7 Menara Tertinggi di Dunia

Burj Khalifa adalah menara tertinggi di dunia

Balaibahasajateng, 7 Menara Tertinggi di Dunia – Zaman yang semakin maju membuat pekerjaan manusia menjadi semakin mudah. Banyak gedung pencakar langit yang dibangun di perkotaan serta perhotelan yang tinggi menjulang. Seperti sebuah bangunan yang tinggi menara dibuat oleh manusia dengan tinggi yang fantastis. Bahkan ketinggiannya bisa melebihi ukuran gedung. Gedung dan menara tentu merupakan dua hal yang berbeda, jika gedung memiliki lantai dan ruangan, maka menara tidak memilikinya.

Selain itu, menara juga tidak berfungsi sebagai hunian untuk manusia, hanya saja menara biasanya diberi tempat khusus untuk menikmati pemandangan dengan hadirnya restoran. Bahkan ada beberapa menara yang menjadi ikon suatu Negara loh, sebut saja Italia dengan menara Pisa. Tahukah Anda ada banyak menara di dunia. Dari sekian banyak menara tersebut, ada beberapa menara yang menjadi menara tertinggi di dunia.

Table of Contents

1. Menara Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab


Menara yang satu ini memiliki tinggi 828 meter yang dinilai memiliki banyak cerita saat proses pembuatannya. Bagaimana tidak untuk membangun menara dengan tinggi tersebut dibutuhkan waktu selama 6 tahun lamanya. Tepatnya menara tersebut dibangun mulai tahun 2004 dan selesai di tahun 2010.

Menara Burj Khalifa memiliki 163 lantai dengan desain yang cantik layaknya karya Frank Lloyd Wright bernama “The Illinois”. Seorang arsitektur yang bertugas membangun menara Burj Khalifa menuturkan bahwa ia terinspirasi dari Minaret Spiral Masjid.

2. Tokyo Skytree di Tokyo


Selanjutnya kita beralih ke salah satu Negara di Asia yaitu Tokyo. Tokyo memiliki menara tertinggi bernama Tokyo Skytree yang dimaksudkan sebagai menara televise serta observasi disana. Pada mulanya menara yang satu ini dimaksudkan untuk menggantikan Tokyo Tower yang sudah mulai dikalahkan oleh bangunan tinggi yang lain.

Tokyo Skytree telah dibangun dengan gaya neo futuristic lalu diperkuat lagi dengan rangka beton. Sehingga diprediksi dapat tahan dari gempa. Bahkan meski baru saja selesai dibangun jumlah pengunjung di menara yang satu ini sudah mencapai 1,6 juta wisatawan loh.

3. Shanghai Tower di Shanghai


Seorang arsitek bernama Marshall Strabala dan Jun Xia merancang sebuah menara dengan tinggi 632 meter. Dan kini sudah terealisasikan dengan nama Shanghai Tower. Bukan hanya sekedar sebagai tempat rekreasi, namun menara ini juga berfungsi sebagai pertokoan, restoran, perkantoran, serta sky lobby. Selain itu, menara yang ada di Shanghai ini memiliki 121 lantai dengan museum yang berada di dalamnya.

4. Abraj Al-Bait di Mekkah


Salah satu menara tertinggi di dunia selanjutnya dimiliki oleh Mekkah, yaitu dengan ketinggian 601 meter. Menara Abraj sering juga disebut dengan Mecca Royal Hotel Clock Tower. Selain sebagai menara tertinggi yang ada di dunia Abraj Al-Bait juga termasuk menara jam yang terbesar, dengan diameter sekitar 46 m. jika jam besar Big Ben merupakan sebuah jam mekanik, maka jam raksasa yang ada di menara Abraj Al-Bait adalah jam digital yang diterangi oleh 2 juta lampu LED.

Namun ada kisah lain dibalik pembangunan menara yang satu ini. kontroversi yang terjadi disebabkan untuk membangun menara harus mengorbankan sebuah benteng Adjad yang merupakan benteng bersejarah Ottoman dari abad ke 18.

Baca juga: 10 Sungai Terpanjang di Indonesia yang Jarang Diketahui

5. Canton Tower di Guangzhou


Guangzhou Tower merupakan menara yang khusus dibangun oleh pemerintah Tiongkok. Menara televisi yang satu ini sebenarnya digunakan untuk menyambut Asian Games tahun 2010 lalu. Saat malam hari Anda dapat melihat keindahan dari Canton Tower. Sebab saat itu penerangan dari ribuan lampu LED akan memberikan pesona tersendiri. Dengan tinggi 600 meter, Canton Tower termasuk menara tertinggi di dunia.

6. Canadian National Tower di Toronto


Salah satu menara yang dibangun oleh salah satu perusahaan CN ini memiliki tinggi 553 meter. Manara Canadian National Tower telah selesai dibangun pada tahun 1976.  Selain itu, Canadian National tower juga memiliki 147 lantai. Saat berada di atas menara yang satu ini Anda akan melihat banyak pemandangan fantastis.

Anda akan melihat Air Terjun Niagara serta keindahan Danau Ontario di atas menara. Menjadi salah satu bangunan perusahaan, Canadian National Tower bisa berfungsi sebagai sarana observasi dan destinasi wisata untuk pengunjung.

7. Kingdom Tower di Jeddah


Mari mengenal menara tertinggi di dunia yang tingginya mencapai 1 kilometer. Menara Kingdom Tower ini membutuhkan bertahun-tahun masa pembangunan. Diketahui konstruksi mulai dilakukan sejak tahun 2013 dan direncanakan akan selesai pada tahun 2020. Mulanya menara di Jeddah ini akan dibangun dengan ketinggian 1,6 km. namun karena ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan, tingginya berkurang menjadi 1 km. apabila bangunan ini benar-benar akan selesai tahun ini, bisa dipastikan Kingdom Tower akan menjadi menara tertinggi di dunia.

Baca juga: 8 Nama Pegunungan Tertinggi Di Dunia

Beberapa menara tertinggi di dunia yang disebutkan di atas bisa jadi objek kunjungan loh. Berwisata sambil menggali sejarah berdirinya bangunan tersebut. tertarik untuk ke salah satu menara tersebut? jika iya, tentunya anda harus menyiapkan budget yang tidak sedikit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *