Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Organisasi, Teknik dasar dan Peraturan

pengertian sepak bola
5/5 - (2 votes)

Balaibahasajateng.web.id, Sepak Bola: Pengertian, Sejarah, Organisasi, Teknik dasar dan Peraturan – Siapa yang tidak tahu olahraga yang satu ini? Semua orang pasti mengetahui permainan sepak bola. Olahraga ini termasuk populer dan paling banyak digemari di Dunia. Dalam melakukan permainan sepak bola kamu harus mengerti apa itu sepak bola dan semua informasi yang berhubungan dengan sepak bola.

Yuk kita bahas disini..

Daftar Isi

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola berasal dari 2 kata yaitu “Sepak” dan “Bola”. Pada kata sepak sendiri memiliki arti yaitu menendang menggunakan kaki, sedangkan bola memiliki arti yaitu alat permainan yang berbentuk bulatyang terbuat dari bahan karet, kulit dan lain-lain.

Sepak bola merupakan cabang olahraga yang menggunakan bola dimana pada umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim.

Dari setiap tim beranggotakan 11 orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia.

Tujuan utama dari sepak bola sendiri adalah mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan.

Permainan ini biasanya dilakukan pada sebuah tempat, atau lapangan yang berumput sintetis atau non-sintetis.

Secara umum, hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya.

Sedangkan 10 pemain lainnya hanya diperbolehkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan. Biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Salah satu tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya.

Jika hingga waktu berakhir skor antara kedua tim masih imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu maupun adu penalti, tergantung dengan format sistem kejuaraan tersebut.

Dari sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang.

Walaupun demikian, pemenang sebuah pertandingan sepak bola dapat dibatalkan sewaktu-waktu atas skandal dan tindakan kriminal yang terbukti di kemudian hari.

Sebuah laga sepak bola dapat dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan (Walk Out).

Jadi pengertian sepak bola secara umum adalah suatu permainan olahraga yang dilakukan dengan cara menendang-nendang bola, kemudian menyusun strategi untuk dapat memasukan bola kedalam gawang tim lawan.

Posisi dan Peran Pemain Sepak Bola

Jumlah permain dalam pertandingan sepak bola yaitu 11 orang. Pada dasarnya, setiap tim terdiri dari 1 orang penjaga gawang, 2 sampai 4 orang pemain bertahan (fullback), 2 sampai 5 orang bertugas sebagai pemain tengah, kemudian 1 sampai 3 orang sebagai penyerang.

  • Kiper (penjaga gawang) merupakan pemain satu-satunya pemain yang boleh menggunakan tangan untuk menagkap bola dan bertugas untuk mempertahankan gawang dari serangan lawan. Seorang Kiper menggunakan jersey yang berbeda dengan pemain lainya dan harus memakia sarung tangan.
  • Pemain bertahan (bek) yaitu mempunyai tugas utama yaitu menghalangi, menghadang, menghentikan dan memotong bola dari pergerakan lawan.
  • Pemain tengah (gelandang atau playmaker) yaitu terdiri dari pemain gelandang bertahan dan pemain gelandang penyerang. Pemain ini memiliki tugas yaitu mengatur tempo permainan dan menjadi pembantu pemain bek untuk bertahan, kemudian membantu memberi umpan ke pemain striker. 2 pemain sayap (winger) yang bertugas membantu penyerangan dari sisi kanan dan kiri.
  • Pemain penyerang (striker) yaitu pemain yang mempunyai tugas utama untuk mencetak gol ke gawang tim lawan.
  • Kapten tim adalah seorang pemain diantara pemain lain yang dipilih oleh pelatih yang memiliki tugas mengkordinasi dan memimpin para pemain. Dalam sebuah pertandingan jika ingin mengetahui peran seorang kapten yairu dengan melihat atribut ban (armband).

BACA JUGA: Permainan Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, teknik dasar, Ukuran lapangan dan peraturan

Sejarah Sepak Bola Dunia

Pada beberapa pertandingan, olahraga ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365.

Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola.

Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah.

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut.

Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer)

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola.

Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.

Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.

Berikut ini adalah catatan penting dalam sejarah perkembangan olahraga sepak bola.

  • Tahun 1863 membentuk asosiasi sepak bola Inggris (FA).
  • Tahun 1885 Kanada vs Amerika adalah pertandingan pertama kali yang diadakan di luar Inggris.
  • Tahun 1886 pertama kali mengadakan rapat untuk membahas pembentukan asosiasi sepak bola dunia.
  • Tahun 1888 mulai diberlakuakan pengawas pertandingan yaitu wasit, bertugas yang memegang kendali penuh saat pertandingan sepak bola berlangsung.
  • Tahun 1888 peraturan tendangan pinalti mulai berlaku.
  • Tahun 1904 oraganisasi olahraga sepak bola FIFA dibentuk dengan anggota Prancis, Swedia, Spanyol, Belanda, Swiss dan Belgia.

Sejarah Sepak Bola Di Indonesia

Sejarah Sepakbola di Indonesia sebenarnya telah di mulai sejak tahun 1914 saat sebagian besar wilayah Nusantara di jajah Pemerintahan Belanda. Kompetisi antar kota di Jawa didominasi dua tim yang saat itu masih ada , yaitu Batavia City, Soerabaja City.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia mengalami pasang surut. Pada abad ke-20 Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia atau lebih dikenal dengan PSSI didirikan oleh Ir. Soeratin Sosrosoegondo tepatnya pada tanggal 19 April 1930 di Yogyakarta. Tujuan Utamanya pun jelas sebagai wadah utama kegiatan sepak bola di Indonesia. yang tujuan utamanya adalah untuk mewadahi kegiatan sepak bola di Indonesia. Namun tampaknya Hindia belanda pada saat itu masih berkuasa resah dan berusaha untuk mendirikan Perserikatan tandingan.

Nederlandsh Indische Voetbal Unie atau yang disingkat dengan NIVU didirikan pada tahun 1936 untuk menjadi tandingan PSSI. PSSI dan NIVU sama-sama mengirimkan perwakilan tim sepak bola pada FIFA dalam rangka Piala Dunia Prancis 1938 kala itu. Dan tim yang pertama kali dikirimkan ke Piala Dunia ini adalah cikal Bakal dari Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia sejatinya amat disegani oleh Tim Asia lainnya. Pada Asian games 1954 di Manila, Indonesia mampu menembus semifinal. Namun harus kalah dari Taiwan. Pada Olimpiade Melbourne 1956, Indonesia mampu bertahan hingga perempat final. Namun seribu sayang, Timnas Indonesia harus menjadi lawan Uni soviet di babak selanjutnya dan berakhir dengan kekalahan 4-0.

Masa keemasan Timnas Indonesia terjadi pada tahun 1960-1980, kala itu memang banyak dibicarakan orang. Sebutan macam Asia telah kuat melekat pada klub-klub Indonesia. Bayangkan untuk tim Asian All-Star 1966-1970, timnas menyumbang empat pemain seperti Soetjipto Soentoro, Jacob Sihasale, Iswadi Idris dan Abdul Kadir. Jepang dan Korsel yang saat ini menjadi langganan Piala dunia pun saat itu tak ada apa-apanya dibandingkan timnas kita. Apalagi yang namanya Thailand, Singapura bahkan Malaysia mereka bukan level buat timnas kita.

Sepakbola kita sudah terbiasa bertanding dalam sebuah turnamen maupun ujicoba dengan tim-tim elite dunia. Meskipun sekarang keadaannya benar-benar terbalik dari masa itu, dimana timnas kita sekarang “tertinggal langkah” oleh tim seperti Thailand, Vietnam dan Malaysia. Bahkan jangan samakan dengan Jepang maupun Korea Selatan untuk saat ini.

Soeratin mengakhiri tugasnya di PSSI sejak tahun 1942 dengan masuknya Jepang ke Indonesia. Sebagai langkah yang kurang tepat untuk PSSI, Jepang memasukan Indonesia kedalam bagian dari tai Iku kai yaitu badan Olahraga buatan Jepang. Wafatnya Soeratin Sosrosoegondo lantas tidak membuat bangkit persepakbolaan Indonesia, bahkan prestasi semakin memburuk.

Pada tahun 1970-an beberapa pemain Timnas Indonesia sempat bermain dikanca Intenasional yang antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Kemudian perkembangan terjadi ditubuh PSSI lewat adanya Liga Super Indonesia dengan pembagian liga Utama, Liga 1, dan Liga 2. Selain itu, PSSI juga menggembangkan potensi wanita untuk ikut dalam permainan sepak bola.

Liga Super Indonesia saat ini bernama Liga 1 Shopee dengan pembagian liga utama, Liga 1, Liga 2 dan Liga 3. Bagi tim yang terbawah di setiap liga akan terdegradasi. Setelah sebelumnya Liga satu di sponsori oleh Gojek dan Traveloka.Pada musim 2019 Shopee jadi sponsor utama.

Siapa ketua PSSI sekarang 2019?

Dialah Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule adalah ketua PSSI 2019 terpiih lewat rapat luar biasa di Hotel Sangri La pada 2 November 2019 lalu.

Ketua PSSI sebelumnya Edy Rahmayadi mengundurkan diri setelah dirinya terpilih menjadi Gubernur Sumatera Utara pada 2018 silam. Selanjutnya diganti Ketua Plt Joko Driyono.

Kini Masa jabatan ketua PSSI 2019-2024 ada ditangan Iwan Bule. Apakah segenap kebijakan PSSI akan bisa mengangkat sepak bola Indonesia yang sedang terpuruk ini? Kita lihat saja selanjutnya.

Oke, Demikian uraian tentang Sejarah sepak bola Dunia, Indonesia hingga modern yang sangat menguras emosi. Admin berharap, Indonesia bisa kembali berjaya Khususnya di tingkat Asia.

Induk Oraganisasi Sepak Bola Internasional

Induk organisasi sepak bola Internasional adalah FIFA (Federation Internasional Football Association).

Organisasi tersebut merupakan induk organisasi sepak bola internasional yang membawahi oraganisasi sepak bola lainnya yang ada di setiap negara.

Organisasi ini didirikan di Perancis pada tanggal 21 Mei 1904.

Tugas umum FIFA adalah mempromosikan sepak bola serta mengatur dan mengawasi transef pemain antar tim.

Dalam pemberian peringkat, FIFA memiliki hak untuk memberikan predikat gelar pemain terbaik dunia FIFA dan menerbitkan daftar peringkat dunia FIFA setiap bulannya.

Dalam sistem hukum dan peraturan sepak bola, FIFA juga berkedudukan sebagai lembag yang berwenang membuat dan menetapkan aturan-aturan dalam sepak bola.

Dari sector fundrishing, FIFA adalah sumber dana terbesar bagi penyelenggaraan sepak bola yang dipertandingkan antar Negara.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai induk organisasi yang mengatur dan mengawasi jalannya sepak bola.

FIFA memiliki asosiasi di beberapa benua yaitu, AFC di Asia, CAF di Afrika, CONMEBOL di Amerika Selatan, CONCACAI di Amerika Utara, Tnegah dan Karibia. OEC di Oceania dan UEFA di Eropa.

Induk Organisasi Sepak Bola di Indonesia

Induk Organisasi Sepak Bola di Indonesia adala PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Organusasi ini merupakan badan yang mengurus sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Soeratin Sosrosoegondo.

PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan AFC pada tahun 1954.

PSSI menggelar kompetisi Liga Indonesia setiap tahunnya, dan sejak tahun 2005, diadakan pula Piala Indonesia.

Ketua Umum PSSI sejak 10 November 2016 adalah Edy Rahmayadi, Namun, setelah Edy Rahmayadi terpilih menjadi Gubernur Sumatra Utara.

Akhirnya pada tahun 2019, Ketua Umum PSSI dijabat oleh Joko Driyono.

Pada saat Joko Driyono terjerat kasus penghilangan barang bukti Pengaturan Skor, dia memilih untuk mengundurkan diri.

Kekosongan kursi Ketua Umum PSSI diisi oleh Iwan Budianto.

Pada tanggal 2 November 2019, Iriawan menang mutlak pada kongres Luar Biasa PSSI dengan memperoleh suara 82 di hotel Shangri-La Jakarta, sehingga Mochammad Iriawan alias Iwan Bule terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Organisasi Internasional Sepak Bola

  • Union of European Football Associations (UEFA) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Eropa.
  • The Confederation of North Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia.
  • Confederación Sudamericana de Fútbol (CONMEBOL) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Amerika Selatan.
  • The Asian Football Confederation (AFC) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Asia.
  • Confederation of African Football (CAF) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Afrika.
  • Oceania Football Confederation (OFC) yaitu organisasi olahraga sepak bola di Oceania.

Peraturan Pertandingan Sepak Bola

  1. Peraturan memulai pertandingan.
  2. Pemimpin regu atau tim (captain).
  3. Ukuran panjang dan lebar lapangan.
  4. Ukuran bola standar.
  5. Peraturan jumlah pemain.
  6. Peraturan alam memakai aksesoris.
  7. Wasit.
  8. Asisten wasit.
  9. Peraturan waktu permainan.
  10. Peraturan ick off.
  11. Peraturan bola keluar (out).
  12. Peraturan gol.
  13. Peraturan offside dan onside.
  14. Peraturan terjadinya pelanggaran.
  15. Peraturan tendangan bebas (free kick).
  16. Terjadinya penalty.
  17. Lemparan kedalam (throw in).
  18. Tendangan gawang.
  19. Tendangan sudut (corner kick)
  20. Peraturan pergantian pemain.

BACA JUGA Permainan Bola Besar

Teknik Dasar Sepak Bola

1. Teknik Dasar Pegerakan Tanpa Bola

  • Berlari dengan cepat selanjutnya dibarengi dengan merubah arah lari
  • Berlari zig-zag dengan menghindari tabrakan dengan pemain lawan
  • Mencari posisi yang kosong untuk heading ketika tim kita sedangmelakukan corner kick
  • Posisi kita saat menyerang dan ketika melakukan counter attack harus berada di belangan pemain bek lawan agar tidak terjadi offside
  • Berada di pagar benteng ketika tim kita sedang melakukan tendangan ke arah gawang untuk menghalangi kiper

2. Teknik Dasar Pergerakan Menggunakan Bola

  • Teknik Dribbling (Menggiring Bola).
  • Teknik Passing (Mengumpan Bola).
  • Teknik Throwing (Melempar Bola).
  • Teknik Controlling (Mengontrol atau Menerima Bola).
  • Teknik Shooting (Menendang Bola).
  • Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading).
  • Teknik Merebut Bola (Intercept).
  • Teknik Menyapu Bola (Sliding Tackle).
  • Teknik menangkap Bola (Penjaga Gawang).

Nah itulah artikel singkat mengenai sepak bola. Jika ada pertanyaan dan saran bisa melalui kolom komentar. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan dijadikan sebagai sumber yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *