Peraturan dan Pelanggaran dalam Permainan Bola Basket

Berikan Bintang

Balaibahasajateng.web.id, Pelanggaran peraturan bola basket – Permianan bola basket memang sudah cukup populer dikalangan remaja, hingga saat ini banyak pemain putra maupun putri dalam olahraga bola basket.

Setiap tahun jumlah pemain bola basket juga ikut meningkan, hingga teknik dasar permainan bola basket juga ikut berkembang sesuai dengan perkembangan olahraga yang satu ini.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas tentang ukuran lapangan bola basket. Namun dalam artikel ini kami akan membahas tentang peraturan serta pelanggaran apa saja yang perlu dihindari oleh setiap pemain dalam olahraga bola basket.

Table of Contents

Peraturan Dalam Bola Basket

Peraturan umum dalam bola basket diantaranya mengenai ukuran lapangan bola basket sesuai dengan standar FIBA. Selain itu juga ada posisi pemain bola basket beserta tugas para pemain bola basket.

Berikut peraturan dalam permainan bola basket menurut FIBA:

  1. Pemain bola basket bisa melempar bola dengan memakai kedua tangan atau satu tangan.
  2. Pemain juga boleh memukul bola kecuali dengan menggunakan kepalan tangan atau meninju bola.
  3. Pemaian akan dikenakan pelanggaran apabila lari dengan membawa bola basket tanpa memantulkannya ke lantai.
  4. Pemain harus melempar bola dari titik penerimaan bola sebelumnya, apabila pemain menerima bola dengan keadaan berlari pada kecepatan biasa maka diperbolehkan.
  5. Bola yang dipegang oleh pemain harus dengan kedua telapak tangan. Untuk anggota badan lainnya sangat tidak diperbolahkan.
  6. Pemain tidak boleh mendorong, menahan memukul, atau mengganjal pemain lawan. Apabila pelanggran ini terjadi pertama kali maka akan dianggap kesalahan oleh wasit, pelanggran kedua kali akan dikenakan sangsi. pelanggran ketiga pemain akan didiskualifikasi sampai tim lawan memasukan angka ke dalam ring.
  7. Apabila salah satu tim melakukan tiga kesalahan berturut-turut makan akan dihitung poin untuk lawan.
  8. Syarat mendapatkan poin adalah bola yang dilempar atau dipukul bisa masuk ke dalam ranjang atau ring.
  9. Bola yang keluar lapangan pertandingan, bola akan dilempar masuk ke dalam lapangan dengan pemain yang pertama menyentuhnya. Apabila terjadi perselisihan makan tindakan wasit untuk melemparkannya ke dalam lapangan.
  10. Wasit berhak untuk memperhatikan jalannya permainan serta mencatat jumlah pelanggran yang terjadi. Wasit memiliki hak penuh atas pertandingan itu.
  11. Wasit pembantu bisa memperhatikan bola dan memutuskan apabila bola dianggap telah keluar lapangan, pergantian kepemilikan bola, dan menghitung waktu pertandingan. Wasit pembantu juga berhak menetukan sah atau tidaknya dalam gol serta menghitung gol yang masuk.
  12. Waktu pertandingan dalam olahraga bola basket adalah 4 quarter yang terdiri dari 10 menit per 1 quarter.
  13. Pihak yang paling banyak mencetak angka akan keluar sebagai pemenang

Itulah penjelasan mengenai peraturan dalam permainan bola basket. Untuk penjelasan selanjutnya yaitu mengenai pelanggaran dalam bola basket

Pelanggaran Dalam Bola Basket

Apakah Anda tahu apa devinisi pelanggaran dalam bola basket, pelanggaran adalah perilaku atau tindakan yang salah untuk melakukan sesuatu sesuai dengan kehendaknya sendiri.

Dalam dunia olahraga terutama bola basket sering terjadi kesalahan atau pelanggaran dalam berlangsungnya pertandingan.

Jadi kini Anda harus mengerti mengenai istilah-istilah pelanggaran dalam bola basket, untuk mengatur jalanya permainan sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Apakah Anda tahu, apa saja macam-macam pelanggaran dalam bola basket. Ada 2 jenis pelanggaran dalam permainan bola basket yaitu:

Jenis Pelanggaran Ringan Dalam Bola Basket

  1. Pemain yang melakukan dribble dengan memakai kedua tangan yang seharunya dilakukan dengan satu tangan baik kanan atau kiri.
  2. Pemain yang melakukan dribble dengan sengaja di atas tinggi pundak pemain.
  3. Pemain yang melakukan serangan melebihi batas waktu selama 24 detik.
  4. Pemain yang melakukan travelling melebihi tiga kali ketika memagang bola.
  5. Pemain berada di daerah serang lawan (ring) selama lebih dari 3 detik.
  6. Menyentuhkan bola ke kaki dengan sengaja.
  7. Saat menyerang, poisis pemain bola basket yang berada di area sendiri tidak boleh melebihi 8 detik.

Jenis Pelanggaran Berat Dalam Bola Basket

  1. Pemain sengaja mendorong anggota tubuh dari salah satu pemain lawan.
  2. Menghalangi pergerakan lawan dengan memeluk pemain yang membawa bola pada waktu itu.
  3. Menahan tangan pemain lawan yang hendak mencetak poin ke dalam ranjang atau ring.
  4. Menutupi pandangan atau mata pemaian tim lawan yang akan mencetak angka.
  5. Mengahalangi pemaian lawan yang akan melakukan lay up dengan tidak melakukan hands up.

Begitulah jenis pelanggran ringan dan pelanggran berat dalam bola basket.

Namun dari 2 kategoti tersebut muncul istilah-istilah dalam permainan bola basket. Mari kita simak penjelasan di bawah ini mengenai macam-macam istilah pelanggaran dalam bola basket.

Pelanggaran dalam permainan olahraga sangat berfungi sebagai pengatur dalam kelancaran dalam kenyamanan permainan.

Macam-macam Pelanggaran Bola Basket

Berikut ini terdapat lebih dari 20 peraturan dan pelanggaran dalam permainan bola basket yang akan kami sampaikan.

1. Foul

Foul dalam permainan bola basket adalah tindakan seorang pemain yang dianggap melakukan kesalahan atau melanggar aturan jika pemain berada pada posisi bertahan (defendse) atau posisi reaching yang salah.

Maka wasit akan memberikan peringatan kepada pemain bola basket bahwa dia telah melakukan pelanggaran.

2. Foul Out

Foul out adalah pelanggaran yang telah dilakukandan berulang kali sebanyak 6 kali menurut NBA dan 5 kali menurut FIBA. Sebagai akibat dari pelanggaran ini pemain akan dikeluarkan dari lapangan oleh wasit.

3. Three Seconds Violation

Pelanggaran ini terjadi karena pemain berada pada area free throw selama 3 detik, tindakan dari wasit kepada pemain ini dengan langsung menegur dan memberi peringatan kepada pemain.

4. Offensive 3 Second

Pelanggran yang terjadi karena pemain berada pada area lawan selama 3 detik. Untuk keputusan dari wasit bola akan berpindah pihak ke tangan lawan.

5. Deffensive 3 Second

Pelanggaran dalam bentuk ini juga cukup sering terjadi dalam sebuah pemainan bola basket. Akibat dari satu pemain yang diam di dalam wilayah lawan dalam waktu 3 detik sewaktu lawan melakukan deffense. Sebagai pelanggran ini wasit akan melakukan tindakan berupa perpindahan bola kepada tim lawan.

6. 24 Second Violation

Pada 24-second violation hampir sama dengan 8-second violation. Hasil dari perubahan aturan pelanggaran ini adalah 30-second violation.

Dalam pelanggaran ini tim yang melakukan pelanggaran ketika tim X tidak jadi melakukan lay-up atau shoot atau dunk ke dalam ring tim Z setelah habis batas waktu 24 detik (pada awalnya 30 detik). Maka wasit akan memberikan bola kepada tim Z.

7. Back Court atau Back Ball

Pelanggaran ini diberikan oleh wasit karena pemain basket membawa bola kembali menuju area sendiri setelah mamasuki area lawan.

8. Blocking Foul

Bloking foul adalah pelanggaran dalam bola basket yang diberikan kepada pemain ketika pemain melakukan pelanggaran keras ketika menghalangi pergerakan lawan atau secara sengaja mengahalangi gerakan lawan.

9. Team Foul

Pelanggaran dalam bola basket yang dilakukan karena dalam satu tim telah melakukan kesalahan perbabak, setelah tim mencapai 5 poin maka akan dilakukan free throw pada lawan.

10. Pushing

Pusshing adalah pelanggaran yang dilakukan oleh pemain bola basket karena wasit menganggap terjadi sebuah kesalahan ketika pemain mendorong pemain lawan baik sengaja atau tidak sengaja, sesuai dengan keputusan wasit.

11. Travelling / Walking

Pada istilah travelling memiliki adalah pelanggaran yang sifatnya umum dimana banyak pemain bola basket yang juga melakukannya. Jenis pelanggaran yang dilakukan adalah akibat dari satu pemain yang tidak menggiring bola dengan 3 langkah ketika sedang berjalan ataupun pada saat berlari.

Karena yang kita ketahui ketika, pemain menggiring bola dalam 3 langkah ini selama permainan berlangsung di dalam lapangan permainan.

12. Double Drible atau Illegal Dribble

Pelanggaran yang terjadi karena pemain melakukan dribble bola basket setelah pemain itu berhenti melakukan dribble.

13. Shot Clock Violation

Pelanggran jenis ini adalah akibat dari pelanggaran ketika pemain bola basket melakukan serangan yang diatas 30 detik menurut FIBA atau 24 detik menurut NBA, sebelum bola menyentuh ring.

14. 8 Second Violation

Pada awalnya istilah ini dikenal dengan 10-second violation, namun dengan adanya peraturan baru dalam permainan bola basket kini disebut sebagai 8 second violation.

Penjelasanya untuk pemain bola basket pada tim X tidak mau keluar dari tengah lapangan tim X atau posisi bertahan (defense), dalam hitungan 8 detik (yang pada awalnya 10 detik) sesudah bola dipegang oleh pemain timX.

Tim X yang lain sedang melakukan offense, serta pada tim lawan atau tim Z (berada di setengah lapangan tim Z). Jadi keputusan wasit adalah bola kemudian akan diberikan kepada tim Z.

15. Jumping

Pelanggaran ini diberikan kepada pemain yang hendak akan menembakan bola ke dalam ring lawan, namun pemain membatalkan tembakan tersebut.

16. Offensive Foul

Pelanggaran yang satu ini adalah pelanggaran yang dilakukan ketika seorang pemain bola basket menabrak peamain lawan. Pelanggaran ini terjadi kerana pemain basket lawan dalam posisi hands up atau bisa juga charge. Diwaktu pemain yang bertujuan untuk melakukan ilegal pick dalam pertandingan bola basket.

17. Personal Foul

Pelanggaran yang terjadi karena menghalangi pergerakan lawan dengan pertahanan atau defense yang salah. Untuk personal foul dalam pelanggaran ini pemain yang telah melakukan pelanggaran selama 4 kali dan pada pelanggaran ke-5 pemain akan di kenai foul out.

18. Teknikal foul

Pelanggaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan oleh pemain kapada wasit. Pelanggran ini terjadi karena pemain terlalu berlebihan dalam protes atau menghina wasit secara berlebihan.

19. Unstportsmanlike Foul

Pelanggaran yang terjadi karena salah satu pemain basket mencederai dengan sengaja terhadap pemain lawan.

20. Crayying the ball

Kesalahan yang terjadi  ketika pemain men-dribble bola dengan memutar bola tersebut

21. Illgeal Use Hand

Pelanggaran yang terjadi karena pemain memukul lawan dengan sengaja pada anggota badan lawan ketika berlangsungnya pertandingan.

22. Elbow

Pelanggaran yang terjadi karena pemain bola basket yang menyikut dengan sengaja kepada pemain lawan.

23. Holding

Pelanggaran yang terjadi karena pemain basket menarik lawan dengan tujuan untuk menguasai bola pada lawan.

24. Charging

Kesalahan yang terjadi ketika pemain menabrak lawan yang telah menepati pada posisinya.

25. Disqualifying Foul

Sebuah tindakan unspertman like yang sangat menyolok dari pemain, pemain yang dilarang untuk masuk, pemain pengganti, asisten pelatih dan suporter bola basket.

Baca juga : Ukuran Lapangan Bola Basket

Itulah beberapa macam-macam pelanggaran permainan bola basket yang harus Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi mengenai peraturan bola basket yang sesuai standar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *