4 Teknik Dasar Tenis Meja yang harus dikuasai oleh pemain tenis meja adalah

Teknik Dasar Tenis Meja yang harus dikuasai oleh pemain tenis meja adalah
Berikan Bintang

Balaibahasajateng.web.id, 4 Teknik dasar tenis meja yang harus dikuasai oleh pemain tenis meja adalah – Dewasa ini mendengar kata olahraga tenis meja, apa yang Anda bayangkan? apakah ingin menjadi pemain tenis meja yang profesional atau malah kepengen bermain tenis meja.

Pastinya semua orang menyukai olahraga, tapi ketika bermain dengan bola yang kecil dengan lapangan permainan yang kecil. Apa yang terlintas di dalam fikiran Anda?

Jawabnya mungkin permainan yang menantang karena memakai bola serta lapangan yang serba kecil.

Dalam artikel sebelumnya kami membahas tentang sejarah tenis meja dan ukuran lapangan tenis meja. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai teknik dasar tenis meja beserta gambarnya dan penjelasan secara lengkap supaya Anda bisa menerapkannya dan menjadi pemain yang profesional.

Table of Contents

Pengertian Tenis Meja

Sebelumnya apakah Anda tahu apa itu tenis meja atau ping pong?

Tenis meja adalah permainan olahraga yang menggunakan raket serta dimainkan oleh 2 orang (untuk tunggal), dan 4 orang (untuk ganda).

Itulah pengertian permainan tenis meja.

Permainan ini menggunakan kayu datar berbentuk bundar yang dinamakan bet atau raket tenis meja. Bet sangan diperlukan, kerana merupakan sarana dan prasarana dalam tenis meja.

Untuk induk olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia), dan untuk dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation).

ITTF merupakan federasi yang sudah memiliki anggota sebanyak 217 negara dan PTMSI sendiri sudah tercatat sebagai anggota ITTF pada tahun 1961.

Setelah mengerti apa itu tenis meja, mari kita lanjutkan ke pembahasan inti mengenai cara bermain tenis meja.

Tenis meja selain disebut dengan permainan bola ping pong, ternyata memiliki sebuat yang lainya salah satunya adalah whife-whife.

Teknik Dasar Tenis Meja

Sama seperti olahraga yang lainya, dimana dalam permainan ada teknik dasar yang perlu diketahui serta dipelajari.

Apa saja teknik dasar tenis meja?

Bagi seseorang yang tidak mengerti bagaimana cara bermain tenis meja, maka akan kesulitan untuk memainkannya. Maka untuk bisa menjadi atlet tenis meja yang profesional, berikut pembahasan mengenai teknik dasar yang perlu Anda pelajari dan latih dalam permainan tenis meja.

Teknik Dasar Memegang Bet Tenis Meja

Teknik Dasar Memegang Bet Tenis Meja
Teknik Dasar Memegang Bet Tenis Meja/ akamaized.net

Berikut ini yang termasuk dalam teknik dasar tenis meja yang pertama adalah memegang atau grib bet yang benar dalam tenis meja.

Cara memengang bet memang sangat penting, mengapa demikian? karena cara ini untuk membuat hasil pukulan yang berbeda-beda.

Hal tersebut bisa mempengaruhi bagaimana permainan dalam tenis meja, terutama untuk performa pemain. Mari kita simak pembahasan mengenai 3 teknik yang benar memegang (grib) yang benar:

Teknik Penholder Grib

Teknik ini lebih sering disebut dengan teknik Asia, karena saking seringnya para pemain tenis meja yang berasal dari asia tenggara memakai teknik dasar memegang bet tenis meja penhold grib.

Pada cara memgang bet dengan fokus seperti memegang pulpen. Pada teknik ini juga hanya dipakai sebagaian sisi dari bet atau raket ketika bermain. Teknik ini juga sring dipakai untuk pukulan forehand karena sulit jika pemain memakai pukulan backhand.

Pergerakan kaki pemain juga harus cepat dalam mengatur ketangkasan serta mengikuti irama bola.

Cara melakukan Teknik Dasar Tenis Meja Penholder Grib

  • Pegang bet atau raket ke arah bawah serta pegangan menghadap ke atas.
  • Pegang bet atau raket dengan pegangan menyatu pada bidang datar bet, serta memakai jari telunjuk dan ibu jari. Simpelnya sama seperti Anda ketika memegang bulpen ketika hendak menulis.
  • Untuk ke-3 jari yang lainya, bisa menyesuaikan dengan sesuai dengan kecocokan pemain.

Teknik Shakehand Grib

Pada teknik dasar memegang bet tenis meja shakehand grib sering dipakai oleh pemain dari benua Eropa. Pemain profesional di benua tersebut memegang bet seperti, ketika orang berjabat tangan.

Alasan  mengapa teknik ini bisa menjadi teknik yang paling faforit di pakai oleh pemain tenis meja.

Pada teknik  shakehand grib memiliki peluang yang lebih besar supaya bisa bermain dengan masksimal.

Shakehand grib pada tenis meja menjadi solusi untuk memegang bet yang multiguna dalam penggunaanya. Bahkan banyak pelatih yang menganjurkanuntuk memakai teknik shakehand grib dalam pertandingan.

Cara melakukan Teknik Dasar Tenis Meja Shakehand Grib

  • Pastikan posisi bet tegak lurus .
  • Ketika memegang bet seperti sedang bersalaman dengan tangan orang lain.
  • Jari telunjuk diluruskan pada bagian bawah net, dan posisi ibu jari berada permukaan .
  • usahakan untuk posisi ibu jari tidak menyentuh permukaan bet tenis meja.
  • Pada bidang bet pastikan menyandar di lekukan abtara ibu jari serta pada jari telunjuk , kira-kira juag menyandar ¼ dari sisi jari telunjuk.
  • Letakkan jari telunjuk dekat dengan bagian bet serta posisi melintang ke arah atas bet ping pong.

Teknik Seemiller Grib

Pada teknik dasar memegang bet tenis meja seemilier grib hampir sama dengan teknik shakehand grib, perbedaannya pada posisi jari telunjuk. teknik seemilier grib memakai jari telunjuk untuk memegang seluruh bagian bet.

Sementara pada bagian bet yang berada di atas, seorang pemain bisa memutarnya dari 20-90 derajat yang megarah kepada tabuh. Teknik ini merupakan, teknik pengembangan dari teknik shakehand grib, maka posisi tangan kudua teknik hampir sama persis.

Cara melakukan Teknik Dasar Tenis Meja Seemiller Grib

  • Langkah yang sama pada teknik handshke grib.
  • Pada bagian bet atas bisa diputar 90 derajat.
  • Posisi jari telunjuk dilekukan pada bagian sisi bet tenis meja.

Teknik Dasar Footwork Tenis Meja [Gerakan Kaki]

Teknik footwork, merupakan teknik gerakan kaki yang bertujuan untuk medekati bola dalam penyerangan maupun pertahanan.

Gerakan kaki pada teknik footwork, pemain perlu memperhatikan posisi siku yang hendak menempel pada bagian permukaan meja lapangan.

Pemain diharapkan juga untuk bisa memperhatikan pergerakan lawan, sehingga pemain bisa menyesuaikan irama permainan. Metode footwork seringkali digunakan untuk pemain yang sering melakukan serangan.

Cara Melakukan Teknik Footwork

  1. Pada bagian lutu agak ditekuk ke bagian dalam.
  2. Posisikan berat badan dengan sama rata kedua kaki.
  3. Ujung kaki di[akai sebagai tumpuan utama.
  4. Ketika hendak melangkahkan kaki  ke arah kiri, maka geser kaki kiri dengan bantuan badan yang di fokuskan pada kaki sebelah kiri.
  5. kaki kakan menyesuaikan dengan irama pada kaki kiri.
  6. Ketika inigi melakukan pukulan forehand, tarik kaki kanan ke arah belakang yang posisinya sama dengan posis awal pukulan forehand.
  7. Setelah selesai langsung mengubah ke possisi seperti semula.

Teknik Dasar Stance Tenis Meja [Siap Siaga]

Teknik dasar selanjutnya dalam permainan tenis meja adalah teknik stance. Teknik ini bisa diartikan dengan metode siap siaga dalam permainan tenis meja.

Pada teknik stance pemain harus bisa menyesuaikan gerakan kaki, lutut serta tangan sesuai dengan irama permainan. Jadi gerakan ini sangat penting dalam menrima serangan dari lawan dan untuk hasil pukulan ketika melakukan serangan.

Teknik stance dibagi menjadi 3 macam yaitu: square Ssance, side stance, dan open stance.

Teknik Square Stance

Teknik square satnece adalah teknik pada bagian badan memposisikan untuk menghadap ke arah meja lapangan. Posisi ini juga disebut dengan posisi awal dalam menrima servis atau smash.

Usaha yang kita lakukan untuk memainkan posisi ini dengan menggerakan kaki kanan atau kaki kiri, untuk berpindah ke arah depan atau belakang.

Teknik Side Stance

Untuk melakukan teknik ini posisi badan, harus  berada pada posisi yang menyamping baik itu kanan atau kiri.

Ketika persiapan dalam melakukan penyerangan posisi bahu berada dekat dengan net. Dalam penyerangan ini posisi bahu yang digunakan sama dengan posisi pemegangan bet baik itu kanan atau kiri, jadi bahu sebelah mana bisa menyesuaikan.

Teknik Open Stance

teknik ini merupakan kombinasi pengembangan dari teknik side stance. Cara melakukan teknik ini dengan, memposisikan kaki kiri untuk sedikit kedepan dan untuk sedikit membuka keluar bagi pemain yang menggunakan tangan kanan. gerakan ini sangat cocok untuk melakukan teknik backhand block.

Teknik Dasar Pukulan Tenis Meja

Teknik Dasar Pukulan Tenis Meja
Teknik Dasar Pukulan Tenis Meja/ Sumber depositphotos.com

Membahas mengenai teknik pukulan tenis meja, dalam permainan tenis meja ada banyak macam jenis pukulan.

Sebleum membahas sejauh itu mariki kita simak mengnai jenis pukulan yaitu forehand dan backhand. jika ingin memukul bola dengan keras maka pukulan yang dipakai adalah forehand. Namun apabila untuk pukulan topspin dan backspin, maka backhand yang paling cocok.

  • Teknik Forehand

Dalam melakukan teknik forehand, pemain perlu memastikan posisi bola berada poda di sisi kanan tubuh pemain.

Untuk melakukan teknik ini biasanya dengan membuat posisi tubuh lebih rendah. Pada gerakan tangan yang dipaki sebagai pemegang bet di gerakan ke arah pinggang sebelah kanani, jadi posisi tubuh menyesuaikan.

Teknik forehand juga lebih baik untuk dipakai dalam bet dengan teknik penholder agar pukulan bisa maksimal di pergunakan.

  • Teknik Backhand

Ketika bola berada pada tubuh sebelah kiri, maka pemain tenis lebih baik memakai teknik backhand. Dalam melakukan gerakan backhand, pemain harus merendahkan posisi tubuh bersama dengan menggerakan tangan ke arah pinggang pada bagian kiri.

Teknik Dasar Servis Tenis Meja

Teknik pukulan yang pertama merupakan penyajian bola pertama yang disebut dengan teknik servis tenis meja.

Sesuai dengan perkembang teknik sevis sendiri sudah ada 4 variasi servis dalam permainan tenis maja yaitu : Forehand Topspin, Backhand Topspin, Forehand Topspin dan Backhand Topspin.

Untuk perlu anda ketahui telebih dahulu mengenai topspin (arah putaran bola searah jarum jam), backspin (perputaran bola yang berlawanan dengan arah jarum jam.

Dalam permainan tenis meja ada, 5 teknik dasar pukulan servis: forehand topspin, backhand topspin, forehand topspin, backhand topspin dan side spin.

Forehand Topspin

Tata cara melakukan teknik forehand topspin dalam tenis meja:

  1. Pemain bersiap pada posisi meja sebalah kanan dengan menghadap ke sebelah kiri meja lawan.
  2. Pegang bet dengan tangan kanan dengan menekuk siku 90º dengan memegang bola dengan tangan sebelah kiri.
  3. Lambungkan bola secukupnya di area sendiri .
  4. Pukul dengan bet seakurat mungkin.
  5. Usahakan pantulan yang dihasilkan oleh bola tidak memantul dengan tinggi.

Backhand Topspin

Tata cara melakukan teknik backhand topspin dalam tenis meja :

  1. Pemain bersiap dengan berdiri di posisi tangah-tangah lapangan.
  2. Pegang bet dengan tangan kanan serta mendekatkan tangan ke area pinggang sebelah kiri.
  3. Bola di pegang dengan telapak tangan kiri.
  4. Lambungkan bola secukupnya di area sendiri .
  5. Usahakan pantulan yang dihasilkan oleh bola tidak memantul dengan tinggi dari net.

Forehand Topspin

Teknik ini sering juga dinamakan dengan teknik forehand chop. Kesamaan pada cara penerapannya dengan posisi bet agak terbuka. Gerakan memukul bola dengan posisi bet agak condong ke bawah, bola dipukul pada bagian bet depan dengan sedikit ke bawah.

Backhand Topspin

Penerapan yang hampir sama antara teknik backhand backspin dengan forehand backspin, yang menjadi berbeda ketika terjadi pemukulan pada bola. Teknik backhand topspin dilakukan dengan menggeser bola dengan menggunakan bet bagian bawah.

Untuk bola usahakan tidak memantul terlalu tinggi sehingga bola yang memantul di area lawan juga tidak terlalu tinggi. Tujuannya supaya musuh tidak bisa melakukan serangan yang mengagetkan.

Sidespin

Teknik ini merupakan gerakan untuk meyapu pergerakan bola menyamping. Pemain dapat menggunakan kombinasi teknik antara gerakan backspin dan topspin.

Gerakan bola pada teknik sidespin bisa mengarahkan bola dengan pantulan yang rendah dan lebih cepat, bola juga cenderung melengkung ke arah kanan atau kiri bila di kombinasikan denganm teknik topspin.

Teknik Dasar Chop Tenis Meja

Pukulan ini memiliki sifat untuk pertahan serta persipan dalam melakukan pukulan forehand.

Posisi bet yang sedikit terbuka serta mengarah ke bawah.serta posisi bola berada di depan sebalah kanan.

Sementara dalam melakukan backhand, posisi bet terbuka serta berupaya untuk bisa kontank langsung dengan bola akan mengenai sisi bawah bet bagian depan, posisi bola berada di sebalah kiri dengan sedikit berada di area depan.

Teknik pukulan chop pada tenis meja memiliki 2 macam yaitu forehand chop dan backhand chop.

Forehand Chop

Untuk melakukan teknik forehand chop perlu posisi bet sedikit terbuka. Gerakan mendorong bet ke arah bola dengan posisi agak ke bawah, usahakan bola mengenai sisi bet depan sedikit ke bawah.

Backhand Chop

Posisi yang perlu diperhatikan dalam melakukan backhand chop dengan mengambil posisi bet depan agak condong ke atas. Pukulan dilakukan dengan sisi bagian bet bawah dan untuk bola bisa mengenai bagian bawanya.

Teknik Dasar Push Tenis meja

Ketika seorang pemain menghadapi backspin, maka upaya yang dilakukan dengan melakukan pukulan push.

Tujuan dari pukulan ini merupakan upaya dalam mengembalikan bola dan bola juga tidak melambung terlalu tinggi. Dalam menerapkan teknik pukulan push pada tenis meja di bagi menjadi 2 yaitu : teknik forehand push dan backhand push.

Forehand Push

Teknik forehand push ini pemain tenis meja memelukan posisi bet yang agak terbuka. Gerakan bet ke depan bagian bawah untuk bisa menjadi pukulan yang baik, bola perlu mengenai bet bagian tengah.

Backhand Push

Teknik backhand push pemain perlu  untuk mengetahui kondisi bola yang baik. Untuk itu pemain bisa melakukan dengan cara menggesek bola, supaya bola berputar. Usahakan untuk bola bisa mengenai bet bagian dalam dan tengah.

Teknik Dasar Drive Tenis Meja

Pukulan drive atau pukulan yang mendatar lurus dengan ayunan yang panjang serta memiliki power yang keras.

Teknik ini juga menjadi cara mengembalikan servis tenis meja yang paling efektif karena juga sebagai serangan dadakan. Sesuai dengan perkembangan yang semakin meluas teknik dasar dalam pukulan drive dalam tenis meja di bagi mejadi 2 yaitu : forehand drive dan backhand push. 

Forehand Drive

Hal pertama yang perlu di perhatikan oleh setiap pemaian dalam melakukan teknik forehand drive.

Pemain perlu meggerakan bet ke arah depan dengan sudut sekiranya 45º. Pada saat melakukan teknik ini, bisa terjadi pergeseran pada posisi grib karena pergeraka dari pergelangan. Situasi ini diatasi dengan pegangan yang kuat terhadap bet.

Backhand Drive

Dalam melakukan teknik backhand drive cukup simpel. Langkagh pertama yang harus dilakukan adalah memposisikan siku dengan posisi 90º. Gerakan bet dengan skaligus bantuan dengan gerakan memutar badan.

Baca juga : Ukuran Lapangan Tenis Meja

Teknik Dasar Pukulan Block Tenis Meja

Teknik mem-block memiliki arti sebagai menahan serangan dari lawan. Teknik ini menjadi satu-satunya cara menahan smash dalam permainan tenis meja. cara ini bisa dibilanhg juga teknik yang sedarhan dalam mengembalikan bola dari lawan.

Ketika pemian mem-block serangan lawan bola yang datang dengan cepat jadi akan dikembalikan dengan bola cepat juga, supaya lawan tidak langsung melakukan serang dadakan.

Teknik dasar block pada tenis meja memiliki 2 macam yaitu : forehand block dan backhand block.

Forehand Block

Tata cara melakukan teknik forehand Block dalam tenis meja :

  1. Bet bagian depan mengarah agak ke arah bawah.
  2. perhatikan arah datangnya bola dari sebelah kanan atau kiri.
  3. Gerakan bet ke arah bola ketika bola sudah memantul ke dari lapangan.
  4. Usahakan untuk bola bisa mengenai pas apada bagian tenagh bet.

Backhand Block

Tata cara melakukan teknik backhand block dalam tenis meja :

  1. Posisi bet berada di tangan kanan, sebelah kiri tubuh dengan sedikit mengarahkan ke bawah.
  2. Perhatikan arah datangnya bola.
  3. Ketika bola sudah memantul dari lapangan, segera lakukan gerakan block.
  4. Usahakan bola pas berda di tengah-tengah bet.

Teknik Dasar Smash Tenis Meja

Pembahasan selanjutnya mengenai teknik menyerang atau smash. Menurut Anda bagaimana cara melakukan smash yang baik dalam permainan tenis meja? smash dalam tenis meja bisa dilakukan dengan cara forehand smash dan backhand smash.

Teknik smash merupakan teknik dasar serangan yang paling ampuh dalam mencuri angka dari lawan. Teknik smash dalam tenis meja di bagi menjadi teknik forehand smash dan backhand smash.

Forehand Smash

Tata cara melakukan teknik forehand smash dalam tenis meja:

  1. Poisikan kaki kiri serong ke arah depan, dengan kaki kanan berada pada bagian belakang.
  2. Kaki kanan sebagai tumpuan dengan posisi badan agak mencondong miring ke sebalah kanan.
  3. Ketika bola memantul tinggi, lakukan pukulan keras dengan akurat kearah bawah menuju lapangan dengan tumpuan pergelangan tangan.

Backhand Smash

Tata cara melakukan teknik backhand smash dalam tenis meja:

  1. Posisikan kaki kanan meneyerong ke depan dan kaki kiri berada di bagian belakang.
  2. Badan agak miring ke arah kiri dan posisi pundak sebelah kanan mengarah ke arah meja.
  3. Posisi tangan sebelah kiri kebawah lalu ke belakang seperti bersiap untuk mendorong, dengan posisi tangan sebelah kiri lebih tinggi di atas meja.
  4. Ketika bola memantul tinggi, persiapkan tangan untuk langsung menganyunkan lengan dari bawah ke arah depan sebelah kanan.
  5. Pukulan dilakukan dengan semaksimal mungkin, dengan itik tumpuan pergelangan tangan.
  6. Ketika melakukan smash, pindahkan berat bdan dari kiri ke sebelah kanan.

Baca juga : Sejarah Permainan Tenis Meja

Teknik Dasar Lob Tenis Meja

Teknik lob merupakan teknik melambungkan bola ke arah lawan. Pada teknik ini memiliki tujuan untuk membuat lawan kuwalahan dengan bola yang melambung di atas rata-rata dalam permainan tenis meja.

Teknik ini juga bisa membuat kendor lawan karena smash yang dilakukan sia-sia, malah bisa membuat mati langkah untuk lawan.

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai teknik dasar bermain tenis meja beserta gambarnya lengkap kami bahas dalam artikel jangan lupa juga untuk membaca artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *