Sholat Tahajud: Tata Cara, Niat, Doa Keutamaan dan Manfaat

Sholat Tahajud Tata Cara, Niat, Doa Keutamaan dan Manfaat

Balaibahasajateng, Sholat Tahajud: Tata Cara, Niat, Doa Keutamaan dan Manfaat – Sholat tahajud adalah sholat Sunnah yang dilakukan sebanyak dua rakaat setiap sholatnya dan dilakukan pada sepertiga malam. Ada pula yang  berpendapat bahwa sholat ini dilakukan  pada setengah akhir waktu malam atau dua pertiga malam hingga menjelang waktu subuh.

Para ulama memiliki pendapat yang bereda mengenai waktu pelaksanaan sholat yang sering kali disebut dengan sholatun lail ini. Pendapat yang pertama mengemukakan bahwa sholat ini harus dikerjakan setelah bangun tidur di malam hari. Sedangkan ulama yang lainnya menyebutkan bahwa setiap orang yang akan melakukan sholat tahajud ini tidak perlu tidur terlebih dahulu.

Setiap orang yang melaksanakan sholat tahajud akan memiliki keistimewaan dan kelebihan yang tak akan dijumpai oleh banyak orang. Hal ini karena dalam prakteknya, untuk melakukan sholat tahajud dibutuhkan niat yang kuat agar bisa terlaksana.

Baca juga: Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Tahajud merupakan sholat malam setelah bangun dari tidur. Sholat tahajud pun bagian dari sholat sunnat yang menjadi bagian penting dari Sunnah Rasullullah SAW, sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Al-Israa.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَىٰ أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bersholat ta-hajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Rabb-mu mengang-katmu ke tempat yang terpuji.” (Al-Israa’/17: 79)

Selain firman di atas, ada juga keterangan hadist yang diriwayatkan oleh ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Radhiyallahu anhuma ia menuturkan, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللهِ صَلاَةُ دَاوُدَ، وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ: كاَنَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُوْمُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ، وَيَصُوْمُ يَووْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: “Sholat yang paling dicintai Allah adalah sholat Nabi Dawud Alaihissallam dan puasa yang paling dicintai Allah juga puasa Nabi Dawud Alaihissallam. Beliau tidur setengah malam, bangun sepertiga malam dan tidur lagi seperenam malam serta berpuasa sehari dan berbuka sehari.”

Dua dalil di atas menunjukkan bahwa sholat tahajud sangat istimewa jika dibandingkan dengan sholat sunnat lainnya. Namun disamping keistimewaan sholat tahajud, kamu juga harus tahu hal-hal yang berkaitan dengan sholat tahajud, seperti doa, tata caranya dan manfaatnya. Berikut ini untuk lebih jelasnya.

Table of Contents

Niat Sholat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Latin : “Ushalli Sunnatan Tahajjudi Rak’ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’alaa”

Yang artinya: “Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala. Niat tersebut dibaca sebelum takbir.

Doa Setelah dan Sesudah Sholat Tahajud

.اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَككَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: “Artinya: “Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya. Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Tata Cara Sholat Tahajud

Tata caranya sama seperti sholat pada umumnya, untuk lebih jelasnya simak tata caranya di bawah ini:

  1. Ucapkan niat sholat tahajud pelan dan hayati artinya di dalam hati.
  2. Ucapkan takbir sambil mengangkat kedua tangan ke atas seperti sholat pada umumnya.
  3. Baca sholat iftitah.
  4. Baca surat Al-fatihah.
  5. Surat pendek al-quran, seperti Al-Falaq, Al-Ikhlas, An-nas dan surat lainnya.
  6. Lakukan ruku’, I’tidal, sujud sampai salam sambil membaca bacaan sholatnya.
  7. Untuk rakaat berikutnya, ulang kembali langkah 2-6.
  8. Setelah selesai, kamu disunatkan membaca, tasbih, takbir, tahmid, sholawat, istigfar dan doa lainnya.

Manfaat dan Keutamaan Sholat Tahajud

  • Dikabulkan doa-doanya
  • Allah akan mengangkat derajat ke tepat yang terpuji
  • Lebih mendekatkan diri kepada Allah
  • Memperoleh banyak kemuliaan
  • Meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengusir penyakit
  • Menjauhkan diri dari kelalaian hati
  • Meringankan lamanya berdiri di hari kiamat nanti
  • Mencegah perbuatan dosa
  • Muka tampak berkilau dan bercahaya
  • Jaminan masuk surge

Sholat Sunnah tahajud adalah sholat malam yang dapat memberikan  keutamaan bagi orang yang melaksanakannya. Kerutamaan yang didapat adalah keutamaan dunia akhirat yang didapatkan dari melaksanakan sholat ini antara lain:

Doa-doa kita dikabulkan oleh Allah

Keutamaan ini disampaikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad. Dalam hadis tersebut disampaikan bahwa Jabir R.A berkata bahwa beliau mendengar Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya seorang muslim memohon kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah di malam hari itu, Allah akan mengijabah (mengabulkan) doanya. Terlebih lagi, hal ini bisa dilakukan setiap malam.”

Dalam hadis riwayat Muslim disampaikan bahwa Rasulullah pernah bersabda mengenai sholat ini.

“Bahwa seutama-utamanya sholat sesudah sholat fardhu adalah sholat Sunnah di malam hari.”

Janji Surga Bagi Orang yang Mengamalkan Qiyamul Lail

Sebagaimana yang telah diriwayatkan Tirmidzi bahwa Abdullah bin salam berkata bahwa Rasulullah bersabda:

“Hai sekalian umat manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, serta sholat malamlah ketika manusia sedang tidur agar kamu selamat dan masuk surga.”

Janji tempat terpuji

Seperti yang tercantum dalam QS. Al Isra ayat 79:

“Hendaklah seorang muslim sholat tahajud pada malam hari sebagai tambahan amal niscaya Tuhan akan mengangkatnya ke tempat yang terpuji.”

Baca juga: Bacaan Dzikir Setelah Sholat Lengkap

Dengan melakukan sholat tahajud sesuai dengan Sunnah Rasulullah SAW, maka kamu akan mendapatkan banyak kebaikan dari Allah SWT. Kamu juga bisa memanfaatkan sholat tahajud sebagai cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan tentu saja untuk meminta ampunan atas dosa yang sudah diperbuat selama di dunia. Terlebih seorang manusia tidak akan luput dari dosa sehingga harus senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan membuat kita lebih dekat kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *