Sejarah Tenis Lapangan di Dunia dan Indonesia

sejarah Tenis lapangan
Berikan Bintang

Balaibahasajateng.web.id, Sejarah Tenis Lapangan di Dunia dan Indonesia – Sejarah tenis lapangan sudah ada sejak zaman purbakala di Mesir dan Yunani. Kemudian, olahraga tenis in populer di Perancis pada abad ke 11 dari permainan Jeu de Paume. Kata tenis sendiri dari bahasa Perancis tenez yang artinya main atau tangkap, dan kata tersebut sering diteriakan pemain ketiak akan memulai permainan tenis lapangan.

Pada abad ke 13, permainan tenis ini menyebar ke Itali dan Inggris di lingkungan para bagsawan. Awalanya, permainan tenis lapangan ini dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan tangan, kemudian beralih menggunakan sarung tangan, tongkat, raket sederhana, dan terus mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga nantinya berkembang menggunakan raket yang bersenar. Selain raket, bola tenis lapangan juga mengalami perkembangan, berawal dari bola yang terbuat dari kayu, dibalut dengan kulit, dilapisi benang berbulu, dan pada akhirnya bola tenis lapangan terbuat dari bahan karet.

Pada abad ke 15, seorang pastur Itali, Antonio da Scalo, memperkenalkan untuk pertama kalinya permainan raket dan peraturan permainan tenis. Peraturan itu berupa undang-undang umum untuk semua permainan yang menggunakan bola, termasuk tenis. Kemudian, majalah Inggris Sporting Magazine memberikan nama permainan tenis ini menjadi tenis lapangan.

Permainan tenis lapangan modern untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Mayor Wingfield pada tahun 1873 di Inggris. Kemudian setahun kemudian, yaitu pada tahun 1984 diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Nona Mary Outerhridge dan didirikanlah lapangan-lapangan di kedua negara tersebut. Pada tahun 1868, di Inggris tenis didirikan klub All England Croquet Club dan untuk pertama kalinya kejuaraan tenis dilaksanakan di kota kecil Wimbledon, London, Inggris.

Pada tahun 1881, persatuan tenis Amerika Serikat didirikan dan berbagai macam kejuaraan diselenggarakan, sehingga mengundang beribu-ribu penonton. Pada awal kejuaraan, yang dipertandingkan hanya tunggal putra saja. Tapi tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 1884, nomor tenis tunggal putri pun akhirnya diadakan.

Pada tahun 1872 di Perancis, klub pertama tenis bernama Leamington didirikan oleh J.B. Perera, Harry Gem, Dr. Frederick Haynes dan Dr. Arthur Tompkins. Kemudian, di Amerika Serikat, diadakan permaianan pertama oleh Dr. James Dwight dan F.R. Sears. Dari situlah mucul banyak pemain tenis tangguh yang menguasai kejuaraan tenis dunia.

Pada tahun 1900, Dwight Davis, bintang tenis ganda asal Amerika Serikat, menghadiahkan sebuah pita perak di dalam turnamen antarnegara, yang kemudian dikenal sebagai Davis cup. Dengan bertambah populernya olahraga tenis lapangan ini, maka pada tahun 1912 olahraga tenis lapangan ini diwadahi oleh sebuah organisasi dunia yang bernama Federation Internationale d Lawn Tennis.

Baca juga: Tari Tanggai: Sejarah, Gerakan, Iringan dan Properti

Tenis lapangan masuk Olimpiade sejak tahun 1896, tapi hanya sampai tahun 1924. Kemudian tenis lapangan mencoba masuk kembali ke ajang olimpiade di Meksiko tahun 1968 sebagai demonstrasi dan eksibisi. Pada olimpiade Los Angeles 1984, tenis lapangan kembali ada sebagai demonstrasi bagi petenis usia di bawah 21 tahun.

Akhirnya pada tahun 1988, tenis lapangan kembali menjadi cabang olahraga di Olimpiade Seoul. Petenis tunggal pertama yang mendapatkan medali emas adalah Miroslav Mecir dari Slovakia dan petenis putri dimenangkan oleh Steffl Graf dari Jerman dengan mendapatkan gelar Golden Slam (menjuarai 4 gram slam, yaitu Australia Terbuka, Perancis Terbuka, Wimbledon, AS terbuka, dan Olimpiade).

Sejarah Tenis Lapangan di Indonesia

Sejarah tenis di Indonesia tidak jelas dibawakan oleh siapa. Bahkan dari sejarah tenis yang diungkapkan oleh PELTI (Persatuan Tenis Seluruh Indonesia) menyebutkan bahwa tenis dibawakan oleh para penjajah Belanda meskipun tidak bisa menyebut siapa nama penemu tenis di Indonesia. Jika penemu tenis dunia tidak bisa disebutkan? Apalagi di Indonesia yang notabene baru merdeka tahun 40an. Namun yang pasti sejarah tenis di Indonesia bisa anda baca secara lengkap di sini.

Demikian ulasan singkat rangkuman sejarah tenis di Dunia dan di Indonesia yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga tulisan tentang sejarah tenis ini mampu membuat anda mengerti bahwa setiap hal butuh proses panjang seperti halnya sejarah tenis yang berkembang di dunia dan di Indonesia ini. Terima Kasih dan Salam Olahraga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *