Sebutkan dan Jelaskan Teknik Dasar Bola Voli

Sebutkan dan Jelaskan Teknik Dasar Bola Voli

Teknik dasar bola voli – Dewasa ini permainan bola voli terus mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jumlah pemain bola voli juga terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Permainan bola voli sendiri sangat sulit dimainkan bagi orang yang awam, sehingga diperlukannya latihan dalam bermain bola voli untuk membantu membangun pundi-pundi pemain yang bagus.

Dalam permainan bola voli yang biasa dimainkan di lapangan, permainan bola voli dapat dimainkan sesuai dengan peraturan yang diatur oleh wasit. Setiap pemain juga diwajibkan untuk memahami posisi serta tugas masing-masing dari pemain agar permainan bisa berjalan dengan baik.

Dalam artikel yang sebelumnya kami membahas mengenai teknik dasar sepak bola, kini kami akan membahas mengenai tata cara bermain bola voli yang benar.

Untuk bisa bermain permainan bola voli, teman-teman perlu mendalami tentang teknik dasar beserta tugas dari setiap pemain.

Simak yuk, pembahasan dibawah ini.

Table of Contents

Teknik Dasar Bola Voli dan Cara Melakukannya

Mengenai olahraga bola voli, jumlah pemain bola voli di dalam lapngan terdapat 12 pemain yang meliputi 2 tim yang masing-masing terdiri atas 6 pemain.

Dalam permainan bola voli masing-masing pemain memiliki peran tersendiri sebagaimana menentukan posisi para pemain. Ada 5 teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, yaitu; servicepassing bawahpassing atasblock dan smash.

Meliputi 4 teknik dasar yang telah disebutkan, para pemaian harus memiliki skil yang menonjol diantara 4 teknik tersebut. Sebagai contoh dalam permaian bola voli ada 1 pemain yang memakai baju berbeda yang disebut dengan libero.

Pemain yang satu ini menjadi pemain yang istimewa karena memiliki skil unggulan dalam teknik passing atas maupun passing bawah bola dari lawan. Peran libero sangat besar dan berpengaruh dalam rotasi permainan bola voli.

Oleh sebab itu mari kita simak penjelasan mengenai teknik dasar bola voli dibawah ini.

1. Teknik Dasar Servis Bola Voli

Tanda dimulainya sebuah pertandingan bola voli di mulai dari bunyinya peluit sebagai kode untuk dipukulnya bola voli dari luar lapangan untuk menyebrang ke daerah lawan.

Teknik ini disebut sebagai service dalam permainan bola voli. Teknik ini dilakukan ketika awal pertandingan serta pada saat ada penambahan poin ketika terjadinya penyerangan.

Ada 4 pembagian pada teknik dasar service bola voli yaitu:

  1. Servis bawah.
  2. Servis mengapung.
  3. Hook service.
  4. Jumping service.

Berikut ini pembahasan mengenai macam-macam servis dalam teknik dasar servis bola voli.

a). Teknik Servis Bawah Bola Voli

Servis bawah bola voli sering dipakai oleh pemain yang masih awam, karena tidak beresiko serta paling mudah dalam penerapanya.

Dalam segi materi, cara melakukan teknik servis bawah merupakan teknik yang paling mudah untuk diterapkan bagi pemain yang masih awam. Namun dalam praktek di lapangan akan bisa terlihat dimana titik kesulitan ketika melakukan servis bawah.

Berikut ini cara melakukan servis bawah bola voli adalah:

  1. Posisikan badan dan padangan fokus untuk lurus kedepan.
  2. Pegang bola dengan tangan kanan atau kiri, kebalikan dari tangan ayunan untuk memukul bola.
  3. badan agak membungkuk.
  4. Ayunan tangan ketika memukul bola mengepal dan memakai tangan yang paling kuat sebagai tumpuan ketika service bawah.

Agar bisa melakukan servis bawah dalam olahraga bola voli diperlukan latihan yang sering dan bersungguh-sungguh.

b). Teknik Servis Mengapung Bola Voli

Floating service atau disebut dengan servis mengapung. Servis ini adalah teknik yang unik dalam olahraga bola voli, karena melambungkan bola dan saat dipukul bola seperti mengambang di udara tanpa berputar.

Servis bola voli dengan teknik mengapung ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti;

  1. Berdiri tegap, pandangan fokus ke arah depan.
  2. Posisi kaki sejajar, berada beberapa meter di belakang garis lapangan.
  3. Lambungkan bola ke udara (usahakan bola lebih tinggi diatas kepala).
  4. Pukul bola pada bagian tengah belakang seperti siku-siku.

c). Hook Service atau Overhand Around Service

Dalam permainan voli untuk melakukan teknik ini diperlukan kecepatan dan power ketika memukul bola. Posisi bola yang pukul harus berputar agar bola bisa menukik kebawah serta bisa juga mengubah rotasi gerakan bola.

Cara untuk melakukan teknik overhand around service sebagai berikut;

  1. Pegang bola dengan tangan kiri posisinya didepan badan.
  2. Dalam melempar bola keatas, usahakan untuk diberi simpangan terjauh antara tangan kanan dan kiri, serat sedikit lekukan pada kaki bagian kiri.
  3. Pukul bola dengan ayunan kuat, serta melingkar guna untuk memutar gerakan bola.

Sekilas dalam pembahasan hampir sama dengan floating service yang memukul bola atas. Namun perbedaannya pada perputaran bola yang bisa menambah akurasi pergerakan jatuhnya bola ke lapangan bola voli.

“Jika langkah kaki ini kusertakan dengan doa, maka tidak akan ada yang tidak mungkin baginya”

d). Servis atas Bola Voli / Jumping Sevice

Servis yang tersulit dalam pemain bola voli adalah servis atas / jumping service. Kanapa bisa demikian, karena dalam melakukan jumping service memerlukan teknik serta insting para pemain voli murni.

Servis atas / Jumping service dilakukan dengan cara melompat untuk menambah daya power kekuatan pada permainan bola voli. Teknik ini sering dipakai oleh pemain-pemain yang sudah berkategori profesional dalam olahraga bola voli.

Ketika melakukan jumping service resiko yang terjadi meliputi, bola yang mengenai net karena terlalu rendah dan juga bola keluar lapangan voli karena power dan akselerasi terlalu berlebihan.

Keunggulan dalam melakukan jumping service ini sangat sulit untuk dihalau oleh pemain lawan karena kecepatan bola lebih keras dibandingkan dengan service-service yang lain.

Langkah-langkah berikut adalah melakukan servis atas / jumping service :

  1. Posisi pemain agar jauh dari garis lapangan.
  2. Memegang bola dengan kedua tangan, bisa juga dengan satu tangan ketika sudah terbiasa atau lebih seimbang dengan satu tangan.
  3. Lemparkan bola keatas, skiranya 3 samapi 4 meter dari permukaan tanah.
  4. berlari untuk mnyusul bola dengan melompat.
  5. Memukul bola dengan keres layaknya mendaptkan umpan smash.

Untuk melatih gerakan ini perlu keseimbangan serta insting yang tinggi. Usaha dalam melakukan jumping service tidak bisa secara singkat dan mudah tanpa ada bebarengan latihan yang rutin.

Baca juga: Sepak Takraw : Teknik dasar, pengertian, Sejarah, Peraturan dan Induk Organisasi

2. Teknik Dasar Passing Bola Voli

Untuk teknik dasar bola voli yang selanjutnya ada teknik gerakan passing atau penerimaan bola. Tujuan penerimaan ini untuk mengolah bola mejadi umpan kembali melalui pemain toser.

Dalam teknik passing itu sendiri dibagi menjadi 2 yaitu: passing atas dan passing bawah.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai teknik passing yang benar.

a). Teknik Passing Atas Bola Voli

Passing adalah teknik untuk menahan serta juga bisa untuk mengumpan dalam permainan bola voli.

Passing atas merupakan teknik yang paling sering digunakan oleh toser, karena tugas seorang toser itu sendiri untuk mengolah bola untuk membangun strategi serangan.

Umpan atau set up yang diberikan oleh toser kepada pemain yang akan melakukan smash dalam permainan bola voli, sebagai upaya untuk mencetak angka.

Dalam mengolah bola dengan memakai passing atas ada 2 jenis, yaitu; teknik passing atas setara dengan wajah dan passing atas yang normal di atas wajah. Pada dasarnya kedua teknik passing atas ini sama, hanya saja perlu mengetahui bagaimana posisi bola pada saat melakukan passing atas.

Posisi passing atas yang normal dilakukan ketika posisi bola berada di atas kepala seorang pemain toser atau pemain lainya.

Posisi passing depan wajah, passing dimana bola setinggi rata-rata kepala seorang pemain bola voli.

Dibawah ini susunan cara melakukan passing atas dengan benar dalam permainan bola voli :

  1. Posisikan badan se-enjoy mungkin atau mengikuti irama bola.
  2. Membuka kaki untuk keseimbangan, serta kondisi lutut kaki sedikit ditekuk.
  3. Ketika dalam kondisi apapun harus siap untuk melakukan passing atas bila bola lambung di atas kepala.
  4. Kedua tangan memposisikan di depan dahi, dengan kedua ibu jari membentuk segitiga, siap menanti datangnya bola.
  5. Saat penerimaan bola tekuk pergelangan tangan kedalam, usahakan untuk rileks supaya tangan tidak kaku.
  6. Dorong bola dengan pergelangan tangan dengan cara pergelangan tangan kearah luar, sekaligus meluruskan siku yang digunakan untuk membantu dalam mendorong bola.
  7. Ikutkan gerakan kaki dengan gerakan agak menjinjit

b). Passing Bawah Bola Voli

Teknik passing yang kedua adalah teknik passing bawah bola voli, yang sering dipakai saat menerima servis keras atau jumping service. Gerakan passing bawah dipakai ketika bola jelas akan medatar sekiranya di bawah rata-rata air (dibawah pinggul).

Passing bawah itu sendiri dibagi menjadi 2 jenis passing bawah dengan 1 tangan dan 2 tangan. Dari masing-masing gerakan juga memiliki keunggulan tersendiri, untuk penjelasanya akan dibahas dibawah ini;

Passing Bawah Satu Tangan

Untuk passing bawah dengan 1 tangan sering kali dipakai oleh pemain dalam keadaan medesak, seperti bola tipuan atau bola yang lolos dari block dan sulit untuk dijangkau.

Teknik ini dilakukan dengan cara membungkukkan badan untuk mengejar bola seraya tangan juga di luruskan kearah bola. Apabila memang dalam keadaan yang mendesak seorang pemain akan menjatuhkan badanya demi mengatasi hal ini.

Passing Bawah Dua tangan

Teknik pasing bawah inti, dilakukan dengan keduan tangan yangujung tangan di poroskan menjadi satu mengepal. Penggunaan teknik ini sangat efektif untuk membangun serangan karena penerimaan bola yang sempurna.

Penerimaan passing bawah dengan kedua tangan bisa dilakukan untuk penerimaan bola, terutama pada bola servis dan smash.

Posisi ujung tangan yang mengepal ada 2 macam, yang disebut the dig dan thumb over palm. Masing masing dalam kedua metode itu memiliki kecocokan tersendiri untuk pemain bola voli.

Posisi tangan dengan metode the dig, biasa dilakukan dengan menggenggam 4 jari yang ada di tangan kiri, menindih ibu jari tangan kanan, bisa juga untuk dibalik. Para pemula sering kali memakai metode ini karena lebih enak dalam mempraktekkanya.

Metode yang kedua adalah thum over palm, memposisikan tangan kiri untuk mengepal dengan tangan kiri menggenggam tangan kiri tersebut.

Dalam pemakaian metode ini sangat jarang untuk dipakai karena penerapannya yang sulit dan juga memperlukan kebiasaan.

“Tidak akan datang masa indah dalam sebuah permaian tanpa ada dasar solidaritas antar pemaian”

3. Teknik Blocking Bola Voli

blocking
via Instagram

Blocking adalah cara untuk menahan smash atau serangan dengan merenggangkan tangan di atas net, mengikuti posisi pemain bola voli.

Pada posisi ini cenderung dilakukan oleh pemain yang berpostur badan tinggi bisa juga pemain yang memiliki loncatan tinggi dalam olahraga bola voli.

Teknik yang satu ini harus dikuasai oleh setiap pemain voli supaya dapat membantu pertahan.

Cara melakukan teknik blocking dalam bola voli diperlukan was-was dari semua pemain terutama bagi pemain yang ada di barisan paling depan atau garis depan.

Kewaspadaan diperlukan guna untuk mengantisipasi akan terjadinya variasi smash atau jenis serangan lainya.

Secara umum teknik blocking bola voli bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Pemain yang ada di barisan depan harus siap siaga.
  2. Pemaian memposisikan tangan keatas dan gerakan kaki disiapkan dalam posisi siap melompat.
  3. Kewaspadaan dalam memperhatikan bola yang ada di atas net lawan.
  4. Ketika terjadi smash usahakan menutup rapat celah yang kosong dan memperhatikan arah bola.

Dalam penerapan teknik blocking itu sendiri bisa dikategorikan antara blocking individu atau blocking kelompok.

Blocking individu dilakukan pada saat berhadapan 1 lawan 1 dengan posisi pemaian yang saling mengahadap. Dalam kejadian yang sering dialami pemain voli ,50% dari teknik blocking ini bisa sukses dan bisa juga gagal.

Blocking kelompok dilakukan dengan 2-3 pemain yang ada di garis depan. Teknik blocking yang satu ini lebih efektif untuk menutup celah yang kosang pada saat mesuh melakukan penyerangan.Dilihat dari sudut pandang para blocker mereka juga di bagi menjadi 2 yang bisa disebut dengan blocking aktif dan blocking pasif.

Blocking aktif dilakukan dengan menambah gerakan pada saat mem-block, posisi tangan di gerakan sehingga tangan bisa lebih dekat dengan net.

Teknik ini sangat beresiko untuk terkena pelanggaran, karena antara net dan tangan bersentuhan.

Blocking pasif dilakukan dengan menggerakan tangan di atas net untuk menahan serangan tanpa menambah gerakan seperti blocking aktif.

4. Teknik Smash Bola Voli

Teknik dasar bola voli yang terakhir adalah cara smash atau spike dalam permainan bola voli.

Smash adalah teknik memukul bola dengan power penuh untuk menembus pertahanan lawan pada olahraga bola voli.

Tugas dari seorang pemain bola voli terutama di brisan depan adalah smash. Dimana teknik yang satu ini sering menjadi soroton diwaktu pertandingan berlangsung.

Teknik memukul bola dengan teknik tinggi, memperlukan kekuatan serta menguras tenaga seorang pemain smash bola voli. Serangan yang memicu terjadinya smash, menjadi momok untuk tim lawan karena bisa meningkatkan perolehan skor dengan cepat.

Dalam teknik smash itu sendiri sangat sulit dipelajari, karena beberapa sebab seperti melawan para blocker yang menghalangi bola.

Insting seorang penyerang menjadi kunci kesuksesan dalam melakukan serangan, agar bisa melewati blocking dari lawan.

Berikut ini tata cara untuk melakukan smash pemain bola voli :

  • Pertama – setiap pemain harus memiliki ancang-ancang sekiranya 3 meter dari net. Langkahkan kaki yang lebar dan disusul kaki selanjutnya, untuk posisi tangan dilujurkan kedepan serta di ayunkan kearah belakang.
  • Kedua loncatan – meloncat dengan tumpuan kaki paling kuat supaya dapat meloncat tinggi. Saat meloncat posisi tangan terayun kebelakang dan siap untuk memukul bola.
  • Ketiga pukulan – insting seorang pemaian dipakai pada saat memukul bola. Pukul bola dengan power serta memilih celah yang kiranya kosong.
  • Keempat pendaratan – pada saat melakukan pendaratan usahakan kaki tidak masuk kedaerah lawan, dan badan tidak menyentuh net. Pendaratan dilakukan dengan cara sedikit mengeperkan kaki untuk mengurangi resiko terjadinya cidera otot.

Macam-macam Smash Dalam Bola Voli

Dalam variasi smash bola voli juga terbagi menjadi 2 yaitu smash lurus dan smash menyilang. Dari penggolongan ini, bertujuan untuk menghindari block, serta mencari celah yang kosoh pada pertahanan lawan.

Sama halnya dengan teknik dasar menendang bola pada permainan sepak bola, yang memilki tujuan untuk memperoleh angka dari lawan. Jadi setiap permainan memiliki teknik jitu yang sangat berpotensi dalam mencetak angka.

Macam-macam variasi smash pada permainan bola voli:

  1. Open smash dalam teknik ini pemukulan bola saat posisi berada di puncak tertinggi loncatan dan jangkauan lengan dengan umpan dari toser berada di atas melambung tinggi.
  2. Semi smash begitu pemukul bola mengikuti arah jatuhnya bola, saat berada 1 meter jangkauan bola di atas net. Pemain harus segera melompat untuk memukul bola umpan dari toser.
  3. Quick smash pada saat bola dari lini belakang sampai ke tangan toser,  pemukul harus mulai mengambil langkah untuk melakukan smash. Sekiranya pemukul langsung melompat dengan setingginya dekat dengan toser. Toser akan mengumpan di depan pemukul untuk memudahkan pemukul. Bisa disimpulkan bahwa toserlah yang berperan untuk menyesuaikan gerakan pemukul.
  4. Push smash sebelum pemukul melakukan smash, pemukul mengambil ancang-ancang di sisi lapangan dan siap untuk menerima umpan di dekat tiang net.
Pembagian Teknik Smash Bola Voli
  • Smash tanpa awalan posisi ini pemukul tidak mengambil ancang-ancang dan cenderung berada di garis depan lapangan.
  • Smash dengan awalan posisi smash ini dilakukan sesuai dengan teknik smash pada awalnya dengan memakai awalan ancang-ancang dalam melakukan smash.
  • Smash dengan 1 kaki teknik ini dipakai dengan pemain yang melompat dengan titik tumpuan satu kaki.
  • Smash dengan 2 kaki teknik ini memakai 2 kaki sebagai titik tumpuan yang kaki paling kuat ada di belakang.
Jenis Pukulan Bola Voli Menurut Kurva
  • Drive smash adalah pukulan yang turun mendatar ke daearah lawan. Posisi telapak tangan pada teknik ini ditandai dengan posisi telapak tangan yang membentuk seperti sendok sehingga bola bisa memutar.
  • Top spin adalah pukulan yang langsung menukik ke bawah. Pada posisi ini memerlukan tenaga antara loncatan yang tinggi serta tenaga dalam pergelangan tangan. Jadi posisi bola lebih rendah dari tangan, sehingga ketika bola dipukul bagian atas bola agar bola langsung turun ke bawah lapangan musuh.
  • Lob smash adalah pukulan yang mengandalkan putaran bola agar tidak keluar lapangan, sasaran teknik ini adalah lini belakang pertahanan lawan. Teknik ini sering digunakan ketika gagal dalam memoles serangan ataupun ketika umpan yang diberikan toser tidak begitu sempurna.

Baca juga: Permainan Bola Tangan : Pengertian, Sejarah, teknik dasar, Ukuran lapangan dan peraturan

Vidio Permainan Bola Voli

Pertandingan proliga 2023 / Video: Moji social

Vidio diatas merupakan liga profesional dalam olahraga volly ball.

Untuk bisa menjadi pemaian yang profesional diperlukan latihan yang rutin serta bersungguh-sungguh. Sebagai dalam melakukan latihan yang keras bisa mengerti dalam penerapan yang benar. Jangan cepat bosan dalam menjalani latihan bola voli, semua yang kita kerjakan dengan sungguh-sungguh pasti akan berhasil.

Demikian pembahasan tentang teknik dasar permainan bola voli dalam artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *