Macam-macam Sendi Pada Sistem Gerak Manusia

sistem gerak manusia
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Macam-macam Sendi Pada Sistem Gerak Manusia – Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai 6 Macam-macam Sendi Pada Sistem Gerak Manusia. Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mempelajrinya ketika duduk dibangksi sekolah.

Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan membahasnya secara ringan dan mudah dipahami. Sebelum kita membahasnya lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami beberapa penjelasan sebagai berikut.

Table of Contents

Pengertian Sendi

Sendi adalah hubungan antar tulang dalam tubuh manusia yang dapat digerakkan. Hubungan antar dua tulang disebut persendian. Persendian terdiri dari 4 komponen utama yaitu, Kapsula sendi adalah lapisan berserabut yang melapisi sendi. Di bagian dalamnya terdapat rongga. 

Ligamen (ligamentum) adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut liat yang mengaikat tulang satu dengan tulang lain pada sendi. 

Tulang rawan hialin (kartilago hialin) adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang. Berguna untuk menjaga dari benturan. Dan yang terakhir adalah Cairan sinovial adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Baca juga: Penjelasan Proses Filtrasi, Reabsorpsi dan Augmentasi

Macam-macam Persendian

Sinartosis

Sinartosis adalah hubungan antar tulang yang sama sekali tidak memungkinkan adanya pergerakan misalnya hubungan pergerakkan antar tulang pubis (kemaluan). Sinartosis di bagi menajdi dua yaitu.

  • Sinartrosis sinfibrosis: sinartrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa. Contoh: persendian tulang tengkorak.

  • Sinartrosis sinkondrosis: sinartrosis yang dihubungkan oleh tulang rawan. Contoh: hubungan antar segmen pada tulang belakang.

Diartosis 

Diartosis adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya pergerakan. Macam-macam persendian diartosis adalah sebagai berikut

Sendi Peluru
Sendi peluru adalah sendi yang memungkinkan pergerakan ke segala arah. Contohnya hubungan tulang lengan atas dengan tulang belikat, & ( tulang paha dengan gelang panggul ). Perhatikan gambar berikut ini

Sendi Engsel
Sendi engsel adalah sendi yang memungkinkan gerakan satu arah.  Contohnya sendi siku antara tulang lengan atas dan tulang hasta.

Sendi Putar
Sendi putar adalah sendi yang memungkinkan gerakan berputar (rotasi). Contohnya adalah hubungan antara tulang tengkorak dengan tulang belakang (atlas).

Sendi Luncur 
Sendi luncur adalah sendi yang memungkinkan gerak rotasi pada satu bidang datar. Contohnya adalah hubungan tulang pergelangan kaki.

Sendi Pelana
Sendi pelana adalah sendi yang memungkinkan beberapa gerakan rotasi, namun tidak ke segala arah. Contohnya hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan.

Sendi Kaku
Sendi kaku adalah sendi yang memungkinkan bergerak sedikit saja. Contohnya adalah hubungan antar tulang pergelangan tangan atau hubungan antar tulang pergelangan kaki.

Amfiartosis

Amfiartosis adalah persendian tulang yang memungkin gerakan yang sangat terbatas disebut.

Amfiartrosis dibagi menjadi 2 macam, yaitu sinkondrosis dan sindesmosis.

  1. Simfisis adalah Tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang berbentuk seperti cakram. Contoh: hubungan antara ruas-ruas tulang belakang.
  2. sindesmosis adalah Tulang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen. Contoh:persendian antara fibula dan tibia.

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita dapat mengetahui macam-macam sendi dalam tubuh kita. Sendi adalah hubungan antar tulang yang memungkinkan adanya pergerakan yang dapat membantu aktiitas manusia.

Demikianlah 3 Macam-macam Sendi Pada Sistem Gerak Manusia. Sekian yang dapat mimin sampaikan melaui artikel ini semoga dapat membantu anda dalam memberikan informasi. Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *