Guru  

Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

perubahan utama pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Selamat datang di dunia pendidikan yang baru, di mana kita akan membahas tentang perubahan utama dalam pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini merupakan sebuah langkah maju dalam dunia pendidikan, memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi guru dan peserta didik. Dengan Kurikulum Merdeka, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan dinamis, disesuaikan dengan kondisi lingkungan.

Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, kita dapat melihat bagaimana pendidikan di Indonesia bergerak menuju era baru. Kurikulum ini dirancang untuk menciptakan kreativitas dan fleksibilitas bagi guru, menyesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka membawa berbagai perubahan bagi kurikulum pendidikan di Indonesia.

Pertanyaan: Setelah mengenal perubahan utama pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, manakah yang bukan merupakan karakteristik utama dari pembelajaran ini?

A. Kebebasan bagi guru dalam menentukan format pembelajaran
B. Penekanan pada pembelajaran melalui kegiatan proyek
C. Pembatasan guru untuk mengajarkan materi tertentu

Baca juga: Pengertian Kurikulum

Jawaban: C. Pembatasan guru untuk mengajarkan materi tertentu. Penjelasan Singkat: Kurikulum Merdeka justru memberikan kebebasan kepada guru untuk menentukan materi esensial yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang bertujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia dengan memperkenalkan perubahan-perubahan penting dalam pembelajaran. Perubahan utama dalam Kurikulum Merdeka adalah kebebasan dalam metode pembelajaran, pengembangan keterampilan siswa, dan pengembangan karakter siswa.

Kurikulum Merdeka menekankan pada materi esensial sehingga pembelajaran lebih mendalam. Selain itu, Kurikulum Merdeka juga memberikan waktu lebih banyak untuk pengembangan kompetensi dan karakter melalui belajar kelompok seputar konteks nyata.

Baca juga: Contoh Penerapan Asesmen Dalam Kurikulum Merdeka Yang Tepat Adalah

Dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila, siswa akan diberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan karakter mereka melalui kegiatan yang menarik dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *