Opini  

Pengertian dan Manfaat Hutan Bambu

hutan bambu kyoto
hutan bambu kyoto
5/5 - (1 vote)

Balaibahasajateng, Pengertian dan Manfaat Hutan Bambu – Keberadaan hutan bambu bagi manusia sangatlah penting, karena selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Hutan bambu juga berfungsi sebagai daerah resapan air, sehingga mampu menyimpan air dan menjaga agar tidak terjadi erosi pada tanah.

Di Indonesia, keberadaan hutan bambu sudah ada sejak lama. Akan tetapi, baru sejak tahun 2010 silam mulai digencarkan program penanaman atau budidaya hutan bambu di berbagai wilayah tanah air.

Pengertian Hutan Bambu

Umumnya pengertian hutan bambu ialah hutan yang ditumbuhi oleh tumbuhan bambu dan rerumputan yang memiliki rongga serta ruas di bagian batang.

Di seluruh penjuru dunia, terdapat ratusan jenis bambu dan Indonesia memiliki hampir 70% jenis.

Istilah lain bambu ialah aur, buluh, dan eru. Perbedaan penyebutan tersebut, dikarenakan masing-masing wilayah di Indonesia memiliki istilah sendiri-sendiri untuk menjelaskan tumbuhan bambu ini.

Selain itu, bambu merupakan salah satu tumbuhan dengan pertumbuhan yang cepat karena memiliki sistem Rhizoma jenis dependen yang unik.

Sehingga dalam sehari, tumbuhan ini dapat tumbuh hingga 60 Cm atau 24 Inchi bahkan bisa lebih panjang lagi.

Tegantung oleh letak, kondisi tanah, dan suhu wilayah tersebut. Jika kita perhatikan dengan lebih teliti, hutan bambu yang terletak di daerah lembab, dingin, dan curah hujan tinggi.

Akan memiliki bentuk tubuh yang besar hingga memiliki tinggi mencapai 15 Meter bahkan lebih.

Untuk menemukan keberadaan hutan ini tidaklah sulit,  karena pada tempat yang dekat dengan sumber air seperti pinggiran sungai dan danau banyak dijumpai bambu.

Baca juga: Dampak Akibat Penggundulan dan Penebangan Hutan Secara Liar

Manfaat hutan bambu

Hutan bambu sebagai penyimpan air bersih

Di era modern seperti saat ini, berita tentang krisis air dan kekurangan air semakin banyak terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

Peristiwa kekeringan ini, sangat membingungkan masyarakat karena semakin sulit mendapatkan air bersih.

Sehingga memaksa masyarakat menggunakan air sungai yang kotor untuk kebutuhan amencuci, mengaliri pertanian, hingga yang paling buruk digunakan sebagai bahan makanan dan minuman.

Namun, jika keberadaan hutan bambu dilestarikan oleh masyarakat tanah air. Bencana akibat dari bencana kekeringan dapat diminimalkan bahkan bisa saja dicegah, sebab hutan jenis ini dapat meyimpan air dan memperbaiki aliran air tanah. Dengan begitu masyarakat tidak perlu bingung lagi, saat musim kemarau datang.

Hutan bambu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat

Selain berfungsi sebagai penyimpan air bersih, hutan bambu juga dapat meningkatkan pendapatan penduduk.

Karena dengan merawat dan membudidayakan hutan jenis ini, masyarakat dapat mengolah dan memanen hasil dengan waktu relatif singkat serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Sehingga secara tidak langsung, hutan bamboo mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya

Hutan bambu sebagai tempat wisata alam

Mungkin bagi kita yang tinggal di perkotaan, terasa asing ketika mendengar wisata hutan bambu.

Namun, jika dikelola dengan profesional dan modern. Hutan bambu dapat difungsikan sebagai tempat wisata alam seperti di Bali dan Surabaya.

Baca Artikel Lainnya : Pengertian dan Definisi Hutan Bakau

Hutan bambu sangat pas dinikmati ketika angin bertiup kencang, saat itulah tumbuhan bambu akan bergoyang dan mengeluarkan bunyi khas yang merdu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *