9 Ragam Manfaat Teh Rosella untuk Berbagai Kesehatan

manfaat teh rosella

Balaibahasajateng, 9 Ragam Manfaat Teh Rosella untuk Berbagai Kesehatan – Teh rosella sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Teh yang memiliki warna merah ini adalah salah satu jenis teh yang keberadaannya paling dicari. Teh dengan nama lain teh hibiscus ini punya sejumlah khasiat yang besar untuk kesehatan atau pun kecantikan. Tidak heran bila banyak orang yang mencari teh yang satu ini untuk mendapatkan berbagai manfaatnya. Ada sejumlah manfaat dari teh rosella yang harus kamu tahu, untuk kesehatan maupun kecantikan kamu.

Table of Contents

  1. Menurunkan Tekanan Darah
  2. Mencegah Pengeroposan Tulang
  3. Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh
  4. Melancarkan Pencernaan
  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Mengatasi Peradangan
  7. Membantu Proses Diet Sehat
  8. Meremajakan Kulit
  9. Mangusir Bakteri dalam Tubuh

Teh rosella dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, tekanan darah tinggi dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lain, seperti gangguan ginjal maupun serangan stroke. Ekstrak kelopak bunga rosella bisa memberikan efek captropil yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin, setidaknya 12 hari bisa menurunkan tekanan darah sampai 11 persen.

Mencegah Pengeroposan Tulang

Teh rosella juga memiliki manfaat untuk mencegah pengeroposan tulang dan membuat tulang lebih tulang. Sebab, teh rosella mengandung vitamin yang bervariasi dan juga mineral yang baik untuk tulang kamu, seperti kalium, kalsium, zat besi dan juga vitamin D. Dengan mengkonsumsi minuman teh rosella sebagai konsumsi harian, kamu akan membuat tulang lebih kuat lebih sehat dan juga kuat. Tak hanya itu, kamu juga akan terhindar dari resiko pengeroposan tulang (osteoporosis).

Baca juga: 10 Manfaat Labu Siam dari Mencegah kanker hingga Mengobati Batu Ginjal

Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

Senyawa felonik yang terkandung dalam teh rosella berperan sebagai antioksidan dan juga sangat baik untuk kecantikan serta kesehatan tubuh kamu. Antioksidan ini sangat berguna untuk mencegah sejumlah penyakit masuk dalam tubuh, dan juga mampu melawan bakteri dan juga virus yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu, antioksidan juga sangat baik dalam melindungi kamu dari penuaan dini dan kerusakan sel tubuh.

Melancarkan Pencernaan

bunga rosella

Serat yang terkandung dalam teh rosella sangatlah tinggi membuat teh ini memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tak hanya itu, teh rosella pun bisa menjadi salah satu solusi yang dapat mengatasi sembelit. Dengan mengkonsumsi teh rosella secara rutin, akan membuat kamu bebas dari masalah pencernaan. Namun bila sembelit tidak kunjung sembut, segera hubungi dokter.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mungkin kamu pernah merasakan kalau akhir-akhir ini banyak sekali penyakit yang muncul dan juga mengancam kesehatan. Terlebih sekarang ini tengah musim pancaroba membuat penyakit lebih mudah hinggap di badan kamu dan mengancam kesehatan kamu. Agar lebih terlindung dari segala penyakit, tubuh kita tentu memerlukan kekebalan yang cukup. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi teh rosella.

Mengatasi Peradangan

Kandungan giji yang bisa kamu dapatkan dalam teh rosella sangat bermanfaat dalam mengatasi peradangan atau inflamasi pada tubuh kamu. Untuk itu, konsumsilah teh rosella secara rutin sebagai tindakan preventif dalam mencegah terjadinya peradangan utamanya di saluran urin dan ginjal. Tak hanya itu, teh rosella pun bisa membantu mengatasi sakit dan pembengkakan yang diakibatkan oleh gigitan serangga.

Baca juga: 10 Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Membantu Proses Diet Sehat

Untuk kamu yang tengah menjalani program diet sehat, meminum secangkir teh rosella pada pagi hari dan malam hari akan sangat bermanfaat bagi program dietmu. Hal ini karena teh rosella mengandung vitamin C yang tinggi dan bisa meluruhkan lemak jahat dalam tubuh. Tak hanya itu, teh rosella pun mendorong tubuh untuk melakukan proses metabolisme lebih baik. Hal ini membuat makanan yang masuk akan lebih cepat diolah menjadi energy, bukannya lemak. Teh rosella pun bisa menghambat kinerja enzim amilase. Enzim amilase sendiri merupakan enzim yang dapat menyerap banyak karbohidrat dan juga membuat berat badan bertambah.

Meremajakan Kulit

Setiap wanita tentu ingin mendapatkan wajah yang sehat dan juga cerah. Terlebih di zaman seperti sekarang ini, di mana berbagai polusi dapat merusak kesehatan dan kecantikan wajah, utamanya sinar UV yang sangat berbahaya bagi kulit. Kamu bisa melindungi kulit dari dalam dengan mengkonsumsi teh rosella dengan rutin. Teh rosella ini mengandung protein esensial, vitamin C, asam amino dan lainnya.

Mangusir Bakteri dalam Tubuh

Teh rosella ternyata juga punya sifat antibakteri yang dapat melawan dan mengusir bakteri jahat di dalam tubuh. Hal ini tentu merupakan suatu hal yang berguna untuk melawan bakteri dan juga kuman penyebab penyakit yang bersarang di tubuh kita. Tak hanya itu, meminum secangkir teh rosella di pagi hari sebelum kamu melakukan aktivitas, dapat melindungi tubuh dari bakteri dan juga memberikan semangat lebih dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

Itulah sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari teh rosella. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *