Sejarah Permainan Bola Voli

sejarah bola voli
Bola voli menyangkut di net/@canva.com
5/5 - (1 vote)

Sejarah permainan bola voli – Berbicara mengenai sejarah olahraga bola voli. Pengertian permainan bola voli adalah permainan yang memproitaskan pada gerakan tangan.

Permainan bola voli juga menjadi olahraga yang populer bagi semua kalangan, karena bola voli sendiri dapat dimainkan oleh kaum putra dan putri.

Dalam sejarah Kemunculan permainan bola voli, permainan ini terus mengalami perkembangan sesuai dengan perdaban zaman.

Kini olahraga bola voli memiliki beberapa golongan di antaranya permainan bola voli pantai serta permainan bola voli mini untuk anak di bawah 10 tahun. Dalam permainan bola voli sendiri juga materi tentang teknik dasar bermain bola voli.

Dalam pembahasan kali ini kami akan membahas mengenai sejarah permainan bola voli di dunia maupun di Indonesia secara lengkap.

Table of Contents

  1. Pencipta Permainan Bola voli
    1. Perubahan Nama Mintonette
    2. Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia
      1. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Belanda
      2. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Belgia
      3. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Bulgaria
      4. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Hongaria
      5. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Inggris
      6. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Italia
      7. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Norwegia
      8. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Perancis
      9. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Portugal
      10. Sejarah Perkembangan Bola Voli di di Rusia
      11. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Cekoslowakia
      12. Sejarah Perkembangan Bola Voli di Yugoslavia
    3. Sejarah Permainan Bola Voli Indonesia
  2. Penutup

Pencipta Permainan Bola voli

Berbicara mengenai pencipta permainan bola voli, tahukah Anda bahwa dalam sejarah permainan bola voli diciptakan oleh siapa dan pada tahun berapa?

Bola voli petama kali ditemukan pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke Massachusetts Amerika Serikat. Pada awal munculnya permainan bola voli diberi nama olahraga Mintonette oleh seorang instruktur pendidikan jasmani (Director of Pshycal Education).

Permainan bola voli diciptakan oleh Wiliam G. Morgan . YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan organisasi yang mengajarkan ajaran-ajaran keyakinan kristiani kepada para pemuda. Organisasi tersebut didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh Wiliam G Morgan setelah menjumpai James Naismith.

Tokoh James Naismith, juga disebut sebagai penemu permainan bola basket, yang di temukan pada tanggal 6 November 1861. James Naismith menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 28 November 1939.

Wiliam G. Morgan sebagai penemu permainan bola voli, dikatakan dalam sejarah pada awal kemunculannya olahraga bola voli disebut dengan mintonette.

Kedua tokoh James Naismith dan Wiliam G. Morgan, mereka mendedikasi hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Mintonette diciptakan setalah Wiliam G. Morgan lulus dari Springfield College Of YMCA. Setelah berselang 4 tahun kemunculan bola basket, baru mintonette di perkenalkan di publik oleh Wiliam G. Morgan.

Permainan mintonette sebenarnya perpaduan antara beberapa permainan yang dijadikan 1, tepatnya adalah permainan bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.

Perubahan Nama Mintonette

Pada tahun 1896 ada perubahan nama mintonette menjadi volleyball (bola voli) yang kita sebut demikian hingga sekarang ini. Pada pertandingan perdana diawal tahun 1896, yang berlangsung di International YMCA training School.

Pada tahun itu juga Dr. Luther Halskey Gulick (Director of the Proffesional Physical Education Training School beliau sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Commite of YMCA).

Beliau mengundang serta meminta Wiliam G. Morgan untuk mengenalkan permainan yang baru ia ciptakan dengan nama mintonette (bola voli) didepan publik stadion kampus yang baru.

Pada konferensi yang diadakan di gedung kampus YMCA, Springfield juga dihadiri oleh instruktur pendidikan jasmani.

Dalam kesempatan tesebut Wiliam G. Morgan menjelaskan bahwa jumlah pemain bola voli dalam satu regu terdapat 5 orang pemain dan dapat dimainkan di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Untuk cara bermain bola voli yang benar Wiliam G. Morgan menjelaskan bahwa setiap pemain mempertahankan posisi bola agar tetap bergerak supaya melewati net dari satu wilayah ke wilayah sebrang.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Sejarah Permainan Bola Voli di Dunia

Seiring dengan kepopulerannya olahraga voli ini penggunaan teknik seperti smash dan yang lainnya. Terutama pada teknik smash diperkenalkan pada tahun 1916 dan pada tahun 1920 baru ada peraturan bola voli mengenai 3 kali sentuhan.

Olahraga voli kemudian berkembang dan menyebar ke beberapa negara selain Amerika, seperti negara Kanada pada tahun 1900.

Setelah menyebar meluas permainan bola voli juga mendirikan induk organisasi bola voli dunia yang menaungi semua cabang olahraga bola voli yang bernama FIVB (Federation Internationale de Volleyball).

FIVB merupakan induk organisasi bola voli sekaligus organisasi bola voli dunia hingga saat ini masih berjalan.

Permainan bola voli berkembang pesat di daratan eropa yang terjadi setelah perang dunia ke-II. Pada tahun 1948, sudah diselenggarakan kejuaraan pertama di Roma, Italia.

Pada awal kejuaraan tersebut baru kategori putra, dan pada tahun 1949, sudah dapat di selenggarakan kejuaraan dunia pertama, yang diselenggarakan di Praha, Cekoslowakia yang dipartisipasi oleh regu putra dan putri dari beberapa negara.

Sehinnga permainan bola voli bisa berkembang ke daerah Eropa.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Belanda

Dalam sejarah bola voli dikatakan bahwa pada tahun 1925, permainan bola voli dikenalkan kepada kalangan mahasiswa di kota Uden oleh S. Buis, sepulangnya ia dari Amerika Serikat. Dimulai dari sinilah sejarah perkembangan bola voli bisa menjalar ke kota-kota lain.

Pearaturan permainan bola voli yang dipakai pada saat itu juga masih belum pasti dan cenderung dilakukan dengan bebas.

Sebagaimana peraturan yang ditetapkan hanyalah mengenai ukuran luas lapangan bola voli yang tercatat memiliki panjang dan lebar adalah 20 x 10 meter.

Pada tahun 1928, seorang Inggris yang bernama Lew Lake mengumukakan olahraga bola voli didepan masyarakat umum.

Pada tahun selanjutnya, tahun 1934 ANVJ (YMCA-nya negeri Belanda), menyelenggarakan pertandingan bola voli untuk menyambut perayaan hari natal.

Ketika angkatan perang Kanada, yang datang untuk membantu kebebasan Belanda dari cengkraman Nazi Jerman, memiliki dukungan besar terhadap olahraga di Belanda.

Hingga pada tahun 1947 didirikannya organisasi bola voli yaitu Nederlandze Volleyball Band (NEVOBO).

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Belgia

Perlu diketahui bahawa bangsa Belgia sudah mengenal bola voli serta memainkanya pada tahun 1930, dan pada tahun ini juga sudah terbentuknya sebuah perkumpulan bola voli.

Sebuah perkumpulan yang terbentuk pada saat itu adalah Union Sportive Interbangues bersamaan dengan perkumpulan angkatan perang. Pada tahun 1932 di Belgia juga sudah dislenggarakan sebuah kompetisi bola voli.

Pada tahun 1944 di kota Brusel, Belgia berdiri sebuah organisasi bola voli yang bernama FBVB, yang dirintis setahun sebelum disahkan menjadi induk organisasi Belgia.

Perkembangan bola voli di Belgia sangat pesat hingga menyelenggarakan pertandingan persahabatan antara regu Brussel melawan Amsterdam. Bermula dar situ beredar majalah mengenai bola voli yang berjudul La Ravue de Volley ball.

Sejak tahun 1947, sering diadakan kejuaraan pertandingan bola voli nasional di Belgia. Hingga pada tahun 1948, permainan bola voli menjadi permainan yang wajib untuk kalangan angkatan perang di Belgia

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Bulgaria

Di Bulgaria permainan bola voli dibawa oleh para mahasiswa yang sempat belajar di luar negri. dan jug dibawa oleh para tawanan pada saat perang dunia pertama terjadi.

Sejak tahun 1950 sudah banyak kompetisi yang diselenggarakan baik untuk putra maupun untuk putri. Kerana kebanyakan bola voli dimainkan oleh kalangan siswa-siswi sekolah.

Sehingga pemerintah di Bulgaria juga langsung bertindak dengan adanya petisipasi ini. Terutama oleh kementrian pendidikan olahraga Bulgaria. Pada waktu itu juga sudah banyak terbit majalah yang bersangkutan dengan bola voli di Bulgaria.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Hongaria

Sejak didirikannya organisasi bola voli di Hongaria pada tahun 1946. Perkembangan bola voli juga meningkat drastis di negara tersebut.

Dukungan dari masyarakat Hongaria sendiri sehingga bola voli cepat berkembang disana. Terbukti pada kujuaraan bola voli di Praha, Homgaria bisa menduduki posisi ke-3 setalah Polandia dan Perancis.

Tahukah Anda sejak berdirinya hingga sekarang, PBVSI masih menjadi induk organisasi bola voli di Nusantara.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Inggris

cdn.outriggercanoeclubsports.com

Pada tahun 1955 negara Inggris membentuk sebuah organisasi bola voli. Amateur Volleyball Association of Great Britain and Northom England yangdidirikan olah Bon Anthony.

Bon Anthony sendiri sering disebut sebagai olahragawan yang berkaliber internasional serat ahli dalam pendidikan jasmani.

Dalam mendirikan organisai di inggris tokoh yang paling berjasa adalah warga negara Inggris yang memiliki garis keturunan Polandia.

Mereka mengembangkan olahraga bola voli setelah peristiwa perang dunia ke-II yang menetap di Inggris. Atas dukungan mereka pada tahun 1962 diselenggarakan kejuaraan nasioanal Ameteur Volleyball Association (AVA).

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Italia

Penduduk Italia mengenal bola voli dari angkatan bersenjata Amerika Serikat. Pada awalnya permainan ini hanya dimainkan oleh angkatan senjata dan bisa memikat hati untuk ikut serta memainkan permainan ini.

Sama dengan negara-negara lain awalnya permainan bola voli dimainkan oleh kalangan siswa-siswi, namun bisa berkembang dengan pesat. Pada tahun 1945 negara Italia mendirikan organisasi bola voli.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Norwegia

Pemainan bola voli di Norwegia dimaikan olah kalangan buruh wanita.  Permainan ini juga bnyak dimainkan oleh anak-anak sekolah pada tahun 1936.

Karena banyak propaganda yang terjadi di Norwegia. Setiap tahunnya di Norwegia di selenggarakan kejuaraan permainan bola voli yang dibuka untuk putra dan putri.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Perancis

Permainan bola voli sudah dikenal lama oleh masyarakat Perancis, masyarakat Perancis mengenal olahraga voli sejak tahun antara tahun 1917-1918-an. Permainan bola voli di Perancis juga dibawa oleh tentara Amerika Serikat.

Namun semenjak ditemukannya bola voli, kemajuan permainna ini sangat lambat hingga tahun 1930-an. Semenjak permianan ini di selenggarakan di pesisir pantai Cote d’Azur. Ia Baule pada musim panas, permainan bola voli mulai menjadi sorotan serta memikat daya tarik masyarakat Perancis.

Pada awalnya permainan bola voli merupakan permainan yang harus ada di daerah pesisir-pesisir. Namun belum terbentuk sebuah peraturan yang menetap dalam artian masih bebas.

Setelah beberapa waktu datanglah mahsiswa-mahasiswa Iran dan Ceko yang berlibur, serta merubah peraturan bola voli yang simpang siur tersebut.

Pada tahun 1936 negara Perancis mendirikan sebuah organisasi bola voli FFVB. Dibandingkan negara-negara Eropa lainya.

Perancis menjadi pencetak serta pengedar literatur permainan bola voli terbanyak, dengan mengedarkan sebuah majalah yang berjudul Volley Ball.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Portugal

Sejarah permainan bola voli sampai di Portugal yang di perkenalkan oleh YMCA pada tahun 1930-an. Penyebaran permainan bola voli melalui sekolah-sekolah di Portugal.

Dalam sejarah penyebaranya ada sebuah majalah muncul dengan menyelenggrakan kejuaraan resmi bola voli yang bernama Os Sport.

Pada waktu itu Potugal bisa menduduki posisi ke-4 dalam sejarah kejuaraan bola voli dunia pertama setingkat Eropa.  Portugal juga mimiliki andil besar dalam pembentukan organisasi bola voli dunia yang kita sebut FIVB.

Tidak heran jika seseorang berdarah portugal menjabat sebagai Vice President FIVB.

Ada banyak kejuaran yang diadakan oleh beberapa pihak tertentu hingga peserta yang hampir mengikutinya sebanyak 30.000 anak, dengan kejuaraan yang hampir setiap tahunnya diadakan.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di di Rusia

Sama dengan negara-negara lain, Rusia juga seudah mengenal olahraga bola voli sejak terjadinya perang dunai I. Peraturan permainan yang mulai terbentuk sejak tahun 1926 mulai dilaksanakannya pertandingan-pertandingan bola voli.

Sesudah berakhirnya perang dunia ke-II, olahraga bola voli menyebar luas hingga dari setiap desa, kota, pabrik, sekolah maupun perguruan tinggi telah memiliki regu bola voli sendiri.

Mereka bermian bola voli di dalam rungan ketika musim dingin tiba, dan pada musim panas terkadang dilakukan di lapngan terbuka. Rusia juga ikut serta dalam pembentukan organisai bola voli FIVB. Pada kejuaraan pertama Rusia keluar sebagai juri pertama.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Cekoslowakia

Pada masyarakat Cekoslowakia permainan bola voli merupakan olahraga yang cukup digemari. Dalam beberapa kegiatan bola voli menjadi perlombaan yang ada bagi kalangan anak sekolah.

YMCA juga menjadi fendor yang mengenalkan salah satu permainan ini, sehingga Cekoslowakia juga mendirikan sebuah organisasi bola voli pada tahun 1924.

Perkembangan bola voli sangat pesat hingga tercatat kurang lebih ada 500.000 pemain bola voli yang terdiri dari puta dan putri pada tahun 1951.

Pada kejuaraan bola voli yang diselenggarakan di Roma, Cekoslowakia keluar sebagai juara pertama, karena kemampuan pemain Cekoslowakia yang di atas rata-rata negara lain baik dari putra maupun putri.

Sejarah Perkembangan Bola Voli di Yugoslavia

Sekita tahun 1924 permainan bola voli masuk di Yugoslvia, yang membawa permainan ini adalah Amerika dan Palang Merah Internasional.

Kemajuan yang sangat pesat terjadi pada tahun 1928-1929-an, hampir semua perkumpulan senam memainkan bola voli. Pertandingan-pertandingan juga seringkali diselenggrakan sesudah perang dunia ke-II. Permainan bola voli semakin berkembang dan semakin merakyat di Yugoslavia.

Sejarah Permainan Bola Voli Indonesia

Sejarah permianan bola voli masuk ke Indonesia sejak zaman Belanda yang menjajah Indonesia.

Banyak peran dari penyebaran olahraga bola voli  di Indonesia mulai dari para guru-guru pendidikan jasmani yang didatangkan langsung dari negara Belanda.

Dalam penyelenggaraan permainan bola voli sering dilakukan di asrama-asrama atau lapangan terbuka yang  dilakukan oleh kompeni Belanda.

Sejarah perkembangan permainan bola voli sangat pesat dikalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu banyak terbentuk regu-regu besar dalam olahraga bola voli di berbagai daerah Indonesia. Sehingga atas dasar ini barulah terbentuk induk organisasi bola voli di Indonesia.

Induk organisasi bola voli nasional adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) pada tanggal 22 januari 1955 di Jakarta beserta kejuaraan nasional yang pertama. Semenjak itulah PBVSI mengembangkan permainan bola voli.

Menjelang Asian Games pada tahun 1962 yang diadakan di Jakarta. Pertandingan bola voli secara resmi masuk PON-2 pada tahun 1951 di Jakarta dan PON-1 di Jogjakarta.

Dengan diselenggrakan PON olahraga bola voli bisa bertambah berkembang dengan pesat di beberapa daerah. Hal ini terbukti dengan semakin bertambahnya peserta yang ikut berpartisipasi dalam kejuaraan PON dan sejenisnya.

Baca juga : Posisi Pemain Bola Voli

Penutup

Demikianlah pembahasan artikel yang berkaitan dengan sejarah permainan bola voli secara singkat yang ada di beberapa negara sampai Indonesia semoga artikel ini bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan berupa kritik dan saran bisa melalui kolom komentar dibawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *