Opini  

Pengertian dan Definisi Hutan Homogen

hutan homogen
Waduk di hutan homogen / @inurbanspace

Jateng, Pengertian dan Definisi hutan homogen – Hutan merupakan sebuah kawasan yang ditumbuhi oleh berbagai macam tumbuhan, namun mayoritas ditumbuhi oleh pohon-pohonan kayu.

Umumnya, hutan terdapat di daerah yang memiliki wilayah yang luas di berbagai penjuru dunia serta berfungsi sebagai penampung paru-paru dunia, habitat binatang, modulator arus hidrologika, dan yang paling penting sebagai pelestarian tanah hingga aspek biosfer bumi.

Selain itu, hutan sebagai bentuk kehidupan yang paling nyata. Karena kita dapat menemukan hutan di berbagai belahan bumi, beriklim dingin atau tropis, dataran rendah maupun tinggi, dan pulau-pulau kecil hingga benua.

Sebagian besar, hutan terdiri atas pepohonan berkayu yang menempati suatu wilayah yang sangat luas.

Pohon sendiri adalah tumbuhan yang tinggi, memiliki diameter batang lebih dari 30 Cm, dan mampu hidup hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

Sehingga, sangat berbeda dengan tanaman pangan yang hanya dapat bertahan hidup semusim saja.

Selain itu, perbedaan yang mencolok adalah ukuran dan bentuk yang dimilikinya. Karena batangnya tinggi tegak menjulang ke atas, berkayu, dan bentuk tajuk atau mahkota daun jelas.

Berdasarkan ahli kehutanan, hutan dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu hutan homogen dan hutan heterogen.

Hutan homogen adalah hutan yang terdiri atau tersusun atas satu macam pohon saja.

Hutan jenis ini, biasanya hutan buatan atau hasil budidaya yang sengaja ditanam untuk kepentingan tertentu.

Sedangkan hutan heterogen adalah hutan yang terdiri atas berbagai macam tumbuhan, dari tumbuhan produktif hingga tanaman non produktif, dari pohon rendah hingga pohon tinggi. hutan ini biasanya memiliki sifat primer atau alami, seperti pada hutan hujan tropis.

Pada dasarnya, hutan homogen dibudidayakan oleh pemerintah atau masyarakat untuk tujuan tertentu.

Ciri utama hutan jenis ini hanya memiliki satu macam jenis tumbuhan saja, biasanya terdapat pada wilayah hutan yang mengalami kerusakan, sebagai metode reboisasi hutan yang paling ideal.

Baca juga:

Pengertian dan Definisi Hutan Mangrove

Macam-macam hutan homogen

Di Indonesia terdapat berbagai macam hutan homogen seperti :

Hutan Jati : Hutan jenis ini didominasi oleh tumbuhan jati dan paling banyak ditemukan di pulau Jawa.

Namun saat ini penyebarannya hampir di seluruh wilayah Indonesia seperti di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, hingga kepulauan-kepulauan kecil lainnya. Selain itu, hutan jati adalah hutan yang paling tua pengelolaannya dan salah satu hutan paling mudah dikelola di Indonesia.

Hutan Bambu : Hutan jenis ini didominasi oleh tumbuhan bambu dan berbagai jenis rerumputan yang memiliki rongga atau ruas di batangnya. Saat ini, hutan bambu mulai banyak ditemukan di Indonesia.

Selain berfungsi untuk menjaga kelestarian tanah, hutan jenis ini juga memiliki nilai ekonomi dan dapat dijadikan sebagai tempat wisata.

Namun, hutan bambu paling banyak ditemukan di daerah yang sejuk, dekat dengan mata air, dan sepanjang pinggir pantai atau danau.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang hutan homogen. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu. Jika ada kritik dan saran silahkan bisa hubungi kami atau tanya lewat kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.