Manfaat Berolahraga saat Puasa di Bulan Suci Ramadan

Manfaat Berolahraga saat Puasa
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Manfaat Berolahraga saat Puasa di Bulan Suci Ramadan – Umat Muslim di seluruh penjuru dunia saat ini sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Biasanya, masyarakat cenderung akan mengurangi aktivitas sehari-harinya karena harus menahan lapar dan haus selama seharian penuh. Padahal sebenarnya, tubuh tetap harus bergerak lho. Semakin sedikit aktivitas bergerak yang sobat lakukan, kemungkinan akan semakin besar tubuhmu akan menjadi terasa lemas dan lesu selama berpuasa.

Aktivitas berolahraga yang biasa sobat lakukan tetap harus dijalankan selama berpuasa. Tentu saja dengan penyesuaian porsi latihan sesuai dengan kemampuanmu. Sebenarnya apa saja sih manfaat berolahraga saat puasa di bulan suci Ramadan?

Manfaat Berolahraga saat Puasa di Bulan Suci Ramadan

  1. Memperlancar metabolisme tubuh
  2. Menjaga kestabilan berat badan
  3. Menjaga kebugaran tubuh
  4. Meningkatkan konsentrasi

Memperlancar metabolisme tubuh

Salah satu faktor yang mempengaruhi metabolisme tubuh kita adalah aktivitas gerakan yang sobat lakukan. Semakin jarang kamu bergerak saat puasa, maka akan semakin terganggu metabolismemu. Maka dari itu, ubah kebiasaanmu tersebut dengan melakukan olahraga ringan sehingga metabolismemu tetap berjalan lancar.

Baca juga: Arti Pentingnya Ramadhan bagi Umat Muslim

Menjaga kestabilan berat badan

Walaupun aktivitas makan berkurang, tidak sedikit orang malah justru mengalami kenaikan berat badan saat Ramadan. Percaya gak sobat? Sebenarnya hal ini disebabkan oleh kebiasaan makan kita yang menumpuk di dua waktu, yakni sahur dan berbuka, namun aktivitas kita yang berkurang. Akibatnya, makananmu tidak terserap dengan maksimal dan terjadi penumpukan lemak. Oleh sebab itu, tetaplah kamu berolahraga ringan agar dapat mengimbangi konsumsi makanan dengan aktivitas tubuh.

Menjaga kebugaran tubuh

Sering terasa loyo saat puasa? Itulah yang terjadi jika sobat jarang bergerak dan tidak mengeluarkan keringat. Yuk jaga agar tubuh tetap bugar dengan melakukan aktivitas olahraga ringan. Sebab, ketika tubuh kita berkeringat, kita akan mengeluarkan hormon endorfin yang mampu memicu rasa bahagia dan semangat.

Meningkatkan konsentrasi

Saat sedang berpuasa, biasanya sobat terasa mengantuk dan lelah, terutama di siang hari. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas bekerja maupun belajar. Untuk itu, lakukanlah gerakan olahraga ringan untuk dapat mengatasi hal ini. Sebab, olahraga ringan mampu untuk meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif dari tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat berolahraga saat puasa di bulan suci Ramadan. Selain keempat manfaat di atas, masih banyak manfaat lainnya yang bisa sobat dapatkan lho dari aktivitas yang menyehatkan tersebut.

Baca juga: Kata Kata Menyambut Bulan Ramadhan 1444 H

Jadi gak ada salahnya kalau kamu meluangkan waktu sedikit untuk melakukan gerakan ringan lebih kurang selama 15-30 menit di sore hari agar tubuhmu tetap bugar dan sehat selama menjalani ibadah puasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *