Bagian-Bagian Dari Sel Tumbuhan

bagian sel tumbuhan
Foto by Canva / palint cel
Berikan Bintang

Jateng, Bagian-Bagian Dari Sel Tumbuhan – Setiap sel tumbuhan mempunyai peran penting dalam menjaga kondisi dan menjalankan fungsinya.

Beberapa sel yang dimiliki tumbuhan tentunya berbeda dengan yang dimiliki oleh makhluk hidup lainnya. Nah, agar lebih jelas dan lebih mudah dipahami mari kita bahas bagian-bagiannya satu per satu.

Inti Sel (Nukleus)

Nukleus atau inti sel merupakan salah satu pusat utama sel, dimana memiliki fungsi untuk mengkoordinasikan hingga mengatur proses metabolisme yang ada di dalam sel. Misalnya pertumbuhan sel, pembelahan sel dan sintesis protein.

Plastida (Kloroplas)

Plastida atau Kloroplas merupakan bagian sel tumbuhan yang membawa pigmen klorofil dan pigmen ini berada di kloroplas itu sendiri.

Selain itu, fungsi lain Plastida adalah membantu tumbuhan agar dapat menjalankan proses fotosintesis dengan sempurna.

Ribosom

Ribosom adalah organel dengan ukuran yang kecil dan padat, yang berada di dalam sel yang berfungsi sebagai tempat sintesis protein yang mengandung Asam ribonukleat atau RNA (60%) dan protein (40%).

Ribosom dibagi atas dua jenis, yaitu ribosom terikat dan ribosom bebas. ribosom bebas adalah ribosom yang muncul dengan bebas, sedangkan ribosom terikat adalah ribosom yang terikat dengan organel retikulum endoplasma.

Mitokondria

Mitokondria adalah organel yang memiliki membran rangkap, yakni membran dalam dan luar dengan berlekuk-lekuk.

Mitokondria berfungsi untuk memecah karbohidrat kompleks dan gula yang akan dimanfaatkan, sehingga dapat digunakan oleh tumbuhan itu sendiri. Selain itu, mitokondria juga berfungsi sebagai tempat respirasi aerob dalam membuat ATP sebagai sumber energi.

Badan golgi (Kompleks Golgi)

Badan Golgi merupakan kantung pipih dengan susunan bertumpuk dan terikat oleh membran dengan ukuran kecil hingga besar, fungsi utama dari Badan golgi adalah membawa zat kimia keluar ke dalam dan keluar sel setelah lemak dan protein mengalami sintesis oleh retikulum endoplasma. Sehingga badan golgi mengubahnya dan menyiapkannya untuk dilepaskan dari sel.

Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum Endoplasma (RE) adalah organel yang menghubungkan antara sitoplasma dan nukleus, Retikulum endoplasma memiliki bentuk seperti kantong yang berbelit-belit.

Retikulum endoplasma dibagi menjadi dua, yakni Retikulum endoplasma halus dan kasar. Retikulum endoplasma kasar karena ditutupi oleh ribosom, sedangkan retikulum endoplasma halus tidak ditutupi ribosom dan terikat dengan ribosom.

Fungsi utama retikulum endoplasma adalah pengangkut dan penghubung struktur steroid, glikogen, protein, dan senyawa lain yang dibutuhkan tumbuhan tersebut.

Vakuola

Vakuola adalah organsel yang memiliki fungsi untuk membantu mengatur tekanan turgor sel tumbuhan, serta menyimpan banyak zat kimia dan membantu pencernaan intraseluler molekul kompleks.

Vakuola juga membantu proses pencernaan ekskresi dan intraseluler molekul kompleks dan pada limbah.

Peroksisom

Peroksisom merupakan organisel sitoplasma yang mengandung enzim oksidatif. Enzim tersebut berfungsi sebagai pemecah metabolisme asam lemak menjadi gula sederhana, dan membantu kloroplas untuk melakukan proses fotorespirasi.

Nah itulah beberapa bagian sel tumbuhan yang harus kamu ketahui. Semoga artikel balaibahasajateng ini bermanfaat,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.