Permainan Bola Besar

contoh permainan bola besar adalah

Balaibahasajateng.web.id, Permainan Bola Besar – Dewasa ini permainan bola bisa dibagi menjadi 2 jenis yaitu permaina bola besar dan permainan bola kecil. Kedua jenis permainan ini termasuk kedalam permainan bola yang sangat populer dalam kompetisi.

Dalam artikel sebelumnya telah membagikan Sejarah Permainan Bola Basket yang merupakan salah satu permainan jenis bola besar.

Pada artikel kali in kami akan membahas mengenai 7 permainan bola besar yang sering diperlombakan dalam sebuah ajang kompetisi.

Simak yuk, 7 macam permainan bola besar yang sering di perlombakan yang kali bahas secara lengkap.

Materi Artikel

Materi Permainan Bola Besar

Dalam pembahasan mengenai permainan bola besar, tahukah Anda apa itu permainan bola besar?

Pengertian permainan bola besar adalah salah saru cabang olahraga yang paling banyak dimainkan dan di kenal oleh banyak orang. Permainan bola besar, dalam memaiknkannya membutuhkan energi yang besar.

Nah, seperti itulah pengertian dari permainan bola besar yang secara umum bisa kami sampaikan.

Sama halnya olahraga bola yang lainnya, permainan bola besar juga terbagi menjadi beberapa macam yang juga memiliki teknik dasar yang berbeda-beda dalam memainkannya.

Oleh sebab itu akan kami sebutkan 7 macam-macam permainan bola besar:

  1. Sepak Bola
  2. Futsal
  3. Bola Voli
  4. Bola Basket
  5. Bola Bowling
  6. Bola Tangan
  7. Polo Air

Dari 7 jenis permainan bola besar tersebut di bawah ini akan kemi jelaskan satu persatu.

Macam macam Permainan Bola Besar

1. Sepak Bola

Adapun materi pembahasan tentang permainan bola besar yang pertama adalah permainan sepak bola.

Siapa sih yang tidak mengenal permainan sepak bola pada era zaman saat ini?

Permainan yang terus menjadi topik berita utama dalam dunia olahraga ini berhasil menari perhatian semua orang di dunia.

Permainan sepak bola dapat dimainkan di dalam lapangan yang berbetuk persegi panjang dengan permukaannya terdapat rumput alami maupun rumput sintesisi. Dalam satu lapangan, permainan ini terdapat 22 pemain yang bermain dengan 2 tim yang 1 timnya ada 10 pemain tambah 1 kiper jadi 11 permain.

Lapangan sepak bola berukuran sekitar 100 meter sampai 120 meter, dengan lebar lapangan 50 – 70 meter.

Badan organisasi yang menaungi sepak bola di dunia adalah FIFA (Federation Internationale de Fottball Association). Untuk induk organisasi di Indonesia sendiri adalah PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

2. Futsal

futsal
Sedang main futsal

Permainan bola besar yang selanjutnya adalah futsal.

Futsal adalah permainan bola yang mrupakan turunan dari sepak bola. Perbedaan futsal dengan permainan sepak bola terdapat dari segi lapangan, pemain serta segi peraturannya.

Namun dalam tujuan kedua permainan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu memasukan bola ke dalam gawang kiper lawan untuk memperoleh poin.

Dalam satu pertandingan terdapat 10 pemaian yang terbagi menjadi 5 pemaian dengan salah satu menjadi penjaga gawang. Lama pertandingan futsal resmi adalah 2×20 artinya satu pertandingan di selesaikan 20 menit dengan 2 kali babak.

Dan pemain diberi waktu istihat selama 10 menit.

Ukuran lapangan futsal memilik panjang 25 meter dan lebar 15 meter, induk oraganisasi futsal di Indonesia adalah Asosiasi Futsal Indonesia.

3. Bola Voli

bola voli
Bermain Bola Voli / Images: Unplash

Permainan bola voli adalah salah satu jenis permainan dengan menggunakan tangan sehingga inti dari permainan selain kekompakan tim juga menjatukan bola ke area lawan yang bertujuan untuk memperolah angka.

Dalam pertandingan bola voli terdiri atas dua tim yang bertanding yang berjumlah 12 pemain dibagi mejadi dua yaitu 6 orang pemain yang bermain.

Tidak ada batasan waktu dalam permainan bola voli karena, permainan ini menargetkan dengan sistem poin, dimana tim yang berhasil meraih 25 angka terlebih dahulu berhak keluar menjadi pemenang.

Ukuran lapangan permianan bola voli memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter.

Untuk induk organisasi bola voli itu sendiri adalah FIVB (Federation Internationale de Volleyball), yang menaungi cabang olahraga bola voli di seluruh dunia. Semantara induk organisasi bola voli di Indonesia adalah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

4. Bola Basket

Bola basket atau basketball adalah olahraga yang dilakukan degan dua kelompok yang terdisi atas dua tim dengan beranggotakan lima orang.

Olahraga bola basket selain tergolong dalam permainan bola besar, ternyata permainan ini menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat yang dikenalk dengan sebutan NBA.

Ukuran standart bola yang digunakan dalam permainan basket adalah 75-78 cm dengan berat bola 600-650 gram.

Sedangkan ukuran standar lapangan permainan bola basket memiliki panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter.

Dalam satu babak permainan bola basket terbagi menjadi 4 babak dengan 12 menit per babaknya. Diantara babak 1, 2, 3 dan ke-4 terdapat celah waktu untuk istirahat selama 10 menit.

Induk oragnisasi bola basket dunia adalah FIBA (Federation Intenationale de Basketball). Sementara untuk Indonesia sendiri adalah PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia).

5. Bola Bowling

Permainan bola besar yang ke 5 adalah permainan bowling.

Apa itu permainan bowling?

Bowling adalah salah satu jenis olahraga yang dimainkan dengan menggelindingkan bola ke arah depan menggunakan bola khusus serta memakai satu tangan.

Bola bowling akan digelindingkan ke pin yang berjumlah 10 biji yang telah tersusun membentuk segitiga.

Apabila teknik dasar dalam melakukannya bisa dilakukan dengan benar maka pin bisa terjatuh semua dalam satu lemparan yang disebut dengan strike.

Teknik lemparan atau juga disebut dengan spare, permainan ini memiliki nama lain yang sering disebut dengan open frame (missed).

Induk organisasi bola boling adalah PBI (Persatuan Boling Indonesia)

6. Bola Tangan

Permainan bola besar berikutnya adalah permainan bola tangan.

Apa itu bola tangan?

Bola tangan adalah permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu yang berada di lapangan dan masing-masing regu terdapat 7 pemaian (6 pemaininti dan 1 sebagai kiper/penjaga gawang).

Setiap pemain memilik tujuan untuk memasukan bola ke dalam gawang lawan untuk bisa memperoleh poin.

Permainan bola tangan hampir mirip dengan permainan sepak bola, perbedaannya terletak pada fungsi penggunaan, dimana sepak bola dengan kaki, namun bola tangan menggunakan tangan.

Lapaangan bola tangan memiliki panjang dan lebar sebesar panjang 50 meter dan lebar 20 meter. Dengan garis pemisah tengah kedua sisi pendek.

Bola yang digunakan memiliki ukuran ynag lebih kecil dari bola sepak bola. Untuk lama permainan ini adalah 2 kali pertandingan dengan 30 menit perbabaknya.

Induk organisasi dari bola tangan adalah Federasi Bola Tngan Internasional atau dalam bahasa inggris adalah International Handball Federation.

Baca juga : Sejarah Permainan Bola Basket

7. Polo Air

Adapun macam-macam permainan bola tangan yang ke 7 adalah polo air.

Dalam materi pembahasan mengenai bola besar ini akan kami bahas secara singkat mengenai permainan polo air.

Apa yang dimaksud dengan permainan polo air?

Polo air adalah olaharaga yang dilakukan di dalam air lebih tepatnya pada kolam renang, yang dilakukan dengan beregu.

Permainan polo air merupakan kombinasi permainan antara renang, gulat, sepak bola dan bola basket. Dalam satu tim terbagi menjadi 6 pemain dan 1 pemain yang bertugas sebagai kiper.

Peraturan dalampermainan ini sama dengan sepak bola, yaitu setiap pemain memiliki tujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Bola dalam olahraga polo ait hampir menyerupai dengan bola yang digunakan dalam sepak bola maupun futsal. Namun dalam polo air bola yang digunakan terbuat dari karet erat yang mengikat melingkari bola.

Untuk ukuran bola polo air adalah 68-71 cm dengan berat 400 gram-450 gram.

Induk organisasi yang menaungi olahraga polo air tungkat dunia atau internasional adalah FINA (Federation Internationale de Natation).

Manfaat Permainan Bola Besar Bagi Tubuh

Adapun manfaat dari permainan bola besar bagi tubuh yang akan kami bahas dalam artikikel ini.

Berolahraga tidak hanya sebatas mebakar lemak yang berguna untuk untuk merunkan berat badan. Dari masing-masing olahraga memiliki manfaat yang berbeda-beda.

Ditambah dengan pola makan yang sehat untuk untuk menjaga kesehatan.

Ada beberapa manfaat olahraga bola besar untuk kesahatan antara lain:

  • Mampu menjaga stamina dalam tubuh.
  • Membentuk mental kepribadian yang kuat.
  • Mengontrol berat badan.
  • Terhindar dari osteoporosis.
  • Mlatih fokus dan konsentrasi.
  • Menjaga kebugaran jasmani dan rohani.

Nah itulah 7 macam-macam permainan bola besar beserta gambar dan penjelasannya yang dapat kami sampaikan.

Ada banyak macam-macam permainan olahraga yang ada dalam dunia ini, yang terus mengalami perkembangan.

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk sobat semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *