2000 di Jakarta setelah menderita Stroke dan mengalami koma.

Baca juga: Biografi Soekarno

Penutup

Dalam rangka untuk memperdalam pengetahuan kita tentang tokoh-tokoh yang berjasa dalam sejarah Indonesia, khususnya dalam bidang militer dan politik, maka pembahasan tentang Abdul Haris Nasution menjadi sebuah kajian yang menarik. Ia merupakan salah satu tokoh pahlawan nasional yang memiliki kontribusi besar dalam memajukan dan memodernisasi Tentara Nasional Indonesia. Dengan latar belakang karier militer dan politik yang cemerlang, Nasution mampu memberikan pengaruh positif bagi kemajuan Indonesia sebagai sebuah bangsa.

Semoga tulisan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai sosok Abdul Haris Nasution dan mampu menginspirasi generasi muda untuk selalu berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *