Ginjal: Pengertian, Anatomi, Fungsi dan Bagian-Bagiannya

pengertian ginjal
Gambar Ginjal / Canva

Balaibahasajateng.web.id, Ginjal: Pengertian, Anatomi, Fungsi dan Bagian-Bagiannya – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia yang vital, karena tanpa adanya ginjal manusia tidak dapat hidup. Oleh karena itu, ginjal termasuk dalam salah satu organ yang vital dan sangat penting untuk dijaga agar kesehatan tetap terjaga.

Membahas tentang ginjal, apakah kita tahu apa itu ginjal? Apa fungsinya bagi tubuh kita? Dan kenapa kita harus menjaga ginjal? Untuk dapat menjawab semua pertanyaan tersebut, langsung saja kita bahas satu per satu

Daftar Isi

  1. Pengertian Ginjal
  2. Anatomi Dasar Ginjal
  3. Bagian-Bagian Ginjal
  4. Fungsi Ginjal
  5. Penutup

Pengertian Ginjal

Pengertian ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang bentuknya seperti kacang, jumlahnya sepasang, dan terletak pada rongga belakang usus agak naik keatas.

Bentuk ginjal mirip seperti kacang dengan sisi cekung menghadap ke pusat tubuh bagian tengah yang dinamakan hilus ginjal. Sedangkan hilus ginjal berfungsi untuk tempat masuknya pembuluh darah, saraf, pembuluh limfa, dan ureter.

Tugas utama ginjal adalah sebagai penyaring darah manusia, menyaring zat-zat yang masih dapat digunakan atau sudah tidak dapat digunakan  oleh tubuh, dan membuang zat-zat yang sudah tidak dapat digunakan oleh tubuh berupa urin.

Anatomi Dasar Ginjal

Setelah mempelajari tentang pengertian ginjal, saatnya kita mempelajari dan memahami struktur anatomi dasar ginjal. Ginjal terdiri dari satu pasang dan terletak di kanan-kiri tulang belakang, atau lebih tepatnya terdapat dibawah organ limfa dan hati.

Ginjal kanan letaknya lebih rendah jika dibandingkan dengan ginjal kiri, karena mendapatkan tekanan kebawah oleh hati. Kutub atas ginjal kiri terletak setinggi iga kesebelas, sedangkan kutub atas ginjal kanan terletak setinggi iga keduabelas.

Pada umumnya, terdapat di belakang abdomen atas, di depan dua iga terakhir, di belakang peritoneum, dan tiga otot besar (transversus abdominis, psoas mayor, dan kuadratus lumborus).

Posisi ginjal dipertahankan oleh bantalan lemak yang tebal, sehingga terhindar dari trauma langsung. Disebelah anterior (bawah) ginjal dilindungi oleh bantalan usus yang tebal, sedangkan disebelah posterior (atas) ginjal dilindungi oleh iga dan beberapa otot yang meliputi iga.

Bagian ginjal kiri dikelilingi oleh lambung, kolon, jejunum, dan lien. Pada bagian ginjal kanan dikelilingi oleh hepar, kolon, dan duo denum.

Bagian-Bagian Ginjal

  1. Korteks
  2. Nefron
  3. Glommerulus
  4. Kapsul bowman
  5. Tubulus kontortus proximal
  6. Lengkung henle
  7. Tubulus kolektivus
  8. Tubulus kontortus distal
  9. Arteri ginjal
  10. Medulla
  11. Vena ginjal
  12. Ureter
  13. pelvis

Dari daftar diatas, berikut ini adalah beberapa penjelasan bagian dari ginjal beserta fungsinya:

  1. Glomerulus

Glomerulus adalah bagian kecil dari ginjal yang berfungsi sebagai penyaring darah dan membantu mengeluarkan limbah dan toksin yang tidak diperlukan oleh tubuh. Glomerulus terdiri dari banyak kapiler darah kecil yang dikepang bersama dan dihubungkan ke arteriol aferen. Darah yang masuk ke glomerulus akan disaring melalui dinding kapiler dan limbah serta cairan yang tidak diperlukan akan dikeluarkan ke dalam tubulus ginjal.

  1. Tubulus Ginjal

Tubulus ginjal adalah saluran kecil yang berfungsi untuk menyerap kembali cairan dan elektrolit yang tidak diperlukan oleh tubuh. Proses ini disebut reabsorpsi dan terjadi setelah proses filtrasi di glomerulus. Tubulus ginjal terdiri dari beberapa bagian yaitu tubulus proksimal, ansa Henle, dan tubulus distal.

  1. Medula Ginjal

Medula ginjal adalah bagian dalam dari ginjal yang terletak di sekitar kantung ginjal dan berisi sejumlah besar nefron. Nefron adalah unit struktural dan fungsional dari ginjal yang terdiri dari glomerulus dan tubulus ginjal. Medula ginjal berperan dalam menghasilkan urin yang dihasilkan oleh ginjal.

  1. Korteks Ginjal

Korteks ginjal adalah bagian luar dari ginjal yang terletak di antara kapsul ginjal dan medula ginjal. Korteks ginjal berisi sejumlah besar nefron yang berfungsi sebagai unit fungsional dari ginjal.

  1. Saluran Kemih

Saluran kemih adalah saluran yang membawa urin dari ginjal ke kandung kemih. Saluran kemih terdiri dari ureter, yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih, dan uretra, yang menghubungkan kandung kemih dengan lingkungan luar tubuh. Urin yang dihasilkan oleh ginjal akan mengalir melalui saluran kemih dan dikeluarkan dari tubuh melalui proses buang air kecil.

  1. Kapsul Ginjal

Kapsul ginjal adalah lapisan tipis yang melapisi ginjal dan berfungsi untuk melindungi ginjal dari cedera atau kerusakan. Kapsul ginjal terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan fibrosa yang terdiri dari serat kolagen dan lapisan serosa yang terdiri dari sel-sel epitelium.

Ketika ginjal mengalami kerusakan atau terkena penyakit, fungsi-fungsi ginjal dapat terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit ginjal dan mempertahankan fungsi ginjal yang baik.

Fungsi Ginjal

gambar bagian ginjal
Salah satu Bagian Ginjal

Ginjal adalah organ vital dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, membuang limbah dari darah, serta memproduksi hormon yang mengatur tekanan darah dan pembentukan sel darah merah. Fungsi ginjal tersebut sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh yaitu menyaring darah dan mengeluarkan zat-zat yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan zat-zat yang masih dapat digunakan oleh tubuh akan dikembalikan kembali kedalam darah.

Berikut ini beberapa fungsi ginjal yang perlu sobat ketahui:

  1. Menjaga Keseimbangan Cairan dan Elektrolit dalam Tubuh

Salah satu fungsi utama ginjal adalah menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ginjal bekerja dengan cara menyaring darah dan mengeluarkan kelebihan cairan dan elektrolit yang tidak diperlukan oleh tubuh. Cairan dan elektrolit ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin. Proses ini penting untuk menjaga keseimbangan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi dan gangguan elektrolit seperti hiperkalemia dan hipokalemia.

  1. Memproduksi Hormon

Ginjal juga berperan dalam produksi beberapa hormon penting seperti eritropoietin dan renin. Eritropoietin berfungsi dalam pembentukan sel darah merah dan meningkatkan jumlah oksigen yang terbawa dalam darah. Sedangkan renin berperan dalam pengaturan tekanan darah dengan mengatur jumlah natrium dalam tubuh.

  1. Mengeluarkan Limbah dan Toksin

Fungsi utama ginjal adalah mengeluarkan limbah dan toksin yang dihasilkan dari metabolisme dalam tubuh. Proses ini terjadi melalui penyaringan darah yang dilakukan oleh ginjal dan pembentukan urin yang dikeluarkan dari tubuh melalui saluran kemih. Jika fungsi ginjal terganggu, maka limbah dan toksin akan menumpuk dalam tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan pada organ dan sistem tubuh lainnya.

  1. Mengatur Keseimbangan Asam dan Basa dalam Tubuh

Ginjal juga berperan dalam mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. Asam dan basa yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti asidosis dan alkalosis. Ginjal berperan dalam mengeluarkan kelebihan asam dan basa melalui proses penyaringan darah dan pembentukan urin.

Penutup

Sebagai penulis, harapan saya adalah bahwa artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang ginjal dan kesehatan ginjal kepada pembaca. Dengan memahami pentingnya menjaga kesehatan ginjal dan menerapkan gaya hidup sehat, kita dapat mencegah terjadinya penyakit ginjal dan mempertahankan fungsi ginjal dengan baik. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca dan mendorong untuk selalu menjaga kesehatan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *