Penulisan Kwitansi yang benar Berikut ini

tulisan kwitansi yang benar
Berikan Bintang

Balaibahasajateng.web.id, Penulisan Kwitansi yang benar Berikut ini – Ketika membeli atau belanja sesuatu kita kadang menerima struk atausemacam kwitansi sebagai tanda bukti. Nah babagan kwitansi ini akan kami ulas untuk lebih detail.

Berikut ini kami bahas tentang tata cara penulisan kwitansi yang benar beserta pengertian dan ciri-cirinya.

Daftar Isi

  1. Pengertian Kwitansi
  2. Beberapa Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Pada Saat Pembuatan Kwitansi
  3. Ciri-Ciri Kwitansi
  4. Komponen Dalam Menulis Kwitansi

Pengertian Kwitansi

Kwitansi Adalah Suatu Alat Bukti Penerimaan Sejumlah Uang Yang Ditandatangani Oleh Penerima, Kemudian Diserahkan Kepada Yang Membayar Dan Bisa Dipakai Sebagai Bukti Transaksi.

Kwitansi Yaitu Surat Bukti Yang Menyatakan Sudah Terjadinya Penyerahan Sejumlah Uang, Dari Pemberi Kepada Penerima, Kemudian Ditandatangani Oleh Penerima Sejumlah Uang Yang Ditulis Pada Surat Tersebut.

Kwitansi Dilengkapi Dengan Keterangan Tempat, Tanggal Dan juga Alasan Penyerahannya Sejumlah Uang Tersebut. Biasanya Untuk Bisa Memperkuat Tanda Bukti Transaksi Pada Kwitansi Ditempelkan Materai Sebesar Yang Sudah Ditentukan Oleh Undang-Undang Perpajakan.

Kwitansi Ialah Suatu Surat Atau Suatu Dokumen Yang Sering Dipakai Sebagai Tanda Bukti Bahwa Sudah Terjadinya Transaksi Penerimaan Sejumlah Uang Dari Pemberi Uang Kepada Penerima Uang, Yang Dilengkapi Dengan Beberapa Rincian Seperti, Tujuan Dari Pembayaran Atau juga Transaksi, Tempat Dan Tanggal Dimana Terjadinya Transaksi Tersebut.

Ada Beberapa Transaksi Yang Biasa Menggunakan Bukti Kwitansi Dalam Penandatanganannya Diwajibkan Untuk Disertai Materai Sebagai Legalitas Dari Kwitansi Yang Dibuat Tersebut Sebagai Bukti Dari Transaksi.

Bisa Disimpulkan Dari Beberapa Penjelasan Diatas, Salah Satu Fungsi Kwitansi Yaitu Dapat Dipakai Sebagai Tanda Bukti Transaksi Atau Penyerahan Sejumlah Uang.

Demikian Diatas Beberapa Penjelasan Mengenai Kwitansi, Kalian Bisa Memilih Yang Mana Saja Dari Yang Singkat Sampai Yang Rinci, Sebab Jika Diamati Dari Semua Penjelasan Tersebut Intinya Sama.

Baca juga: Metode Penulisan Makalah

Beberapa Hal Yang Perlu Kalian Perhatikan Pada Saat Pembuatan Kwitansi

Adapun Hal-Hal Yang Perlu Kalian Semua Perhatikan Pada Saat Akan Membuat Sebuah Kwitansi Yang Nantinya Akan Dipakai Sebagai Bukti Transaksi, Yang Diantaranya Sebagai Berikut Ini:

  • Janganlah Menandatangani Kwitansi Yang Masih Kosong.
  • Tulis Secara Lengkap Nama Orang Yang Akan Menerima Sejumlah Uang Tersebut.
  • Pada Akhir Uraian Atau Juga Penjelasan Sebaiknya Berikanlah Tanda Akhir Tulisan, Tujuannya Agar Supaya Penjelasan Pada Kwitansi Tidak Bisa Ditambahkan Dengan Penjelasan Lain, Yang Nantinya Berpotensi Bisa Merugikan.
  • Tempat Dan Juga Tanggal Sebaiknya Berdekatan Dengan Tanda Tangan Orang Yang Akan Menerima Sejumlah Uang.
  • Jika Dalam Pembuatan Kwitansi Diwajibkan Memakai Materai, Maka Tandatangan Mesti Mengenai Materai Yang Dibubuhkan Atau Juga Ditempelkan.
  • Dan Kalian Harus Bisa Membedakan Antara Kwitansi Dengan Nota Jual Beli.

Ciri-Ciri Kwitansi

Adapun Beberapa Ciri Dari Kwitansi, Yang Diantaranya Adalah Sebagai Berikut Ini ;

  • Kwitansi Dibagi Dalam 2 “Dua” Bagian Diantaranya Yaitu Bagian Kiri Disebut Dengan Sub Kwitansi “Bagian Ini Dipakai Sebagai Bukti Bagi Yang Menerima Uang” Dan Bagian Sebelah Kanan Diberikan Kepada Yang Membayar Atau Juga Menyerahkan Sejumlah Uang.
  • Adapun Kwitansi Yang Dibuat Rangkap, Dimana Bagian Paling Atas Atau Bagian Yang Asli Diberikan Kepada Yang Membayar, Kemudian Bagian Bawah Atau Arsipnya Bagi Yang Menerima Sejumlah Uang.
  • Informasi Yang Dimuat Dalam Kuitansi Diantaranya Adalah: Nama Lengkap Yang Menyerahkan Sejumlah Uang, Jumlah Uang Yang Diserahkan Atau Dibayarkan, Tempat Ataupun Juga Tanggal Penyerahan Uang Dan Nama Lengkap Maupun Tanda Tangan Penerima.

Baca juga: Contoh Hipotesis Penelitian

Komponen Dalam Menulis Kwitansi

Berikut Ini Beberapa Hal Yang Butuh Diperhatikan Dalam Pembuatan Kwitansi Yaitu ;

  • Nomor Kwitansi, Nomer Ini Akan Berfungsi Untuk Bisa Membedakan Antara Kwitansi Satu Dengan Kwitansi Yang Lainnya. Anda Bisa Membuatnya Dengan Urutan Memakai Angka Atau Mungkin Dengan Memberikan Huruf. Untuk Format Penomorannya Bisa Dikerjakan Sesuai Dengan Keperluan Yang Akan Diinginkan.
  • Nama Lengkap Orang Yang Akan Bertransaksi Atau Instansi Yang Akan Menyerahkan Uang.
  • Jumlah Uang Yang Akan Diserahkan Yaitu Besaran Nominal Uang Yang Ditulis Sama Juga Dengan Angka Atau Juga Huruf.
  • Tempat, Hari Atau Juga Tanggal Terjadinya Transaksi
  • Tujuan Dari Pembayaran, Dalam Soal Ini Akan Menjelaskan Untuk Apa Pembayaran Tersebut Akan Dilakukan
  • Nama Lengkap Orang Serta Jabatan Dalam Instansi Yang Menerima Uang Yang Akan Disertai Dengan Tanda Tangan
  • Cap Atau Juga Stempel Dinas Atau Perusahaan Yang Akan Menerima Pembayaran
  • Jika Memakai Materai, Tanda Tangan Mesti Mengenai Materai Yang Akan Di Tempelkan.

Demikian Pembahasan tentang kwitansi kali ini, Semoga Dengan Adanya Pembahasan Tersebut Diatas Dapat Menambah Wawasan Dan Pengetahuan Kalian Semua, Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *