Guru  

Langkah Pertama dalam Perancangan Asesmen Awal Pembelajaran ialah?

Langkah Pertama dalam Perancangan Asesmen Awal Pembelajaran

Langkah pertama dalam perancangan asesmen awal pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran adalah hasil yang diharapkan dari proses pembelajaran yang dapat diukur dengan indikator pencapaian. Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan oleh kurikulum.

Menentukan tujuan pembelajaran sangat penting karena akan menentukan arah dan fokus dari proses pembelajaran. Selain itu, tujuan pembelajaran juga akan menjadi acuan dalam menentukan materi, metode, media, dan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran harus ditulis dengan jelas, spesifik, dan operasional.

Jawaban soal:

Langkah pertama dalam perancangan asesmen awal pembelajaran ialah?

A. Menentukan materi pembelajaran
B. Menentukan metode pembelajaran
C. Menentukan tujuan pembelajaran
D. Menentukan media pembelajaran

Jawaban yang benar adalah C. Menentukan tujuan pembelajaran. Alasannya sudah dijelaskan di paragraf pertama dan kedua artikel di atas.

Baca juga: Contoh Penerapan Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Yang Tepat Adalah

Penutup

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa langkah pertama dalam perancangan asesmen awal pembelajaran adalah menentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh peserta didik. Tujuan pembelajaran harus sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta ditulis dengan jelas, spesifik, dan operasional. Tujuan pembelajaran akan menjadi acuan dalam menentukan aspek-aspek lain dalam proses pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *