Berita  

Duwet atau Jamblang, Buah Kaya Manfaat yang Kini Langka

manfaat buah duwet
sumber gizi.unida.gontor.ac.id
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Duwet atau jamblang, Buah Kaya Manfaat yang Kini Langka – Pernahkah Anda mendengar buah duwet? Atau mungkin lebih familiar dengan nama jamblang?

Buah duwet atau yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal dengan nama Syzigium cumini ini bisa dikenali dengan mudah lewat warna buahnya yang ungu kehitaman serta bentuknya yang bulat lonjong menyerupai buah anggur.

Selain itu, buah duwet ini juga mempunyai karakter rasa yang unik yaitu antara sepat, manis dan asam yang berpadu menjadi satu. Buah dapat tumbuh pada bagian ranting atau batang secara berkelompok sehingga sangat memudahkan sekali ketika akan dipetik.

Buah kecil ini memiliki gizi yang tinggi karena mengandung banyak protein, serat, serta mineral seperti kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan fosfor. Selain itu, buah duwet juga sangat kaya akan vitamin C dengan jumlah riboflavin, niacin, tiamin, dan vitamin B6 yang tinggi.

Selain memiliki rasa yang unik, sejatinya duwet menyimpan banyak sekali manfaat. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan dari buah duwet.

Table of Contents

  1. Baik untuk gigi dan gusi
  2. Mencegah diabetes
  3. Mengobati anemia
  4. Mencegah kanker
  5. Mengatasi diare

Baik untuk gigi dan gusi

Karena buah duwet memiliki banyak vitamin C, maka buah ini sangat baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Vitamin C diketahui dapat membantu menyembuhkan luka seperti gusi berdarah. Selain itu, sifat antibakteri yang terkandung dalam buah ini juga dapat digunakan untuk mengusir bakteri yang mungkin dapat masuk melalui mulut.

Mencegah diabetes

Buah yang satu ini memiliki efek antihiperglikemik atau menurunkan kadar gula dalam tubuh sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya buahnya yang berkadar gula rendah, biji dan ekstrak daunnya juga sudah terbukti mampu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh serta dapat mencegah dan mengobati diabetes seperti yang disebutkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Food and Nutrients Science, India pada tahun 2012.

Baca juga: Pengertian Daging Hewan dan Daging Buah

Mengobati anemia

Dalam 100 gram buah duwet terkandung sekitar 1,62 miligram zat besi yang sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi penderita anemia yang kekurangan sel darah merah dan hemoglobin. Zat besi yang terkandung dalam buah duwet juga sangat baik untuk mereka yang mengalami masalah dengan sel darah merah seperti wanita yang sedang menstruasi.

Mencegah maag

Buah duwet diperkaya senyawa antiiflamasi atau antiperadangan yang bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan pada saluran cerna. Serat yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk memperlancar pencernaan sehingga masalah sembelit bisa dicegah. Selain mengatasi maag dan sembelit, buah duwet juga bersifat dingin diperut sehingga mampu mengatasi gangguan pencernaan lainnya seperti rasa tidak nyaman atau mual.

Mencegah kanker

Buah duwet mengandung berbagai macam senyawa flavonoid seperti asam oksalat, asam malat, dan juga Vitamin C yang merupakan antioksidan kuat penangkal efek radikal bebas dalam tubuh yang berbahaya dan bisa menyebabkan kanker.

Mengatasi diare

Senyawa antibakteri dalam buah duwet seperti asam malat dan tanin tidak hanya bisa mengatasi masalah bakteri dalam mulut tetapi juga pada saluran pencernaan. Buah duwet terbukti secara efektif mampu mengatasi bakteri penyebab diare seperti E. coli dan mengobati diare.

Masih banyak lagi jenis penyakit yang dapat dicegah atau disembuhkan dengan buah duwet ini. Bagi Anda yang ingin mencoba atau ingin mendapatkan buah ini, Anda harus berusaha lebih keras lagi karena perlahan buah ini sudah mulai langka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *