Dari Penyerang Hingga Kiper: Posisi Pemain Sepak Bola yang Cocok untuk Berbagai Tipe Tubuh

posisi pemain sepak bola

Balaibahasajateng.web.id, Posisi pemain sepak bola – Sebelum masuk kedalam pembahasan materi sepak bola. Teman-teman ini pastinya sudah seringkan menonton pertandingan sepak bola baik didepan televisi maupun di tribun lapangan sepak bola yang teman diidolakan.

Dalam menambah ilmu pengetahuan kita tentang dunia olahraga sepak bola, perlu mendahulukan sesuatu yang masih terikat dengan dunia olahraga.

Misalnya nih, tentang teknik dasar permainan sepak bola, bisa juga tentang apa nama pemain sepak bola yang kamu idolakan contoh:

  1. Cristiano Ronaldo.
  2. Lionel Messi.
  3. Ibrahimovic.
  4. M. Salah.
  5. Lewandowski dan yang lainnya.

Dalam perkembangan olahraga yang modern, setiap posisi pemain memiliki tugasnya masing-masing, baik itu dalam olahraga sepak bola, bola voli mapupun bola basket dan olahraga yang lain.

Para pemain sepak bola memiliki keterampilan kusus yang harus meraka kuasai sesuai posisi mereka.

Pada pembahasan ini kami akan mengulas secacra lengkap tentang posisi dan tugas penting dalam permainan sepak bola.

Simak yuk, penjelasannya dibawah ini.

Table of Contents

  1. 1. Posisi Permainan Sepak Bola : Penjaga Gawang (Goal-keeper/GK)
  2. 2. Posisi Permainan Sepak Bola : Pemain Bertahan (Defender)
  3. 3. Posisi Pemain Sepak Bola : Gelandang (Midfielder)
  4. 4. Posisi Pemain Sepak Bola : Striker atau Penyerang (Forward)
  5. Kesimpulan

1. Posisi Permainan Sepak Bola : Penjaga Gawang (Goal-keeper/GK)

Penjaga Gawang (Goal-keeper/GK)

Untuk posisi pemain dalam sepak bola yang pertama adalah penjaga gawang atau yang sering teman-teman kenal dengan kiper.

Posisi pemain kiper atau penjaga gawang ini dalam sepak bola merupakan pemain yang berdiri dibarisan paling pertama, serta memiliki tuas kusus dalam penjagaan gawang.

Tugas dari seorang penjaga gawang atau kiper adalah mencegah bola supaya tidak masuk kedalam gawang.

Seorang penjaga gawang juga memakai kit atau kostum yang warnanya berbeda dengan 10 pemain lainya.

Dalam pertandingan sepak bola penjaga gawang merupakan pilar terakhir dalam upaya mencetak gol dalam pertandingan sepak bola.

Posisi penjaga gawang dalam permainan sepak bola didominasi dengan kriteria pemain berbadan tinggi dan besar. Keahlihan kusus yang dimiliki penjaga gawang pada umunya dengan kecepatan tangan atau gerakan refleks. Memiliki insting yang sempurna serta berbakat dalam manangkap bola.

Tanpa ada salah satu yang masuk dalam kriteria diatas, maka seorang penjaga gawang akan sulit menjadi pemain yang handal untuk tim sepak bola.

Diantara peran penting dalam sepak bola yang harus di lakukan seorang penjaga gawang diantaranya:

  • Menyelamatkan bola atau saving, peran yang dilakukan penjaga gawang berupaya untuk mencegah terjadinya gol. Diantara upaya yang dilakukan penjaga gawang adalah menangkis, meninju, dan menangkap bola.
  • Mengolah atau menditribusikan bola yang telah diselamatkan untuk diumpan, ditendang atau membuang bola demi keselamtan gawang.
  • Membersihkan atau clearing apabila bola masuk kewilayah pinalti ketika dalam posisi yang terdesak.
  • Kunci pertahanan dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peran penting penjaga gawang untuk mengkode pemain bertahan ketika ada dalam situasi penyerangan, karena posisi penjaga gawang yang menguntungkan.

Aku ingin membentuk Tim yang tidak terkalahkan, sehingga mengharuskan mereka untuk mengirimkan sebuah Tim dari Mars untuk mengalahkan kami. – Bill Shankly

Baca juga: Teknik Dasar Sepak Bola

2. Posisi Permainan Sepak Bola : Pemain Bertahan (Defender)

Pemain Bertahan (Defender)

Dalam pembahasan posisi pemain sepak bola yang selanjutnya adalah pemain bertahan yang biasa kita sebut bek, dalam bahasa inggris defender.

Sebagaimana tugas pemain bertahan merupakan strategi yang digunakan untuk menambah pertahanan saat terjadi penyerangan. Sehingga mengurangi resiko kemasukan gol, dalam pertandingan sepak bola.

Posisi bek dalam permainan sepak bola diberikan kepada pemain yang memiliki kriteria kuat, pekerja keras, dan bagus dalam pertahanan pergerakan lawan.

Ada 4 jenis nama sebutan dalam permainan sepak bola di barisan bertahan:

a). Tugas Bek Tengah (Center-Back)

Tugas bek tengah dalam permainan sepak bolaadalah menjaga sektor pertahanan serta memback-up ketika ada serangan mendesak (counter attack) disaat bek sayap terlambat untuk kembali bertahan. Karena pemain bek tengah juga cenderung berada dibagian belakang pertahan.

Dengan postur badan yang tinggi, keunggulan bek tengah meliputi sundulan atau heading yang bagus. Karena hal tersebut, bek tengah juga sering membantu dalam penyerangan ketika bola mati, kususnya dalam tendangan sudut.

b). Tugas Bek Samping (Full-Back)

Tugas Full back dalam sepak bola, merupakan posisi bertahan antara bek sebelah kanan den bek sebelah kiri. Dengan posisi mereka yang ada di samping bertugas untuk mencegah terjadinya penyerangan disektor kanan dan kiri.

c). Tugas Bek Sayap (Wing-Back)

Tugas bek sayap hampir sama dengan posisi bek samping (full-back), hanya saja tugas seorang bek sayap selain mejaga pertahanan juga membantu penyerangan. Serangan yang dibangun oleh bek sayap sangat membantu dalam penyerangan.

Dengan ini untuk pemain bek sayap merupakan pemain yang memiliki kecepatan dan stamina yang tinggi. Karena pengaruhnya yang sangat besar dalam penyerangan.

d). Tugas Penyapu (Sweeper)

Tugas dari penjagaan ini untuk menyapu bola yang masuk pada wilayah pertahanan, terutama di daerah kotak terlarang.

Sweeper berada di garis pertahan dan bisa juga didepan kiper untuk mengantisipasi bola yang masuk ke daerah pertahanan.

3. Posisi Pemain Sepak Bola : Gelandang (Midfielder)

Gelandang dalam sepak bola adalah pemain tengah yang berada ditengah-tengah antara pemain depan dan belakang.

Disebut sebagai gelandang, libero, midfielder dalam sepak bola, yang bertugas sebagai penghubung antara pemain bertahan dan penyerang.

Berikut 4 pembagian tugas gelandang dalam posisi sepak bola:

a). Tugas Gelandang Bertahan (Defending-Midfielder)

Gelandang bertahan memiliki posisi didepan bek, yang mengatur jalanya pertahan di sektor tengah. Tugas utama dari posisi gelandang bertahan antara lain untuk mencegah bola, supaya tidak memasuki wilayah bek bertahan.

Dalam memilik gelandang yang baik, haruslah pemain yang memiliki kemampuan yang baik dalam memotong bola yang memicu penyerangan.

b). Tugas Gelandang Tengah (Center-Midfilder)

Gelandang tengah berada tengah-tengah lapangan sepak bola. Tugas bagi seorang gelandang teangah antara lain untuk menciptakan peluang penyerangan kepada pemain depan.

Seorang gelandang tengah sangat diuntungkan bagi pemain yang tenang dalam mengatur tempo penyerangan.

Dalam kondisi tenang taktik-taktik dalam penyerangan bisa tertata dengan benar sehingga membantu penyerangan lebih efektif.

c). Tugas Gelandang Serang (Attacking-Midfilder)

Gelandang serang merupakan pemain yang sering mengatur ritme permaian terutama dalam hal penyerangan.

Disposisi ini pemain gelandang harus bisa membuat seuatu keputusan yang bijak dalam mengontrol jalannya pertandingan sepak bola.

d). Tugas Gelandang Sayap (Winger)

Peran pemain gelandang sayap hampir sama dengan gelandang serang, yaitu membantu dalam penyerangan. Secara rinci gelandang sayang berada diposisi tengah lapangan sisi kanan dan kiri.

Kebanyakan posis gelandang sayap diperuntukkan bagi pemain yang memiliki kecepatan dalam berlari dan ahli men-dribling bola.

Masih dalam kasus yang sama, pemain gelandang sayap merupakan pemain yang fleksible artinya memiliki kemampuan disektor tengah sekaligus penyerang dalam sepak bola.

Kau hanya akan berhenti untuk belajar jika kau Benar-benar ingin Berhenti

Ruud Gullit

4. Posisi Pemain Sepak Bola : Striker atau Penyerang (Forward)

Peyerang dalam sepak bola disebut dengan striker.

Penyerang dalam sepak bola adalah pemain yang cerdik dalam menciptakan gol kegawang. Peluang yang besar bagi seorang penyerang, memang menjadi peran yang sangat menonjol.

Dalam pertandingan sepak bola pemyerang hanya menjalankan tugas sebagai eksekusi terjadinya gol. Bisa dikatakan naluri dan konsentrasi yang tajam sangat dibutuhkan sebagai seorang pemain penyerang.

Berikut adalah penjelasan serata pembagian posisi pemain penyerang dalam sepak bola:

a). Tugas Penyerang Tengah (Center-Forward)

Penyerang tengah adalah pemain yang posisinya paling depan, dan paling dekat dengan penjaga gawang tim lawan. Penyerang tengah juga bisa disebut striker.

Diantara tugas utama seorang striker adalah membuat gol. Selain itu pemain dalam posisi ini tidak boleh egois dalam mencetak gol.

Striker juga harus membuka ruang untuk gelandang tengah serata gelandang sayap.

Pada saat itu juga striker bersiap-siap apabila ada bola rebound.
Selain dengan umpan umpan datar, pemain yang satu ini juga harus pintar dalam mengontrol bola, serta bisa memenangkan duel diudara ketika ada umpan lambung.

b). Tugas Penyerang Bayangan (Second-Forward)

Penyerang banyangan adalah pemain yang membantu striker dengan berdiri atau memposisikan dibelakang pemain striker. Pemain ini bertugas dalam membantu mencetak gol ketika menyerang lawan.

c). Tugas Penyerang Sayap (Wing-Fordword)

Penyerang Sayap merupakan seorang srtiker yang di tarik kebelakang dan melakukan sebuah penyerangan. Selain menciptakan peluang, penyerang sayap juga bertugas dalam membantu penyerangan dari sektor sisi lapangan.

Penyerangan dari sektor sisi kanan atau kiri berupa umpan-umpan dasar atau umpan lambung untuk membuka ruang untuk striker.

Baca juga: 20 Peraturan Permainan Sepak Bola menurut FIFA

Kesimpulan

Bisa kita ambil kesimpulan bahwa dalam permainan sepak bola, bisa kita pelajari dengan hal yang pertama mengerti dari setiap 4 macam-macam nama posisi pamain, tujuannya supaya tidak ada kesalahan yang sepele dan bisa menyusun strategi dengan leluasa.

Karena setiap pemain mengerti porsi dan tugas mereka masing-masing dari setiap individu dan faham betul dengan posisi ketika dalam melakukan serangan atau pertahanan secara bersamaan.

Mungkin cukup sekian pembahasan tentang posisi pemain sepak bola, semoga artikel ini bisa membantu teman-teman mengenai dunia sepak bola.