Endorse: Pengertian, Harga dan Manfaat

apa itu Endorse
5/5 - (1 vote)

Pengertian dan Manfaat Endorse – Salah satu cara meningkatkan penjualan adalah strategi marketing-nya harus jelas. Maka dari itu, perusahaan akan terus menggodok sumber daya manusia di bidang pemasaran agar bisa bekerja maksimal sesuai tujuan perusahaan.

Salah satu teknik marketing di dunia usaha atau bisnis adalah endorse. Tentu, tidak semua orang paham dengan strategi pemasaran yang satu ini. Maka dari itu, perlu kiranya dijelaskan tentang pengertian endorse serta manfaat-manfaatnya.

Daftar Isi

  1. Pengertian Endorse
  2. Manfaat Endorse
    1. 1. Produk Menyebar Dalam Waktu Singkat
    2. 2. Follower Bertambah Banyak
    3. 3. Promosi Produk Lebih Efektif
  3. Penentuan Harga Endorse

Pengertian Endorse

Pengertian Endorse adalah strategi pemasaran produk yang berupa pemanfaatan pihak ketiga untuk ikut memasarkan produk. Biasanya, orang yang dimintai jasanya adalah para pesohor yang tenar seperti artis, pesepakbola atau kalangan elit dan cerdikiawan.

Strategi ini menjamur seiring bertumbuhnya media sosial di Internet. Bahkan Di instagram, banyak artis terkemuka seperti Syahrini, Luna Maya dan Raffi Ahmad yang menjadi endorse produk untuk perusahaan besar.

Tujuan inti dari strategi endorse adalah mengenalkan produk ke konsumen dengan cepat dan efektif. Sehingga, diharapkan dengan pemakaian jasa “pesohor” tersebut, orang lebih tertarik untuk membelinya.

Sekalipun cukup familiar, strategi endorse merupakan taktik pemasaran yang modern. Walaupun begitu, hasilnya cukup menggiurkan. Apalagi jika artis yang digunakan memiliki followers dan peminat yang banyak.

Baca Juga : Pengertian Iklan beserta Tujuan, Ciri ciri, Contoh, Manfaat dan Jenisnya

Manfaat Endorse

Untuk perusahaan yang ingin menggunakan endorse, harus tahu terlebih dahulu manfaat-manfaatnya. Supaya tindakan yang dilakukan tepat sesuai dengan rencana.

1. Produk Menyebar Dalam Waktu Singkat

Manfaat pertama adalah mengenalkan produk dalam waktu singkat. Ini terbukti, bahkan tidak skala menit, beberapa detik saja diposting, produk langsung dikenal jutaan orang.

2. Follower Bertambah Banyak

Jika menggunakan strategi endors, biasanya viewer atau followers akan bertambah. Minimal pengikut artis yang menjadi endorsemen akan ikut bergabung pada akun pemilik produk.

Nah, followers inilah yang akan disasar oleh perusahaan untuk membeli produk yang ditawarkan. Maka dari itu, semakin tenar artis yang menjadi endorse, peluang mendapatkan pelanggan juga terbuka lebar.

3. Promosi Produk Lebih Efektif

Manfaat endorse yang tidak bisa dilupakan adalah sebagai strategi promosi yang cukup efektif. Karena cukup mem-posting video atau gambar artis dengan produk, barang akan menyebar ke mana-mana.

Tentu dengannya pihak pemilik produk atau perusahaan tidak perlu mengeluarkan brosur atau jenis promosi lain yang memakan banyak biaya, tetapi hasilnya kurang memuaskan.

Baca juga: Organisme Heterotrof: Pengertian, Jenis dan Contoh

Penentuan Harga Endorse

Harga endorse, atau biaya yang dibayar oleh perusahaan kepada selebriti atau influencer untuk mempromosikan produk mereka di media sosial, telah menjadi topik hangat dalam industri pemasaran digital

Harga endorse ini dapat bervariasi tergantung pada seberapa besar pengaruh atau popularitas seseorang di media sosial, seberapa sering produk atau layanan tersebut dipromosikan, dan berapa banyak orang yang dapat terpapar oleh promosi tersebut.

Semakin besar pengaruh seseorang di media sosial, semakin tinggi pula harga endorse yang dibayarkan. Karena itu, banyak orang yang memiliki pengaruh di media sosial seperti selebriti, atlet, atau influencer, dapat menghasilkan pendapatan yang sangat besar melalui endorse.

Para pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan apakah biaya endorse tersebut sepadan dengan manfaat yang mereka dapatkan dari promosi tersebut, terutama jika merek atau produk yang mereka promosikan tidak sejalan dengan nilai-nilai yang dipegang oleh pengaruh tersebut.

Berikut adalah contoh harga endorse untuk influencer dengan jumlah pengikut yang berbeda:

Jumlah PengikutHarga Endorse (per posting)
< 10.000Rp 500.000 – Rp 1.000.000
10.000 – 50.000Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000
50.000 – 100.000Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000
100.000 – 500.000Rp 5.000.000 – Rp 10.000.000
500.000 – 1.000.000Rp 10.000.000 – Rp 15.000.000
> 1.000.000Rp 15.000.000 – Rp 25.000.000

Catatan: harga endorse dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor lain, seperti popularitas dan kredibilitas influencer, jenis produk yang dipromosikan, dan lamanya waktu kemitraan. Oleh karena itu, tabel di atas hanya sebagai referensi umum.

Baca juga: Globalisasi: Pengertian, Faktor Penyebab, Teori, Ciri dan Dampaknya

Berikut adalah contoh harga endorse beberapa influencer terkenal di Indonesia:

Nama InfluencerJumlah Pengikut (juta)Harga Endorse (juta rupiah)
Raffi Ahmad52,1500
Ayu Ting Ting29,8350
Atta Halilintar23,2250
Raditya Dika16,7150
Jessica Iskandar11,5100

Perlu dicatat bahwa harga endorse dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor, termasuk jumlah pengikut, keterlibatan pengikut, kredibilitas dan popularitas influencer, jenis produk atau layanan yang dipromosikan, dan banyak faktor lainnya. Oleh karena itu, harga endorse dapat berbeda-beda pada setiap influencer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *