Inilah Doa Naik Kendaraan Agar Kamu Selamat di Perjalanan

doa naik kendaraan

Balaibahasajateng, Doa Naik Kendaraan – Sebagai seorang yang beragama islam, seharusnya kita merasa bangga karena dalam agama ini kita dianjurkan untuk selalu berdoa ketiaka akan melakukan kegiatan apapun. Seperti halnya ketika kita akan menaiki kendaraan, baik itu kendaraan darat, kendaraan laut maupun kendaraan udara kita dianjurkan untuk membaca doa tersebut.

Pada zaman dahulu, Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam sering menaiki unta sebagai kendaraannya. Ada pula yang memakai kendaraan laut seperti kapal. Berbeda dengan zaman sekarang ini yang mempunyai berbagai jenis kendaraan seperti sepeda, sepeda motor, mobil, bus, kereta api, pesawat, kapal dan kendaraan lainnya.

Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam selalu mengajarkan kita untuk membaca doa naik kendaraan yang akan kita naiki atau mengendarai kendaraan. Manfaat yang akan kita dapatkan dari kebiasaan membaca doa tersebut adalah agar kita terhindar dari bahaya yang akan menimpa kita ketika mengendarai kendaraan. Selain itu, manfaat lainnya adalah agar kita senantiasa dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala saat berkendara, sehingga kita bisa sampai di tempat yang kita tuju dengan selamat dan sehat wal afiat.

Berikut doa naik kendaraan yang telah diajarkan oleh Rasullullah sallallahu ‘alaihi wa sallam secara umum.

Table of Contents

  1. Doa Naik Kendaraan
    1. Doa Naik Kapal
  2. Bacaan Doa Selamat
  3. Penutup

Doa Naik Kendaraan

Berikut adalah doa naik kendaraan dalam Bahasa latin

“Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.”

Artinya : “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. “

Hikmah yang bisa kita ambil dari mengucapkan doa naik kendaraan tersebut adalah bentuk rasa syukur yang kita panjatkan kepada Allah subhanahu wa ta’ala atas Nikmat-Nya yang telah menganugerhakan kita kendaraan tersebut untuk kita naiki dan akan mengantarkan kita ke tempat yang ingin kita datangi.

Selain untuk menaiki kendaraan darat, doa tersebut juga bisa kamu baca ketika kamu akan menaiki kendaraan laut karena doa tersebut adalah doa naik kendaraan yang umum. Akan tetapi, doa tersebut juga bisa kamu baca setelah kamu membaca doa khusus untuk naik kapal. Berikut ini adalah doa khusus yang bisanya diucapkan ketika naik kapal beserta artinya.

Doa Naik Kapal

Berikut merupakan doa naik kapal dalam Bahasa Latin

“Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim”

Artinya : “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

Untuk doa naik pesawat atau kapal terbang, kamu bisa membaca doa naik kendaraan yang umum di atas karena pesawat juga merupakan salah satu kendaraan. Selain itu, kamu juga bisa melanjutkannya dengan bacaan doa naik kapal karena doa tersebut juga bisa kamu pakai saat akan menaiki pesawat terbang.

Itulah doa yang dapat kamu bacakan ketika akan menaiki kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut maupun kendaraan udara dalam Bahasa Latin dan artinya. Pada saat akan menaiki kendaraan, sebaiknya kamu membaca doa tersebut agar kamu senantiasa dilindungi oleh Allah subhanahu wa ta’ala dan bisa selamat sampai tujuan. Selain itu, dengan membaca doa tersebut kamu bisa mendapatkan pahala.

Selain doa menaiki kendaraan, ada pula doa selamat yang bisa juga kamu baca setelah membacakan doa naik kendaraan. Manfaat dari doa ini sama seperti doa menaiki kendaraan yaitu senantiasa dilindungi oleh Allah dan terhindar dari bahaya serta selamat sampai tempat yang kamu tuju apabila kamu membacanya setelah membaca doa naik kendaraan.

Bacaan Doa Selamat

Berikut adalah bacaan doa selamat dalam Bahasa Latin

“Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan firrizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti.”

Atinya: “Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati”

“Allohumma hawwin ‘alaina fii sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal’afwa ‘indal hisaabi”

Artinya : “Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan”

“Robbanaa laa tuzigh quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wahab lanaa milladunka rahmata innaka antal wahhab.”

Artinya : “Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi”

“Rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah, waqinaa ‘adzaa ban naar.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

Baca juga: Adab dan Doa Menjenguk Orang Sakit

Penutup

Doa naik kendaraan adalah amalan yang sangat dianjurkan bagi setiap individu sebelum memulai perjalanan. Dalam setiap langkah hidup, kita selalu memerlukan perlindungan dan rahmat-Nya. Ketika kita naik kendaraan, kita menyadari bahwa perjalanan itu sendiri adalah suatu anugerah yang tidak boleh dianggap enteng.

Dalam doa naik kendaraan, kita memohon kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan, keberkahan, dan perlindungan dalam perjalanan kita. Kita juga berharap agar Allah memberikan kepekaan dan kecerdasan kepada pengemudi dalam mengemudikan kendaraan dengan hati-hati dan aman.

Doa naik kendaraan juga mengajarkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Kita diingatkan untuk tidak lupa memohon kepada-Nya agar perjalanan kita menjadi aman, lancar, dan terhindar dari segala ancaman bahaya.

Dalam kesibukan dunia yang semakin padat, doa naik kendaraan mengingatkan kita bahwa kita tidak berada dalam kendali penuh atas hidup kita. Kita mengakui kekuasaan dan kebijaksanaan Allah dalam setiap detik perjalanan kita.

Dengan berdoa sebelum naik kendaraan, kita menunjukkan ketaatan dan ketergantungan kita kepada Allah. Doa ini juga mengingatkan kita untuk tetap waspada, menghargai kehidupan kita sendiri, serta menjaga kehidupan orang lain yang berada dalam perjalanan yang sama.

Baca juga: Sholat Hajat: Tata Cara, Niat, Waktu, Doa dan Manfaat

Maka, marilah kita jadikan doa naik kendaraan sebagai suatu kebiasaan dalam hidup kita. Doa ini tidak hanya memberikan ketenangan pikiran, tetapi juga menguatkan hubungan spiritual kita dengan Allah. Semoga perjalanan kita selalu dilindungi dan diberkahi-Nya, dan semoga kita selalu kembali dengan selamat ke tempat yang kita tuju. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *