Doa Setelah Adzan dan Iqomah beserta Amalannya

Doa Setelah Adzan dan Iqomah beserta Amalannya
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Doa Setelah Adzan dan Iqomah beserta Amalannya – Adzan merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi bagi setiap umat muslim di seluruh penjuru dunia. Dalam satu hari, adzan akan dikumandangkan sebanyak lima kali di setiap masjid yang ada. Tentunya banyak sekali suara adzan yang berkumandang dalam satu hari.

Adzan sendiri merupakan sebuah tanda datangnya waktu shalat bagi umat islam. Selain itu, adzan juga merupakan sebuah panggilan bagi kaum muslimin terutama para laki-laki untuk segera meninggalkan semua kegiatannya dan langsung berangkat ke masjid untuk melaksanakan shalat berjamaah.

Nabi Muhammad bersabda bahwa dengan mendengarkan adzan lalu menjawab adzan sesuai ajaran islam, maka akan dijanjikan surga baginya.

Keutamaan setelah adzan bisa kita dapatkan dengan membaca doa setelah adzan berkumandang. Berikut merupakan doa yang harus kita baca setelah mendengar suara adzan.

Table of Contents

Doa Setelah Adzan

Setelah adzan selesai dikumandangkan, kita disunnahkan oleh Rasulullah SAW untuk mengerjakan beberapa amalan seperti yang tercantum dalam Hadits Riwayat Bukhari. Salah satu amalan tersebut adalah membaca doa setelah adzan dikumandangkan.

Berikut ini adalah doa setelah adzan dalam Bahasa Latin

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammati wash sholaatil qooimati aati muhammadanil wasiilata wal fadhiilata wasy syarofa wad darajatal ‘aaliyatar raofii’ata wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtahu, innaka laa tukhliful mii’aada yaa arhamar roohimiina.”

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, karuniailah nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai dzat yang Maha Penyayang”

Supaya mendapatkan salah satu keutamaan yang berupa syafa’at dari Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam, maka doa tersebut harus kita bacakan ketika kita selesai mendengar adzan.

berdasarkan hadits Riwayat Bukhari yang artinya:

“Dari Jabbir ra sesungguhnya Nabi SAW bersabda: Siapa yang mengucapkan setelah panggilan adzan: Allahumma rabba hadzihidda watittammah washsholatil qaimah ati Muhammadanil wasilata walfadhilah wab’tshu maqamammahmudanilladzi wa’adtah (Ya Allah tumpuan doa yang sempurna dan sholat yang didirikan ini. berilah kiranya Nabi Muhammad wasilah dan kemuliaan, dan tempatkanlah ia pada kedudukan terhormat yang telah engkau janjikan), pasti ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat.” (H.R Bukhari).

Baca juga: Doa Niat Sholat Idul Adha Lengkap

Amalan Setelah Adzan Hingga Iqomah

Sebagaimana kita ketahui bahwa waktu di antara adzan dan iqamah merupakan waktu yang baik untuk berdoa, dimana doa itu akan dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, kita disunnahkan untuk memperbanyak doa pada waktu tersebut

Hal tersebut berdasarkan hadits yang artinya:

“Dari Anas ra sesungguhnya Nabi Saw bersabda: Tidaklah ditolak doa antara adzan dengan iqomah. (H.R Abu daud, Nasa’i dan Turmudzi dan ia mengatakan: Hadits ini hasan lagi sahih). Turmudzi menambahkan lagi. mereka bertanya: Apa yang akan kami baca Ya Rasulullah. Rasulullah bersabda: Mohonlah kepada Allah ampunan dan keselamatan di dunia maupun di akhirat.”

Berikut ini beberapa amalan yang harus kamu lakukan setelah mendengar adzan hingga iqamah

  1. menjawab kalimat adzan seperti yang diucapkan oleh muadzin,
  2. melafalkan shalawat Nabi dengan lafal “Allahumma sholli ‘ala Muhammad”,
  3. membaca kalimat tauhid, yaitu “Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh. Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa”.
  4. membaca doa setelah adzan.
  5. membaca doa yang menjadi hajat atau keinginan kita.

Doa Setelah Iqomah

Iqamah menurut istilah berarti seruan, tanda atau pemberitahuan bahwa shalat akan segera dimulai.

Iqomah disunnahkan diucapkan dengan sedikit cepat dibandingkan adzan, dan dilafalkan dengan memakai suara yang lebih rendah daripada saat Adzan.

Berikut ini adalah bacaan doa setelah iqomah dalam Bahasa Latin dan artinya

“Aqoomahallaahu wa adaamahaa maadamatis samaawaatu wal ardlu”

“Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.”

Amalan Antara Adzan dan Iqomah

Seperti kita tahu bahwa waktu antara adzan dan iqamah adalah waktu yang baik untuk berdoa. Selain itu, ada pula amalan-amalan yang dapat kita kerjakan saat tiba di masjid dan menunggu iqamah dikumandangkan.

Berikut ini merupakan beberapa amalan yang bisa kita lakukan

Duduk di mesjid menunggu shalat dimulai

Orang yang duduk dim masjid sambil menunggu shalat itu pahalanya seperti orang yang sedang shalat. Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Dan ia tetap dalam shalat selama ia menunggu shalat.” (HR Bukhari dan Muslim).

Berdoa

Amalan yang paling dianjurkan pada waktu antara adzan dan iqamah adalah  berdoa. Seorang muslim dianjurkan untuk memanfaatkan waktu ini untuk berdoa dan meminta segala hajatnya kepada Allah. Karena ini adalah waktu yang sangat baik untuk berdoa. Rasullullah bersabda yang artinya:

“Tidak akan ditolak doa antara adzan dan iqamah.” (HR Abu Dawaud, At-Tirmidzi, ia berkata: Hasan).

Membaca Al-Quran

Salah satu amalan yang dapat kamu lakukan pada saat menunggu iqamah adalah membaca Al-Quran. Kebaikan dari membaca Al-Quran pada waktu ini adalah setiap huruf yang dilafalkan akan dilipatgandakan sebanyak sepuluh kali lipat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:

“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka untuknya satu kebaikan. Dan satu kebaikan itu dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR Tirmidzi, ia berkata: hasan shahih gharib).

Membaca Istighfar

Beristighfar merupakan permohonan ampun kepada Allah yang terntunya termasuk salah satu amalan yang sangat baik untuk dilakukan ketika menuggu iqamah dikumandangkan.

Abu Hurairah menuturkan, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

“Demi Allah, sungguh aku beristighfar kepada Allah dan bertobat kepada-Nya dalam satu hari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR Bukhari).

Berdzikir

Dzikir adalah amalan yang ringan tapi sangat besar timbangannya di akhrat nanti. Banyak ayat Al-Wuran dan hadis yang menjelaskan tentang keutamaan berdzikir.

Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa berdzikir dalam setiap waktu dan keadaannya.” (HR Bukhari Muslim).

Baca juga: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang perlu kamu ketahui

Demikian pembahasan mengenai doa setelah adzan yang perlu kita kertahui. Mari amalkan doa-doa tersebut dalam kehidupan sehari-hari untuk menambah pahala kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *