20 Peraturan Permainan Sepak Bola menurut FIFA

peraturan sepak bola
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng.web.id, 20 Peraturan Permainan Sepak Bola FIFA. Aturan dalam sepak bola lengkap. Peratuan baku sepak bola modern. – Setiap olahraga tentu mempunyai peraturan sendiri agar tercipta sebuah permainan yang penuh dengan keadilan. Ada pun peraturan sepak bola atau yang biasa disebut “Laws of The Game” sudah terlebih dulu dibuat oleh Organisasi Internasional FIFA dengan revisi sedemikian rupa. Pada awalnya sepak bola belum mempunyai peraturan yang mengikat sehingga permainan cenderung kasar dan tanpa ada sistem jelas. Seperti pada sejarah sepak bola , peraturan juga telah direvisi untuk kesempurnaan permainan sepak bola.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan dilapangan maka FIFA bertindak dengan mengeluarkan beberapa peraturan sepak bola. Untuk pemain Profesional harus tahu hal tersebut karena sebagai dasar dalam permainan sepak bola. Dan untuk berikut ini peraturan sepak bola yang dikeluarkan FIFA.

20 Peraturan Permainan Sepak Bola

Sekitar ada 20 peraturan sepak bola yang telah disepakati FIFA untuk pertandingan sepak bola sehingga bisa menjadi salah satu olahraga yang sportif dan menyenangkan. Ini adalah pengembangan dari aturan yang sudah disebutkan dalam wikipedia dimana hanya ada 17 aturan.

1. Peraturan Memulai Pertandingan

Seperti pada laga sepak bola lainnya, kedatangan pemain dan official ke lapangan menjadi awal terjadinya sebuah pertandingan. Ditandai dengan saling jabat tangan dan baris menghadap penonton. Wasit memanggil kedua kapten tim untuk menentukan tim mana yang pertama kali memegang bola atau tim mana yang memilih gawang dengan melempar uang logam.

2. Kapten tim

Peraturan dalam permainan sepak bola mewajibkan ada seorang pemimpin tiap klub di lapangan. Setiap pertandingan sepak bola ada yang mewakili tim untuk dari mediator yaitu kapten. Ban kapten biasanya disematkan untuk pemain yang sudah tua atau yang paling populer.

3. Ukuran Lapangan Sepak Bola

Lapangan adalah salah satu peraturan dalam permainan sepak bola yang harus sesuai dengan yang ditetapkan FIFA. Untuk ukuran panjang 90-120 meter dan lebar lapangan sekitar 45 – 90 meter.

Ukuran panjang dan lebar lapangan sepak bolajuga tidak sembarangan ditentukan begitu saja. Ini juga menyangkut dengan jumlah pemain yang ada di lapangan sehingga tidak penuh sesak isi pemain.

Lebih lengkap baca: Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Organisasi, Teknik dasar dan Peraturan

4. Ukuran Bola Sepak Standar

Bola adalah perangkat utama untuk bermain sepak bola. Maka dari itu ada aturan baku ukuran bola sepak yang bisa digunakan untuk permainan sepak bola. Nah untuk Keliling bola ukurannya tidak boleh lebih dari 28 inchi atau 70 cm.

5. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola terdiri dari dua tim yang terbagi menjadi 11 pemain setiap tim. terlepas dari pamain yang ada di lapangan , di bangku cadangan juga ada sekitar 10 pemain yang siap untuk jadi pelapis.

Setiap pertandingan hanya boleh mengganti 3 pemain. Dan pemain yang sudah diganti tidak dapat main kembali ke lapangan. Peraturan lain terjadi KO jika pada suatu tim hanya tersisa 7 pemain karena yang 4 pemain terkena kartu merah.

Lihat lengkap di 

6. Peraturan Memakai Aksesoris

Terlepas dari pemain yang berjumlah 11 orang. Permainan sepak bola sendiri memerukan perangkat lain untuk menunjang berjalannya sebuah pertandingan. Atribut yang biasanya ada disetiap pemain sudah diatur sedemikian rupa hingga mempermudah pemain untuk bermain. Berikut ini aksesori yang boleh dipakai saat bermain sepak bola dan yang dilarang dalam sepak bola :

Jersey

Siapa yang tidak kenal dengan aksesoris sepak bola ini. Iyap, Jersey sebagai salah satu maskot dari klub punya bagian penting dalam sepak bola. Jersey yang punya bahan sentetik untuk menutupi badan dan juga punya teknologi modern menyerap keringat lebih cepat sehingga pemain leluasa untuk bermain.  Hal ini yang membedakan jersey bola dengan kaos polos biasa.

Setidaknya pada tiap tim punya 2 atau lebih jersey untuk pertandingan . Dan di bagian jersey juga terdapat sponsor yang terikat kontrak. Selain itu warna yang digunakan antara jersey home, away dan ketiga juga jharus berbeda sehingga tidak ada jersey yang sama untuk lawan. Ini juga memudahkan dalam setiap pertandingan bola.

Kaos Kaki

Kaos kaki sama seperti jersey. harus seragam tiap tim sehingga satu paket dengan kaos kaki menjadi kewajiban Apparel untuk produksi.

Sarung Tangan

Sarung tangan biasanya digunakan posisi pemain kiper untuk menangkap bola lebih mudah. Tidak sembarangan dalam teknologi pengembangan sarung tangan. Bola tendangan keras pun akan terasa biasa saat ditangkap bila menggunakan sarung tangan yang sudah punya teknologi maju. sementara untuk pemain lain , sarung tangan digunakan bila cuaca dingin seperti sedang ada salju dan musim dingin.

Penutup Kepala

Ini untuk aksesoris khusus pemain yang sedang dalam tahap penyembuhan. seperti pada Peter Cech yang memakai penutup kepala paska operasi.

Aksesoris yang Dilarang

Sudah jelas aksesoris yang dilarang disini yang tidak ada hubungannya dengan kegunaan untuk tubuh seperti: anting, gelang, kalung dll.

7. Peraturan menggunakan Wasit

Wasit adalah orang yang bertangungjawab penuh untuk mengatur pertandingan. Seperti pelanggaran, off side, lemparan kedalam dan tanda dimulai perandingan diputusakan memalui wasit. wasit harus berntindak adil dilapangan sesuai dengan pakta integritas wasit. dari semua yang dilakukan wasit ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  • Wasit utama mengatur pertandingan dengan 2 asisten wasit
  • Memeriksa bola yang harus sesuai standar
  • Memastikan pemain untuk tidak memakai aksesoris terlarang
  • Asisten wasit bertugas memeriksa gawang
  • Memulai, menghentikan, menunda dan mengakhiri pertandingan jika ada pelanggaran.
  • Menghentikan permainan jika pemain ada yang cidera
  • Pemain yang keluar lapangan harus ijin dulu jika mau masuk kelapangan kembali

8. Asisten Wasit

Pada pertandingan sepak bola punya 3 wasit yang terdiri dari 1 wasit utama dan 2 wasit asisten. Tugas asisten wasit untuk mengabarkan pada wasit utama ketika terjadi offside, bola keluar, lemparan kedalam melalui bendera yang di kibaskan.

9. Peraturan Waktu Permainan Sepak Bola

  • Permainan sepak bola dilakukan selama 90 menit dibagi dua babak
  • setiap babak 45 menit dengan istirahat selama 15 menit
  • Jika selama 90 menit tidak ada gol atau seri maka akan ada tanbahan waktu extra time
  • Waktu extra time selama 2 x 15 menit
  • jika dalam waktu extra time masih terjadi seri maka dilanjutkan adu pinalti

10. Peraturan Kick Off

Kick off adalah tanda suatu pertandingan dimulai. Dan dimulai kembali sebuah pertandingan karena ada beberapa hal sebagai berikut:

  • Memulai pertandingan
  • Terjadinya sebuah gol
  • Memulai babak yang kedua
  • Memulai babak extra time

11. Peraturan Bola Keluar (Out)

Peraturan bola keluar terjadi ketika:

  • bola dengan sengaja atau tidak keluar dari garis lapangan dan tejadi sebuah emparan kedalam.
  • Bola keluar dibagian daerah pertahanan melewati garis terjadi tendangan sudut.
  • Bola keluar dengan senjaga karena perintah wasit ketika ada pemain cidera.

12. Peraturan Gol

Gol terjadi ketika bola melewati garis gawang sampai keseluruhan bola masuk. jika masih setengah kemungkinan akan dianulir wasit (menurut peraturan sekarang).

Teknik Memasukan bola ke gawang bisa dilakukan dengan sundulan, tendangan keras, sentuhan kecil atau dengan pinalti. semua tergantung wasit yang menentukan jika sah maka akan dijadikan gol , jika tidak akan dianulir.

baca selengkapnya tentang Ukuran Gawang Sepak Bola

13. Peraturan Offside dan Onside

Pemain depan yang terlalu dekat dengan daerah pertahanan tanpa menghiraukan pemain belakang lawan biasanya terjadi oofside. Offside terjadi jika pemain lawan berada lebih dekat dengan gawang daripada pemain sendiri.

Ini terjadi jika pemain ada di daerah lawan. Jika ada di garis tengah sendiri maka tidak akan terjadi offside dan ini yang dinamakan onside.

14. Peraturan Terjadinya Pelanggaran

Pelanggaran pada setiap pertandingan ada banyak sebabnya. Bisa itu karena bersenggolan, tackle, benturan, berebut bola atau menarik baju. ini salah satu peraturan permainan sepak bola yang mengatur untuk taat pada etika bertanding.

Pelanggaran juga terbagi untuk pelanggaran ringan, sedang dan berat. Bagi pemain yang melakukan pelanggaran ringan biasanya hanya diberi peringatan dari wasit. Sementara untuk pelanggaran yang sedang atau membahayakan dan merugikan akan diberi sanksi kartu kuning. dan untuk kartu merah dikeluarkan wasit bila terjadi sesuatu yang sudah tidak bisa ditolelir lagi.

Untuk pemain yang bermain dalam satu klub biasanya ada yang terkena akumulasi kartu. Apa si akumulasi kartu kuning? Ini merupakan sebuah hukuman bagi pemain yang kena kartu kuning berurutan dalam sebuah pertandingan liga dan menyebabkan sang pemain tidak dapat bermain di laga ketiga. seperti liga champion yang biasanya ada hukuman tersebut.

15. Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

Tendangan bebas biasanya terjadi ketika ada pelanggaran di luar kotak pinalti. Tendangan bebas dilakukan dengan dua cara yaitu langsung mengarah ke gawang sepeti yang banyak dilakukan oleh tendangan bebas Ronaldo atau dengan mengarahkan ke daerah kotak pinalti dengan tujuan bisa tercipta gol dari kawan tim.

16. Peraturan Terjadinya Penalti

Penalti adalah sebuah tendangan bebas dari dalam kotak 12 pas tanpa ada penghalang dari pemain lain kecuali kiper. tendangan pinalti terjadi akibat dari pelanggaran yang terjadi di kotak pinalti. Seperti handball, tackle, atau menarik baju lawan.

Tendangan pinalti dieksekusi oleh salah satu pemain yang telah ditunjuk tim. Biasanya yang sudah terbiasa dan siap melakukan karena ada beban mental didalamnya.

17. Lemparan kedalam (Throw in)

Lemparan ke dalam adalah sebuah lemparan bola dari luar lapangan ketika tim lawan mengeluarkan bola. Aturan lemparan dalam adalah kedua kaki harus menapak pada tanah dan jika ada salah satu kaki terangkat maka dibatalkan. Jika terlalu lama menunggu kawan datang untuk jembut bola throw in juga akan dikenai sanksi.

18. Tendangan Gawang

Tendangan gawang adalah sebuah tendangan dari kotak pinalti oleh kiper dan pemain ketika bola dibuang lawan keluar lapangan lewat bagian garis gawang. Jadi semua bola yang ditendang lawan melewati garis gawang akan menghasilkan tendangan gawang.

19. Tendangan Sudut (Corner kick)

Corner kick adalah tendangan bebas dari sudut gawang yang disebabkan oleh bola yang dibuang pemain sendiri ke daerah sendiri melewati garis gawang. Tendangan sudut dilakukan pemain lawan dengan mengarah langsung ke daerah kotak pinalti atau pemain yang sedang tidak dijaga.

20. Peraturan Pergantian Pemain

Pertandingan sepak bola resmi secara umum melakukan pergantian maksimal 3 pemain dalam pertandingan dan untuk laga persahabatan melakukan 7 pergantian. Dan ketika pemain penganti cedera boleh diganti lagi dengan pemain lain selama batas maksimal pergantian belum terpenuhi.

Nah itulah peraturan permainan sepak bola yang perlu diketahui oleh pemain profesional atau wasit pertandingan. Semoga jadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih sudah berkunjung..